Selasa, 07 Mei 2019

Isilah Titik-Titik Berikut dengan Kata Tugas Yang Tepat

Soal dan Jawaban dari pertanyaan pada buku bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Kemendikbud pada halaman 26. Peserta didik diminta untuk mengisi titik-titik dengan kata tugas yang tepat.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat soal dan jawaban di bawah ini.



Soal


Apa yang ada di dalam benak Anda ......... mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, ............... sebagian besar bisa dibilang akan mengaitkannya ........penyakit dan kotoran.

Banyak orang yang memang masih merendahkan tikus. ....., hewan yang khas ......tubuh berambut lebat dan moncong panjang itu sebenarnya termasuk hewan yang sangat pintar. Karakter tikus dalam Tom & Jerry dan Mickey Mouse adalah sanjungan yang cukup pas bagi seekor tikus.

"Tikus sangat pintar dan diketahui memiliki kemampuan menyelesaikan masalah," katanya. ......Anda meletakkannya di dalam sebuah labirin, ia akan menemukan jalan keluarnya dengan cepat. Tikus termasuk hewan sosial dan bisa sangat jinak, dapat dilatih, dan melakukan banyak trik sulit.

..........para ilmuwan pasti sudah paham bahwa tikus merupakan objek penelitian yang sangat baik di laboratorium. Dokter hewan dan ahli binatang ....... tahu bahwa tikus pun sebenarnya bisa jadi hewan piaraan yang sangat menarik.

Dr Kristina Kalivoda dari Universitas Texas A&M, mengatakan kebanyakan orang masih sering salah paham terhadap tikus. Menurut staf pengajar di Sekolah Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedika itu, tikus juga tak selamanya menjadi momok yang muncul dari dalam got.

Hewan ini sering dianggap mengganggu, .........sebagai hewan pengerat tikus secara alami memiliki insting untuk terus mengasah giginya dan mengendus sumber makanan. Tikus cenderung menyukai hidup dekat manusia ............. alasan kebutuhan makanan dan tempat hidup.

Banyak orang beranggapan tikus kotor. ............. sesungguhnya tidak demikian, bahkan hewan tersebut membersihkan diri beberapa kali sehari, sesering seekor kucing.

"Saya bisa menjadi orang pertama yang mengatakan kepada Anda bahwa tikus bisa menjadi binatang piaraan yang menyenangkan," ujar Kalivoda. Banyak orang yang sudah mencobanya .........mengatakan bahwa tikus merupakan piaraan terbaiknya.
............tikus adalah hewan yang ekspresif. Ia bisa mengeluarkan ekspresi tertawa atau suara mencicit ketika bingung. Tikus juga perenang yang sangat baik. Ada banyak pilihan tikus untuk dipiara dari yang berwarna hitam, abu-abu, pirang, perak, dan albino. Mau yang bertelinga pendek atau panjang juga ada.

Hanya saja, ...........aktivitas seksualnya tak dibatasi, ............ populasinya bisa meledak. Sepasang tikus bisa menurunkan 15.000 anak sepanjang hidupnya ......tikus betina hampir menghabiskan waktu hidupnya untuk hamil. Seekor tikus dapat hidup antara satu hingga tiga tahun. .......... masihkan Anda memandang rendah pada tikus?


Jawab: 

1. Ketika
2. namun
3. dengan
4. padahal
5. dengan
6. Jika
7. Bahkan
8. juga
9. karena
10. karena
11. Akan tetapi
12. dan
13. Apalagi
14. jika
15. maka
16. dan
17. Bagaimana

Artikel Terkait