Sabtu, 13 Januari 2018

Kumpulan Puisi Indah Terlengkap, Berbagai Tema

Iklan

Hai para pembaca blog arif.rahmawan.web.id, tema yang hendak kita perbincangkan bersama adalah tentang puisi. Ya betul, puisi. Sebuah karya sastra yang cukup populer di dunia. Saking populernya, saya percaya, setiap orang yang pernah menerima pelajaran bahasa indonesia pada waktu sekolah, bisa menulis puisi.

Puisi adalah gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus. Secara etimologis, kata puisi dalam bahasa Yunani berasal dari kata poesis yang artinya penciptaan.



Bagi para pembaca yang masih berstatus pelajar, baik sekolah dasar hingga menengah, kalian pasti pernah membaca puisi di buku pelajaran kalian, bukan? Setelah itu guru akan meminta kalian untuk menulis puisi dengan tema tertentu. Biasanya, jika tema puisi ditentukan oleh guru, kalian agak sedikit mengalami kesulitan. Ini berbeda jika menulis puisi dengan tema yang dipilih sendiri, tentu lebih mudah.

Para pembaca bisa setuju atau tidak, menulis puisi menjadi begitu mudah ketika kita merasa galau, gundah, putus asa, marah, senang dan gembira. Tiba-tiba muncul kata-kata di kepala kita, yang kemudian kita tuangkan menjadi puisi. Jika terjadi hal seperti itu, puisi telah menjadi salah satu media untuk menyalurkan atau mengekspresikan diri. Ekspresi galau, ekspresi gundah, ekspresi putus asa, ekspresi senang, gembira dan lain-lain. Ya, puisi telah menjadi alat curahan hati.

Misalnya, lahirlah puisi-puisi perjuangan, puisi perlawanan ala wiji tukul, atau puisi romantis ala Aan Mansyur.

Selain sebagai alat curahan hati, puisi biasa digunakan orang untuk meningkatkan kreatifitas dalam diri kita. Puisi merupakan kumpulan kata-kata yang dirangkai dengan keindahan versi penulisnya. Setiap penulis akan berupaya mengembangkan kreativitasnya untuk membuat puisi yang indah. Ia akan memilih kata-kata terindah dan memilih kata-kata yang paling mewakili perasaannya. 

Daya kreatifnya akan terpacu untuk hal-hal tersebut. Mau tidak mau ia akan lebih sering membaca buku, mengamati kehidupan dan sebagainya.

Puisi bisa juga bermanfaat sebagai sarana penyaluran bakat. Ada manusia-manusia yang memiliki kecerdasan dalam hal berbahasa terutama bahasa yang indah. Ia harus menyalurkan bakatnya dengan baik dengan cara menulis  dan membaca puisi.

Contoh-contoh Puisi Terbaik (versi saya)


Sebelum para pembaca mencermati secara lebih dalam, karya-karya saya dalam puisi puisi di bawah ini. Perlu pembaca ketahui bahwa saya masih dalam tahap belajar, belajar merangkai kata, belajar memilih kata dan belajar menyalurkan ide-ide melalui puisi.

Puisi-puisi yang ada di bawah ini merupakan hasil karya saya sendiri, sehingga sebagian besar tidak saya tuliskan nama pengarangnya. Sementara itu, jika memang ada puisi yang bukan karya saya, pasti akan saya tulis nama pengarangnya.


Berikut ini merupakan kumpulan Puisi yang saya tulis, silakan pilih berdasarkan tema yang anda kehendaki



Demikian, kumpulan puisi indah dan terlengkap. Mudah-mudahan bermanfaat
Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon