Kamis, 15 Februari 2018

Membuat Simpul Anyam Berganda, Simpul Mati, Simpul Hidup

Keterampilan menguasai materi kepramukaan memberikan nilai lebih bagi seorang peserta didik. Salah satu materi yang harus dikuasai adalah pioneering atau tali temali. Mengapa tali temali begitu penting ?

Sebab dengan tali temali seorang pramuka bisa membuat berbagai karya dengan tali dan tongkat. Misalnya membuat gerbang, membuat tandu dan lain-lain. Selain itu, hampir dalam setiap perlombaan, selalu ada materi tali temali.

Materi pioneering kali ini adalah tentang bagaimana langkah-langkah membuat simpul anyam berganda, simpul mati dan simpul hidup.

Cara Membuat Simpul Anyam Berganda (double sheet bend instructions)

Simpul anyam berganda merupakan simpul yang berguna untuk menyambung dua utas tali yang ukurannya tidak sama besar yang basah dan atau tidak licin. Tali yang perlu anda persiapkan adalah dua utas tali yang berbeda ukuran. Tebal dan tipis. Adapun langkah-langkah pembuatannya silakan perhatikan gambar di bawah ini.


gambar : 101knots.com


1. Masukkan tali kecil ke dalam tali yang besar yang sudah berbentuk simpul sosok, dari bawah ke atas.
2. Lingkarkan tali kecil melewati tali yang besar.
3. Ulang lagi
4. Tahan tali yang lebih besar dan tarik tali kecil hingga kencang.

Baca Juga : Membuat Simpul Anyam, Simpul Jangkar, Simpul Pangkal

Cara Membuat Simpul Mati (Reef Knot)

Simpul mati (juga dikenal sebagai reef knot) merupakan simpul yang berguna untuk menyambung 2 buah tali yang sama besar dan tidak licin (kering). Sipul mati juga merupakan sebuah simpul sederhana dan cepat yang berguna untuk membuat ikatan dengan regangan rendah. Simpul ini populer di antara para pelaut, pemanjat, dan juga pembungkus kado karena kenyamanan dan kemudahan dalam membuatnya. (wikihow).

Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut.


1.  Letakkan tali berwarna ungu di bawah tali yang berwarna kelabu (grey).
2.  Lingkarkan kembali tali berwarna ungu di bawah tali berwarna kelabu. Ujung tali berwarna ungu harus tepat berada di bawah tali berwarna kelabu.

Cara Membuat Simpul Hidup (overhand knot)

Kegunaan simpul hidup yaitu untuk mengikat tiang dan mudah dibuka lagi. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut.


Cukup mudah bukan, membuat simpul hidup, anda hanya tinggal mengikuti langkah di atas.


EmoticonEmoticon