Rabu, 08 Mei 2019

Buatlah Teks Laporan dari Percobaan Membuat Pelangi Ini Dalam Bentuk Uraian Paragraf

Soal dan jawaban pada buku bahasa Indonesia kelas 9 SMP buku kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal tersebut terdapat pada halaman 28. Soal ini berisi perintah untuk peserta didik agar membuat teks laporan dari percobaan membuat pelangi dalam bentuk paragraf. 

Untuk lebih jelas silakan lihat soal dan jawabannya di bawah ini.

Soal:

Buatlah teks aporan dair percobaan membuat pelangi ini dalam bentuk uraian paragraf. Gunakan bahasamu sendiri sesuai apa yang kamu pahami tentang percobaan membuat pelangi.





Laporan Percobaan Membuat Pelangi.

Ketika hujan baru saja reda, tiba-tiba muncullah  seberkas lengkungan warna warni yang indah di langit. Kita mengenalnya dengan nama pelangi. Tahukah kamu, pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasan ketika cahaya matahari terkena air hujan. Untuk memahami bagaimana proses terjadinya pelangi, kita akan melakukan percobaan membuat pelangi.

Pertama kali mari kita persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: air, gelas, kaca, gunting, senter dan ruang gelap. Setelah semua bahan-bahan tersebut siap, kita akan mulai melakukan percobaan membuat pelangi dengan sangat mudah.

Langkah berikutnya, letakkan gelas berisi air di atas meja, kemudian tempatkan kaca ke dalam gelas secara serong. Perhatikan letak penempatan kaca di dalam gelas dengan seksama.

Kemudian, segera kondisikan agar ruangan benar-benar gelap. pastikan tidak ada cahaya yang masuk dari ruang yang akan kalian gunakan untuk percobaan. Jangan biarkan ada cahaya dari luar, cahaya lampu bahkan cahaya dari telepon pintar.

Apabila sudah dipastikan ruangan benar-benar gelap, siapkan senter. Kemuduan sorotkan cahaya senter ke kaca dalam gelas. Jika percobaan berhasil, pelangi akan muncul dari sudut kaca. 

Seperti itulah proses terjadinya pelangi.

Artikel Terkait