Wednesday, November 13, 2019

Uji Kompetensi Bab 4 Pkn Kelas 11 Kurikulum 2013 Jelaskan Arti Penting Perdamaian Dunia

Loading...


Soal dan jawaban dari uji kompetensi yang terdapat dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 143 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan 5 soal uji kompetensi bab 4.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal !

Uji Kompetensi Bab 4
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas, dan akurat!
1. Jelaskan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara.
2. Bagaimana keterlibatan bangsa Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia?
3. Mengapa bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya untuk mewujudkan perdamaian dunia?
4. Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional.
5. Deskripsikan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain.

Jawab :

1. Perdamaian dunia sangat penting bagi kemajuan sebuah negara. Dengan situasi dan kondisi yang damai dalam berbagai bidang baik ekonomi, ideologi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan, sebuah negara bisa melakukan berbagai hal untuk kemajuan negaranya, hal yang tidak mungkin bisa dilakukan jika sebuah negara dalam keadaan perang.

2. Indonesia memiliki UUD NRI tahun 1945 yang juga berisi pentingnya menjaga perdamaian dunia dan menolak penjajahan di atas dunia. Untuk itu, dengan berbagai upaya, Indonesia akan terus turut menjaga perdamaian di dunia. Di antaranya dengan mengikuti organisasi internasional semacam PBB, ASEAN, OKI dll. Juga ada beberapa langkah yang dilakukan adalah terlibat dalam upaya kemerdekaan Palestina, menjaga perdamaian di timur tengah dan lain-lain.

3. Bangsa Indonesia harus terlibat dalam upaya perdamaian dunia karena Indonesia merupakan salah satu negara yang ada dalam dunia internasional. Apabila ada kekacauan di negara lain, bisa saja Indonesia turut terkena imbasnya. Untuk itu bagaimanapun caranya, dunia ini harus damai. Selain itu, Indonesia pernah mengalami masa-masa penjajahan yang sangat mengenaskan. Berbekal pengalaman pahit itu, Indonesia tidak ingin mengulangi lagi peristiwa tersebut, baik di negara sendir maupun negara lain.

4. Faktor-faktor yang menyebabkan suatu negara mengadakan hubungan internasional adalah faktor kepentingan negara itu sendiri. Sebuah negara merupakan bagian dari dunia internasional, untuk itu setiap negara harus bekerjasama dalam bentuk hubungan internasional agar terjadi kedamaian di negara tersebut maupun negara lainnya.

5. Kerja sama yang dilakukan Indonesia antara lain :

  • Kerja sama bilateral, adalah kerja sama yang hanya dilakukan antar 2 negara. Contohnya Kerja sama Indonesia dengan Brunei Darussalam dalam bidang perdagangan ekspor impor dan Kerja sama Indonesia dengan Thailand dalam bidang pengembangan pertanian dan produksi pertanian.
  • Kerja sama regional, adalah kerja sama yang terjalin antar negara yang terletak dalam satu wilayah maupun kawasan. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam ASEAN, AFTA, APEC, MEA, ADB, dsb.
  • Kerja sama Multilateral, adalah kerja sama yang dapat dilakukan 2 maupun lebih negara tanpa dibatasi kawasan dan wilayah. Contoh yang dilakukan Indonesia ialah bergabung dan aktif dalam PBB, OKI, APEC, GNB, G-20, IMF, dsb.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon