Jumat, 16 Februari 2018

Cara Pemasangan Atribut/ Tanda Pengenal Pramuka Siaga yang Benar

Iklan

Yahnda/ bunda yang sedang bertugas sebagai pembina pramuka untuk tingkat siaga tentu sudah mengetahui secara detail bagaimana cara pemakaian seragam pramuka siaga, lengkap dengan atributnya. Pengetahuan tersebut penting sebab dalam perlombaan pesta siaga hampir bisa dipastikan akan selalu ada taman/kedai yang berisi materi tentang nama-nama atribut yang ditempelkan dalam seragam seorang anggota pramuka siaga.

Sementara itu, bagi anggota pramuka siaga, menghafal pemasangan atribut pramuka siaga sebenarnya bukan hal yang susah selama rajin dan disiplin berlatih. Hal yang perlu diperhatikan adalah nama atribut dan letaknya, di sisi kiri atau sisi kanan baju pramuka, karena terkadang anak-anak kita sering terbalik saat membedakan sisi kiri dan sisi kanan. Akan tetapi dengan seringnya berlatih, dengan berbagai variasi latihan, anak-anak kita akan hafal di luar kepala. Jika semua berjalan lancar, seharusnya nilai untuk kedai atribut bisa mencapai 100.

Di bawah ini merupakan ilustrasi cara pemakaian atribut pramuka siaga yang benar baik bagi siaga putra maupun putri.







KETERANGAN :


  1. Tanda Tutup Kepala; Bentuknya adalah lingkaran (putri) dan jajargenjang (putra) dengan warna dasar khas siaga yaitu warna hijau. Dipasang di topi pramuka bagian depan. (sebelumnya pernah memakai baret untuk putra, namun sekarang baik putra maupun putri memakai topi)
  2. Tanda Pandu Dunia (WOSM); memiliki warna dasar ungu. Untuk putri berbentuk lingkaran, dipasang pada kerah baju sebelah kanan. Sementara itu, untuk putra berbentuk persegi, dipasang pada dada (di atas papan nama) sebelah kanan.
  3. Tanda Pelantikan; Berwarna dasar coklat tua. Untuk putri berbentuk lingkaran, di pasang di kerah baju sebelah kiri. Sementara itu, untuk putra dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.
  4. Papan Nama; Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).
  5. Tanda Lokasi Kwarcab; Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) di mana anggota pramuka tinggal. Misalnya kecamatan Grobogan, tanda lokasinya adalah KABUPATEN GROBOGAN. Baik putra maupun putri dipasang di lengan baju sebelah kanan, paling atas.
  6. Tanda Gugusdepan; Memuat nomor gugusdepan di sekolah mana anggota pramuka bergabung. Baik pada putra maupun putri, dipasang di lengan baju sebelah kanan, tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota pramuka siaga putri, nomor gudepnya berangka genap dan untuk anggota pramuka siaga putra bernomor ganjil.
  7. Lencana / Badge Daerah; Memuat lambang kwartir daerah di mana anggota pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep. *Jangan sampai salah sebut misalnya hanya menyebut "Jawa Tengah."
  8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Siaga; Berbentuk segitiga terbalik. Baik putra maupun putri, tanda tersebut dipasang pada lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Lencana / Badge Daerah. Pemasangan TKK di lengan baju maksimal lima buah TKK. Jika memiliki TKK lainnya (lebih dari lima) selebihnya dipasang pada tetampan (selendang) TKK.
  9. Tanda Jabatan; Berupa tanda Sulung, Pemimpin Barung, atau Wakil Pemimpin Barung. Pemasangannya di dada sebelah kanan, di bawah lipatan baju.
  10. Tanda Barung; Berbentuk segitiga dengan warna sesuai nama barungnya. baik pada putri maupun putra dipasang pada lengan baju sebelah kiri paling atas.
  11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Siaga; Terdiri atas tiga tingkatan yaitu Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata. Pemasangan atribut TKU pada lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda barung. *Jangan sampai menyebut TKU dengan manggar.
Demikianlah petunjuk pemasangan atribut/ tanda pengenal pramuka siaga. Selamat berlatih buat adik-adik pramuka siaga. Berlatihlah setiap hari agar mendapat nilai maksimal pada saat mengikuti kegiatan pesta siaga. Salam Pramuka !
Pesan Sponsor

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon