Wednesday, November 13, 2019

Tugas Kelompok 4.1 Coba Lakukan Identifikasi Mengenai Organisasi Internasional Lainnya

Loading...


Soal dan jawaban dari tugas kelompok 4.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 Bab 4 halaman 138 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang berupa tabel yang harus diisi dengan benar.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal !

Tugas Kelompok 4.1
1. Coba kalian lakukan identifikasi mengenai Organisasi internasional lainnya yang diikuti oleh Indonesia. Kemudian analisis peran Indonesia dalam organisasi tersebut terutama yang berkaitan dengan upaya untuk menciptakan perdamaian dunia. Tuliskan hasil identifikasi dan analisis kalian dalam tabel di bawah ini.


2. Rumuskan kesimpulan kalian mengenai efektifitas peran Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia melalui keterlibatan dalam berbagai organisasi internasional

Jawab :

1.  Organisasi Internasional di mana Indonesia turut berperan di dalamnya:

a. Persatuan Bangsa-Bangsa: Indonesia berperan sebagai anggota Dewan HAM PBB
b. Pasukan Perdamaian PBB: Indonesia berperan mengirim TNI/ Polri untuk menjadi anggota pasukan perdamaian di timur tengah.
c. Indonesia memberikan bantuan pangan ke Ethiopia saat dilanda bahaya kelaparan pada tahun 1985. Bantuan pangan tersebut disampaikan saat peringatan Hari Ulang Tahun FAO ke-40.
Indonesia terpilih sebanyak 3 kali sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. d. Indonesia terpilih pertama kalinya pada periode 1974-1975. Indonesia kemudian terpilih kedua kalinya pada periode 1995-1996. Terakhir, Indonesia terpilih kembali untuk ketiga kalinya pada periode 2007-2009.
e. Indonesia mencatat prestasi di International Law Commission (ILC) atau Komisi Hukum Internasional PBB dengan terpilihnya mantan Menlu Mochtar Kusuma Atmadja. Ia terpilih sebagai anggota ILC untuk periode 1992 – 2001.

2. Indonesia memang sudah seharusnya berperan aktif dalam organisasi internasional agar bisa membuktikan keberadaan Indonesia sebagai negara besar dan agar kebijakan-kebijakan internasional bisa membawa pengaruh positif bagi bangsa Indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon