Senin, 15 Januari 2018

Contoh Amanat Pembina Upacara SD tentang Kebersihan Diri dan Lingkungan

Upacara Bendera merupakan kegiatan rutin di setiap sekolah Dasar Negeri. Setiap peserta didik wajib mengikuti. Dalam susunan upacara bendera, terdapat Amanat Pembina Upacara. Biasanya pihak yang mengisi amanat adalah Kepala Sekolah, para guru dan karyawan.

Nah, di bawah ini merupakan contoh amanat pembina upacara tingkat Sekolah Dasar yang bertema kebersihan diri dan lingkungan sekolah.


Contoh Amanat Pembina Upacara 1


Yang terhormat Bapak....selaku Kepala Sekolah Dasar.....
Yang saya hormati para Guru dan Karyawan
dan yang saya banggakan para siswa SD....

Assalaamualaikum warah matullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanallahu wataala atas limpahan rahmat dan karunianya, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul bersama di lapangan sekolah dalam keadaan sehat walafiat, Amin.

Anak-anakku yang saya banggakan

Pada kesempatan ini, ada sedikit hal yang hendak saya sampaikan. Pertama, saya menganggap petugas upacara bendera sudah bertugas dengan baik.

Kedua, ada satu hadis nabi Muhammad yang begitu akrab di telinga kita semua, Kebersihan adalah sebagian dari Iman. kata-kata tersebut begitu sederhana diucapkan, namun begitu sulit untuk dilaksanakan. Meskipun demikian, setiap hal yang sulit pasti bisa dilaksanakan, jika ada upaya dan usaha dari kita semua.

Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini sekolah kita memiliki halaman yang cukup luas. Halaman merupakan tempat untuk beraktivitas di luar ruangan. Di halaman kita biasa melaksanakan upacara bendera, senam pagi, olahraga, bermain bersama teman dan aktivitas lainnya.

Agar halaman kita selalu tampak indah dan bersih, kita perlu menjaganya dengan cara tidak membuang sampah di halaman sekolah. Membuang sampah harus di tempat sampah yang sudah disediakan di berbagai sudut sekolah. Apabila kalian menemukan sampah plastik maupun dedaunan yang mengotori halaman, hendaknya kalian pungut sampah tersebut dan masukkanlah ke dalam tempat sampah.

Selain menjaga kebersihan di halaman, kalian juga harus menjaga kebersihan ruangan kelas masing-masing. Laksanakanlah tugas piket dengan sebaik-baiknya. Ada yang menyapu lantai, membersihkan papan tulis, menata meja kursi dan sebagainya.

Saya mengharapkan, agar kalian membiasakan diri menjaga kebersihan. Dengan demikian, bukan hanya lingkungan sekolah yang selalu bersih, melainkan juga lingkungan rumah kalian juga akan selalu bersih dan indah.

Demikian amanat yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Amanat Pembina Upacara 2

baca juga : Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Disiplin

Yang terhormat Bapak....selaku Kepala Sekolah Dasar.....
Yang saya hormati para Guru dan Karyawan...
dan yang saya banggakan para siswa SD....

Assalaamualaikum warah matullahi wabarakatuh

Puji ke hadirat Allah Subhanallahu wataala  yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul bersama di lapangan sekolah dalam keadaan sehat walafiat, Amin.

Anak-anakku

Sebelum menyampaikan beberapa hal penting, saya hendak memberikan evaluasi terhadap para petugas upacara bendera. Sejauh ini, kalian sudah melaksanakan tugas dengan baik.

Anak-anakku

Coba kalian perhatikan diri kalian sendiri. Perhatikanlah baju yang kalian kenakan, baik itu atasan maupun bawahan. Perhatikanlah juga sepatu yang kalian kenakan. Apa pendapat kalian.
Bagaimana pendapat kalian , apakah pakaian kalian sudah terlihat bersih dan rapi ? apakah kalian sudah mengenakan kaus kaki dan sepatu dengan benar ?

Anak-anakku

Saya berharap agar pakaian yang kalian kenakan adalah pakaian yang bersih yang sudah dicuci. Jika pakaian kalian kotor, harus segera dicuci. Bagi anak kelas 4 hingga kelas 5, di rumah pasti sudah bisa mencuci sendiri, betul ?
Mencuci pakaian sendiri merupakan bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri sekaligus membantu orang tua.
Memakai sepatu juga harus sepatu yang bersih. Untuk itu kalian harus rutin mencuci sepatu, minimal satu minggu sekali.

Selain kebersihan pakaian, coba perhatikanlah halaman sekolahmu ? Apa yang kalian lihat ? apakah ada kotoran berupa plastik atau daun yang jatuh ke halaman ? sangat sedikit bukan ?
Halaman di sekolah kita terlihat bersih karena kerja sama di antara kita berjalan dengan baik. Kalian semua sudah berhasil menjaga kebersihan sekolah dengan baik. Akan tetapi, semua itu harus kalian pertahankan, sebab kotoran akan selalu datang setiap hari.

Pesan saya, jagalah selalu kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan sebab bisa menimbulkan penyakit dan bencana alam.

Demikianlah amanat yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.



Demikian contoh amanat pembina upacara khususnya untuk Sekolah Dasar yang bertema Kebersihan Lingkungan.


EmoticonEmoticon