Wednesday, November 13, 2019

Tugas Mandiri 4.3 Pkn Kelas 11 Bab 4 Bacalah Berita di Bawah Ini

Loading...

Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 4 halaman 129 - 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan bacaan tentang perdamaian dan pembangunan jalur Gaza.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini

Soal

1. Apa kesimpulan yang dapat kalian rumuskan setelah membaca berita di atas?

2. Apabila dikaitkan dengan pengamalan Pancasila, termasuk ke dalam sila ke berapakah konstribusi Bangsa Indonesia kepada perdamaian di Palestina?

3. Bagaimana penilaian kalian atas peran Bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan internasional dengan negara lainnya?

4. Apa saja saran yang dapat kalian ajukan kepada Pemerintah untuk meningkatkan peran Bangsa Indonesia dalam hubungan internasional?


Jawab

1. Setelah membaca artikel berjudul Indonesia Dorong Terus Perdamaian dan Pembangunan Kembali Jalur Gaza saya mengambil kesimpulan, Negara Indonesia sangat serius dalam turut serta menjaga perdamaian dan pembangunan di Palestina. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya biaya yang dikeluarkan oleh Indonesia, juga tenaga yang dikerahkan untuk membantu Palestina.

2. Apa yang dilakukan oleh Negara Indonesia terhadap Palestina sesuai dengan sila Pancasila yaitu sila ke dua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

3. Menurut saya, peran Bangsa Indonesia dalam menjalin hubungan Internasional dengan Negara lain cukup baik meskipun harus ditingkatkan demi kepentingan bangsa Indonesia sendiri. I

4. Saran yang bisa saya ajukan kepada Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan peran Bangsa Indonesia dalam hubungan Internasional adalah peningkatan kerjasama dalam bidang pemberdayaan dan peningkatan SDM agar bangsa Indonesia memiliki SDM yang setara dengan negara maju. Kemudian, kerjasam dalam bidang penegakan hukum dan HAM, agar bangsa Indonesia bisa mengusut tuntas kasus yang melibatkan kriminal yang lari ke luar negeri,  serta kerjasama dalam bidang ekonomi agar rakyat Indonesia semakin bahagia dan kaya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon