Tuesday, November 12, 2019

Tugas Mandiri 4.1 Pkn Kelas 11 SMA Halaman 120 - 121 Berkaitan dengan Hubungan Internasional

Loading...


Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 120 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang definisi hubungan internasional.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Tugas Mandiri 4.1
1. Berkaitan dengan pengertian hubungan internasional, terdapat berbagai pandangan para ahli yang mencoba memberikan definisi terhadap konsep hubungan internasional. oleh karena itu, coba kalian identifikasi pendapat para ahli mengenai definisi hubungan internasional. Bacalah berbagai buku sumber, majalah, koran, atau yang lainnya sebagai sumber informasi kalian. Kemudian tuliskan hasil identifikasi kalian pada tabel di bawah ini.

Informasikan hasil identifikasi kalian dengan teman sebangku dengan cara saling tukar hasil pekerjaan masing-masing.


2. Cari definisi-definisi tentang hubungan internasional tersebut, rumusan siapakah yang paling relevan dengan konteks hubungan internasional yang dilakukan oleh bangsa Indonesia? Berikan alasannya.

3. Rumuskanlah definisi hubungan internasional menurut pendapat sendiri.

4. Cari persamaan dan perbedaan definisi hubungan internasional yang kalian rumuskan dengan definisi yang dirumuskan teman sebangku.
\
Jawab:

1. Pengertian Hubungan Internasional menurut para ahli

a. Freddy L. Tobing
Menurut Freddy menyatakan bahwa Hubungan iternasional ialah sebuah studi tentang hubungan yang ada diantara sebuah entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

b. Edward Hallet Card
Menurut Edward menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang untuk menciptakan perdamaian dunia.

c. Dr. Hilman Adil Cleland
Menurut Hilman menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah sebagai subjek akademi yang terutama memperhatikan sebuah hubungan politik antar bangsa.

d. Umar Suryadi Bakri
Menurut Umar menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional

e. Spengler
Menurut Spengler menyatakan bahwa Hubungan internasional ialah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

2. Menurut saya, pengerrtian yang cocok bagi bangsa Indonesia adalah pengertian hubungan internasional menruut Edward Hallet Card karena sesuai dengan UUD NRI 1945 yaitu menjaga perdamaian dunia.

3. Hubungan Internasional merupakan hubungan dalam berbagai bidang baik politik, ekonomi, sosial budaya dengan negara lain.

4. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon