Jumat, 10 Mei 2019

Jawablah Pertanyaan Berdasarkan Pemahamanmu Terhadap Teks, Soal Halaman 16

Soal dan jawaban pada buku bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud halaman 16. Peserta didik diminta untuk menjawab soal berdasarkan teks 2 tentang Gebyar pementasan Tari Kolosal Ariah.




Soal:

1. Jawablah pertanyaan berdasarkan pemahamanmu terhadap teks:
a Teks 2 di atas membicarakan tentang apa?
b.Apa saja yang dijelaskan penulis pada awal pementasan, puncak pementasan, dan akhir pementasan?
c.apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
d.bagaimana penulis menggambarkan keindahan pementasan? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu?

2. Menentukan Pemetaan isi teks yang kamu baca dengan caara menuliskan di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garis garis sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci. Amati contoh pemetaan berikut.

Jawab:

a. Berbicara tentang Penyelenggaraan gebyar pementasan Tari Kolosal Ariah
b. Awal pementasan: dibuka dengan pertunjukan yang menampilkan nyala api yang berkobar di depan tugu monas.
Puncak pementasan: Penulis menyajikan peristiwa yang bergantian. Dari keceriaan permainan anak-anak wak wak gung, adegan romantis Juki dan Ariah, latihan silat antara Juki dan Ariah, dan tanam paksa dan kekejaman para tuan tanah.

Akhir pementasan: Terjadi peristiwa tragis yaitu meninggalnya Ariah.

c. Teks deskripsi bertujuan mengajak pembaca seolah-olah mengalami peristiwa itu sendiri. Begitupun pada teks tentang Tari Kolosal Ariah. Penulis hendak bercerita bagaimana suasana perjuangan Ariah dan masyarakat Betawi menghadapi kolonial Belanda. Dengan merasakan suasana tersebut, penonton akan mengalami pengalaman batin merasakan bagaimana perjuangan itu dikobarkan. Dengan demikian, mereka akan memiliki rasa patriotisme terhadap bangsanya.

d.Keindahan pementasan digambarkan dengan menampilkan tulisan tentang gegap gempitanya suasana pembukaan dengan tampilan kembang api, musik yang mengentak keras, tata lampu dan Monas sebagai latar belakang.


Rabu, 08 Mei 2019

Jawablah Pertanyaan Berikut Berdasarkan Pemahamanmu Terhadap Teks

Soal dan Jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP/ MTS Kemendikbud pada halaman14. Peserta didik diminta untuk menjawab soal-soal berdasarkan teks yang berjudul Pesona Pantai Senggigi.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal:

1) Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks.
a) Apa yang dibicarakan penulis pada teks 1?
b) Keindahan bagian mana saja dari Pantai Senggigi yang dipaparkan penulis?
c) Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas?
d) Bagaimana penulis menggambarkan keindahan Pantai Senggigi? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu!
2) Buatlah pemetaan isi teks yang kamu baca dengan cara menuliskan di tengah topik atau hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garis-garis sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci lengkapi contoh pemetaan di bagian berikut!


Jawab:

1. Pemahaman berdasarkan teks
a. Pantai Senggigi dengan pemandangan yang memesona
b. - Bibir Pantai Senggigi
-  bukit-bukit tangguh
- pemandangan bawah laut (terumbu karang, ikan beraneka warna, dll)
- Pura Batu Bolong

c. Tujuan penulis adalah menggambarkan pantai senggigi sehingga pembaca seolah-olah berada dan merasaakan keindahan pantai senggigi setelah itu para pembaca akan berkunjung ke Pantai Senggigi.

d. Penulis menggambarkan keindahan pantai senggigi dengan mendeskripsikan apa yang dia lihat ketika datang langsung dan menikmati keindahan pantai senggigi.

2. Urut dari kiri ke kanan.
- Taman laut
- Alam bawah laut
- Pura Batu Bolong.

Buatlah Teks Laporan dari Percobaan Membuat Pelangi Ini Dalam Bentuk Uraian Paragraf

Soal dan jawaban pada buku bahasa Indonesia kelas 9 SMP buku kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal tersebut terdapat pada halaman 28. Soal ini berisi perintah untuk peserta didik agar membuat teks laporan dari percobaan membuat pelangi dalam bentuk paragraf. 

Untuk lebih jelas silakan lihat soal dan jawabannya di bawah ini.

Soal:

Buatlah teks aporan dair percobaan membuat pelangi ini dalam bentuk uraian paragraf. Gunakan bahasamu sendiri sesuai apa yang kamu pahami tentang percobaan membuat pelangi.





Laporan Percobaan Membuat Pelangi.

Ketika hujan baru saja reda, tiba-tiba muncullah  seberkas lengkungan warna warni yang indah di langit. Kita mengenalnya dengan nama pelangi. Tahukah kamu, pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasan ketika cahaya matahari terkena air hujan. Untuk memahami bagaimana proses terjadinya pelangi, kita akan melakukan percobaan membuat pelangi.

Pertama kali mari kita persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: air, gelas, kaca, gunting, senter dan ruang gelap. Setelah semua bahan-bahan tersebut siap, kita akan mulai melakukan percobaan membuat pelangi dengan sangat mudah.

Langkah berikutnya, letakkan gelas berisi air di atas meja, kemudian tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong. Perhatikan letak penempatan kaca di dalam gelas dengan seksama.

Kemudian, segera kondisikan agar ruangan benar-benar gelap. pastikan tidak ada cahaya yang masuk dari ruang yang akan kalian gunakan untuk percobaan. Jangan biarkan ada cahaya dari luar, cahaya lampu bahkan cahaya dari telepon pintar.

Apabila sudah dipastikan ruangan benar-benar gelap, siapkan senter. Kemuduan sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas. Jika percobaan berhasil, pelangi akan muncul dari sudut kaca. 

Seperti itulah proses terjadinya pelangi.

Selasa, 07 Mei 2019

Isilah Titik-Titik Berikut dengan Kata Tugas Yang Tepat

Soal dan Jawaban dari pertanyaan pada buku bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Kemendikbud pada halaman 26. Peserta didik diminta untuk mengisi titik-titik dengan kata tugas yang tepat.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat soal dan jawaban di bawah ini.



Soal


Apa yang ada di dalam benak Anda ......... mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, ............... sebagian besar bisa dibilang akan mengaitkannya ........penyakit dan kotoran.

Banyak orang yang memang masih merendahkan tikus. ....., hewan yang khas ......tubuh berambut lebat dan moncong panjang itu sebenarnya termasuk hewan yang sangat pintar. Karakter tikus dalam Tom & Jerry dan Mickey Mouse adalah sanjungan yang cukup pas bagi seekor tikus.

"Tikus sangat pintar dan diketahui memiliki kemampuan menyelesaikan masalah," katanya. ......Anda meletakkannya di dalam sebuah labirin, ia akan menemukan jalan keluarnya dengan cepat. Tikus termasuk hewan sosial dan bisa sangat jinak, dapat dilatih, dan melakukan banyak trik sulit.

..........para ilmuwan pasti sudah paham bahwa tikus merupakan objek penelitian yang sangat baik di laboratorium. Dokter hewan dan ahli binatang ....... tahu bahwa tikus pun sebenarnya bisa jadi hewan piaraan yang sangat menarik.

Dr Kristina Kalivoda dari Universitas Texas A&M, mengatakan kebanyakan orang masih sering salah paham terhadap tikus. Menurut staf pengajar di Sekolah Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedika itu, tikus juga tak selamanya menjadi momok yang muncul dari dalam got.

Hewan ini sering dianggap mengganggu, .........sebagai hewan pengerat tikus secara alami memiliki insting untuk terus mengasah giginya dan mengendus sumber makanan. Tikus cenderung menyukai hidup dekat manusia ............. alasan kebutuhan makanan dan tempat hidup.

Banyak orang beranggapan tikus kotor. ............. sesungguhnya tidak demikian, bahkan hewan tersebut membersihkan diri beberapa kali sehari, sesering seekor kucing.

"Saya bisa menjadi orang pertama yang mengatakan kepada Anda bahwa tikus bisa menjadi binatang piaraan yang menyenangkan," ujar Kalivoda. Banyak orang yang sudah mencobanya .........mengatakan bahwa tikus merupakan piaraan terbaiknya.
............tikus adalah hewan yang ekspresif. Ia bisa mengeluarkan ekspresi tertawa atau suara mencicit ketika bingung. Tikus juga perenang yang sangat baik. Ada banyak pilihan tikus untuk dipiara dari yang berwarna hitam, abu-abu, pirang, perak, dan albino. Mau yang bertelinga pendek atau panjang juga ada.

Hanya saja, ...........aktivitas seksualnya tak dibatasi, ............ populasinya bisa meledak. Sepasang tikus bisa menurunkan 15.000 anak sepanjang hidupnya ......tikus betina hampir menghabiskan waktu hidupnya untuk hamil. Seekor tikus dapat hidup antara satu hingga tiga tahun. .......... masihkan Anda memandang rendah pada tikus?


Jawab: 

1. Ketika
2. namun
3. dengan
4. padahal
5. dengan
6. Jika
7. Bahkan
8. juga
9. karena
10. karena
11. Akan tetapi
12. dan
13. Apalagi
14. jika
15. maka
16. dan
17. Bagaimana

Kegiatan 3: Latihan Kebahasaan Berikan Pernyataan Umum dari Kata-kata Berikut

Soal dan jawaban dari kegiatan 3 Latihan Kebahasaan dalam Buku Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 Kemendikbud pada halaman 25. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal berdasarkan kata-kata tertentu.

Untuk lebih jelas, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini.




Pernyataan Umum: Bunga memiliki bagian-bagian yang bisa dipelajari satu persatu.

Tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.

Pernyataan Umum: Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, telepon pintar dilengkapi dengan perangkat keras yang sangat canggih.

Mikrofon, speaker, keypad, layar tayang, baterai, codec, digital signal processor, GSM, SIM, radio frekuensi, konektor luar, antena, memori internal, dan sd card


Penyataan Umum: Di sawah, hidup berbagai makhluk hidup yang saling berinteraksi membentuk rantai makanan.

Padi, belalang, katak, kadal, burung gelatik, tikus, ular, dan elang

Apakah Perbedaan Pernyataan Umum dari teks Kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 23. Terdapat empat pertanyaan yang harus di jawab berdasarkan teks Rantai Makanan di Antartika yang sudah dipilah berdasarkan pernyataan umum dan uraian. Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal:


1. Apakah perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika ?
2. Apa pula perbedaan cara pendeksripsian dari kedua teks tersebut ?
3. Beberapa kata atau istilah teknis bidang ilmu yang kami pahami. Cari informasi kata teknis berikut: plankton, phyto plankton, mikroskopik, rantai makanan, diatom, produsen, konsumen, dan lain-lain. Catat lainnya yang kurang kamu pahami, cari informasi tentang kata tersebut
4. Cobalah amati ingkungan di daerahmu, seperti kolam/ empang, danau, sawah, semak belukar, sungai, parit, selokan/ got, pinggir pantai, atau muara ! amati dan buat laporan singkat

Jawab:

1. Perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan rantai makanan di antartika. Pernyataan umum pada teks kelelawar meliputi pengertian kelelawar, keunikan kelelawar sebagai satu-satunya mamalia terbang, dan beberapa jenis kelelawar. Dengan kata lain, pernyataan tersebut cukup lengkap. Sementara pernyataan umum pada rantai makanan di Antartika hanya menjelaskan secara singkat kehidupan di antartika yaitu di dalam laut.

2. Cara pendeskripsian pada teks kelelawar dan rantai makanan meskipun hampir sama, namun tetap ada perbedaan. Pada teks kelelawar, dideskripsikan tentang kelelawar dari segi penampilan, kebiasan makan, kapasitas dan perkembangbiakan. Semua hal yang ditulis tersebut, berbicara tentang hewan kelelawar. Sementara itu, pada teks rantai makanan di antartika, tidak semata-mata menjelaskan satu hewan/ organisme saja, namun yang dijelaskan adalah urut-urutan rantai makanan mulai dari produsen primer, konsumen primer, konsumen sekunder, hingga predator puncak.

3. Definisi kata kata teknis.
a. plankton adalah  organisme laut (tumbuhan dan hewan) yang sangat halus, kebanyakan mikroskopis, melayang di dalam air laut, dan merupakan makanan utama ikan. (KBBI)

b. phyto plankton (fitoplankton) adalah komponen autotrof plankton. Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen. (wikipedia)

c. mikroskopik (mikroskopis) adalah sifat ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang sehingga diperlukan mikroskop untuk dapat melihatnya dengan jelas. (KBBI)

d. rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. (wikipedia)

e. diatom adalah ganggang yang selnya dikelilingi oleh suatu cangkang yang menyerupai kotak yang mengandung silika (KBBI)

f. produsen adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri

g.konsumen  makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, namun hanya memakan makhluk hidup lainnya atau memanfaatkan makanan dari produsen.

4. Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Sawah di desa Kendalisodo merupakan sawah tadah hujan yaitu sawah yang hanya mengandalkan hujan untuk proses menanam padi. Ukuran sawah di desa tersebut juga tidak terlalu luas. Akibatnya panen yang dihasilkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun demikian, para penduduk desa tetap memilih bertani sebagai pekerjaan sehari-hari.

Kegiatan 1 Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran, Bahasa Indonesia Kelas 12

Soal dan jawaban Kegiatan 1:Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kemendikbu Edisi Revisi 2018 pada halaman 7 dan 8. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




Latihan

1. Bacalah kembali dengan cermat surat lamaran pekerjaan dan surat untuk teman di atas
2. Kenali sistematika yang terdapat pada kedua surat tersebut, apa saja komponen-komponen di dalamnya?
3. Kenali bagian isi kedua surat tersebut, apa saja bagian-bagian isi surat ?


Jawab:

Jawaban bisa kalian lihat melalui youtube di bawah ini :





atau dalam tulisan di bawah ini :

Surat Lamaran

Isi:
1. Unsur nama
2. Tempat dan tanggal lahir
3. Pendidikan,
4. Alamat
5. Serta beberapa hal yang dilampirkan misalnya:
a. Daftar riwayat hidup
b. fotokopi ijazah terakhir
c. Sertifikat
d. Surat Keteranan Catatan Kepolisian (SKCK)
e. Pasfoto

Sistematika :

1. Tempat/ tanggal pembuatan surat
2. Lampiran dan hal
3. Alamat surat
4. Salam pembuka
5. Alinea pembuka
6. Isi
7. Penutup
8. Salam penutup
9. Tanda tangan dan nama terang

Surat untuk Teman

Isi:
1. Menanyakan kabar

Sistematika:
1. Tempat/ tanggal pembuatan surat
2. Salam pembuka
3. Alamat surat
4. Isi surat
5. Salam penutup
6. Tanda tangan dan nama



Senin, 06 Mei 2019

Kegiatan 1 Mencermati Struktur Teks Laporan Kelelawar, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan kelelawar. Kegiatan ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 23 dan 24. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan pemabahasan di bawah ini.



1. Bagaimana informasi bagian pernyataan umum yang dikembangkan? Coba bandingkan dengan teks Venus!

Mengacu pada teks yang cukup singkat, pernyataan umum pada teks laporan kelelawar cukup lengkap. Diawali dengan pengertian tentang kelelawar sebagai bagian dari mamalia. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya perbedaan antara kelelawar dengan mamalia pada umumnya, kelelawar bisa terbang. Setelah itu dideskripsikan bahwa kelelawar memiliki seribu jenis. Akan tetapi yang disebutkan hanya beberapa jenis kelelawar.

Sementara itu, pada teks laporan tentang planet venus, kita akan menemukan banyak informasi penting terkait dengan planet venus yang dimulai dengan pengertian planet venus. Bagaimana perbandingannya dengan bumi, bagaimana cara berotasi dan berevolusi dan lain-lain.

Secara umum teks tentang kelelawar dan venus hampir sama.


2. Bagaimana cara pembagian uraian teks "Kelelawar"?

Cara pembagian dimulai dengan penampilan, lalu kebiasaan makan, kapasitas dan perkembangbiakan

3. Apa yang dimaksud dengan kata teknis "nokturnal" dan "pupil"? Carilah informasi tentang kata tersebut!

Nokturnal berarti beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari; atau keadaan hewan yang sifatnya atau kebiasaannya aktif terutama pada malam hari. Pupil berarti
manik mata atau biji mata.
4. Dapatkah kamu menambahkan informasi tentang kelelawar khas daerahmu? Tuliskan tambahanmu tentang kelelawar di daerahmu!

Melihat kelelawar biasanya pada malam hari. Terkadang mereka tanpa sengaja masuk ke rumah. Jika dilihat jenisnya tentu sangat kesulitan bagi saya untuk menemukan termasuk jenis apa. Akan tetapi, apabila melihat beberapa buah mangga yang tiba-tiba seperti bekas dimakan hewan, kemungkinan besar buah tersebut dimakan oleh kalong/. codot.

5. Di beberapa daerah dikenal nama kampret dan kalong, jenis kelelawar yang manakah itu? Adakah nama khas dari daerahmu?

Kampret merupakan nama anak kelelawar. Sementara kalong (atau codot) adalah kelelawar pemakan buha-buahan

6. Apakah ada hubungannya kota Pekalongan dengan kata kalong?
Hubungannya adalah pada zaman dahulu ada leluhur pekalongan yang melakukan tapa ngalong yaitu bersikap seperti kelelawar, yaitu bergelantungan.

Kegiatan 1: Mencermati Struktur Teks Laporan Tentang Venus

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1: mencermati Struktur Teks Laporan tentang Venus. Soal ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 pada halaman 20. Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




1. Apakah pernyataan umumnya sudah mengklasifikasikan Venus?
2. Kosakata teknis apa yg digunakan utk menjelaskan Venus? Berikan contoh!
3. Kata apa yg menggambarkan proses dan aksi?
4. Perhatikan cara mengurutkan gambaran tentang Venus! Sudah baik menurutmu?
5. Jika urutan penggambarannya belum baik, apa saranmu?

Jawab:

1. Sudah. Planet venus sudah diklasifikasi dengan baik.
2. Kosakata teknisnya antara lain: planet, rotasi, tata surya, hari bumi.
3. kata yang mengambarkan proses dan aksi adalah mengedari, berotasi.
4. Sudah cukup baik.
5. Saran saya,definisi tentang venus sebaiknya ditambah lagi.

Kegiatan 2 Mencermati Informasi Laporan Tentang Venus, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 Bahasa Indonesia Kelas 9 yaitu tentang mencermati Informasi yang terdapat dalam laporan tentang Venus, laporan tentang kelelawar dan laporan tentang rantai makanan di antariksa. Peserta didik diminta untuk melengkapi catatan informasi dengan menggunakan kata benda (nomina) seperti pada contoh.

Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




Jawaban dalam bentuk multimedia, bisa kalian lihat dalam video di bawah ini:

atau silakan baca dalam tulisan di bawah ini :


Laporan tentang Venus



1. Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Catatan informasi: Pengertian planet Venus


2. Venus sama besarnya dengan bumi

Catatan informasi: Ukuran planet Venus


3. Venus adalah planet.

Catatan informasi: Jenis Planet Venus


4. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.

Catatan informasi: Warna planet Venus


5. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi.

Catatan informasi: Posisi planet Venus.


6. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu revolusi planet venus


7. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu rotasi planet venus


8. Venus sangat tua dan berbatu.

Catatan informasi: kondisi permukaan fisik planet venus


9. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

Catatan informasi: situasi langit venus



Laporan tentang Kelelawar

 1. Kelelawar merupakan mamalia
 Catatan informasi: Kategori hewan kelelawar
  
2. Mereka satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
 Catatan informasi: Ciri kelelawar
  
3. Ada lebih dari 1000 jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga-panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah.
  Catatan informasi: Jenis kelelawar
  
4. Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka seperti tikus terbang.
 Catatan informasi: Ciri khas kelelawar

 5. Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus.
 Catatan informasi: Makanan kelelawar

 6. Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer.
 Catatan informasi: Kemampuan kelelawar

 7. Mereka jenis nokturnal.
 Catatan informasi: Sifat kelelawar

 8. Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat.
 Catatan informasi: Indera penglihatan kelelawar


Laporan tentang Rantai Makanan di Antartika

  
1. Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam laut. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan.
 Catatan informasi: Kehidupan Antartika

 2. Pertama, ada plankton, phyto-plankton (dua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik), dan diatom di dasar rantai makanan.
 Catatan informasi: Rantai makanan Antartika
  
3. Betuk kehidupan kecil ini merupakan bagian dari kelas 'Produsen Primer'.
  Catatan informasi: Produsen Primer Antartika

 4. Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti Krill, rebon (udang kecil), dan ikan-ikan kecil.
 Catatan informasi: Konsumen Primer Antartika
  
5. Krill adalah makhluk mirip ikan dengan sepuluh kaki.
 Catatan informasi: definisi krill

6. Rebon mirip udang.
 Catatan informasi: penampakan rebon

 7. Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder.
 Catatan informasi: Jaring makanan

8. Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru), ikan-ikan lebih besar, dan penguin.
Catatan informasi: Konsumen sekunder di Antartika
  
9. Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang pernah ada.
 Catatan informasi: Berat paus biru
  
10. Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan predator).
 Catatan informasi: Posisi konsumen sekunder

 11. Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota - paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 meter.
 Catatan informasi: Predator puncak di Antartika

 12. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan.
 Catatan informasi: Puncak jaring makanan di Antartika