Rabu, 13 November 2019

Tugas Mandiri 4.2 Identifikasilah Manfaat yang Diperoleh Bangsa Indonesia



Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 4 halaman 124 - 125. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang manfaat dari hubungan Internasional bagi bangsa Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal !


Tugas Mandiri 4.2

Identifikasilah manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan menjalin hubungan internasional saat ini. Tuliskan dalam tabel di bawah ini.


Jawab: 

Sila perhatikan video jawaban di bawah ini




atau simak tulisan ini:

1. Bidang Ideologi
Manfaat hubungan internasional : Bekerjasama dengan bangsa asing yang memiliki ideologi yang hampir sama atau mirip akan semakin memperkuat kedudukan ideologi bangsa Indonesia. Dampaknya, rakyat Indonesia akan semakin percaya diri dengan ideologi Pancasila

2. Bidang Politik
Manfaat hubungan internasional : Dengan adanya kerjasama saling menguntungkan dalam bidang politik dengan negara lain, akan muncul kebijakan-kebijakan politik baru yang lebih segar dan bermanfaat bagibangsa Indonesia.

3. Bidang Ekonomi
Manfaat hubungan internasional : Hubungan dalam bidang ekonomi diharapkan juga akan mampu membawa dampak positif yaitu lowongan pekerjaan dan sebagainya.

4. Bidang sosial Budaya
Manfaat hubungan internasional : Terjadinya pertukaran pertunjukan kesenian dan kebudayaan antar negara, sehingga bangsa Indonesia juga akan lebih produktif lagi dalam membuat karya-karya seni karena mendapat penghargaan dari bangsa lain.

5. Pertahanan dan Keamanan
Manfaat hubungan internasional : Kejahatan tidak mengenal negara. Dengan adanya kerjasama pertahanan dan keamananan, bangsa Indonesia bisa turut menjaga perdamaian di wilayah sendiri dan juga dunia. Selain itu apabila terdapat provokator perusak keamananan yang kabur ke luar negeri, akan segera bisa dideportasi untuk diadili di negara Indonesia.

Artikel Terkait