Senin, 08 Januari 2018

Pidato Kebersihan untuk Anak SD, SMP dan SMA

Pesan Sponsor

Kebersihan lingkungan sekolah sebenarnya bukan hanya tanggung jawab penjaga sekolah melainkan semua penghuni sekolah baik murid, guru, karyawan dan kepala sekolah. Sudah selayaknya menjaga kebersihan menjadi kebiasaan.

Untuk menumbuhkan semangat menjaga kebersihan, para peserta didik perlu mendapat pemahaman bahwa menjaga kebersihan merupakan hal penting. Adapun di bawah ini merupakan pidato tentang kebersihan untuik anak SD, SMP dan SMA.


Pidato Kebersihan untuk Anak SD


Berikut ini contoh pidato kebersihan untuk anak SD.


Yang terhormat Bapak Joko Bambang Edi selaku Kepala Sekolah Dasar.....
yang saya hormati para guru dan karyawan
yang saya banggakan teman-teman siswa SD Negeri....


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Subhanallahu wataala yang telah melimpahkan karunia dan nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari ini kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Para hadirin yang saya hormati,

Ada hadis yang begitu populer di masyarakat, Kebersihan separuh dari Iman. Hadis ini secara jelas mengajak kita semua untuk selalu mengutamakan kebersihan dalam berbagai hal. Baik kebersihan diri sendiri, kebersihan di lingkungan rumah maupun kebersihan di lingkungan sekolah.

Kebersihan diri mencakup kebersihan tubuh kita antara lain kebersihan gigi, kebersihan kulit juga kebersihan rambut serta kebersihan pakaian. Untuk menjaga kebersihan tubuh kita perlu mandi sehari dua kali yakni pada pagi hari dan sore hari disertai dengan gosok gigi dan bila perlu membersihkan rambut kita. Yang tak kalah penting adalah kebersihan pakaian. Kita harus selalu menjaga agar pakaian kita selalu bersih dengan cara segera mencuci ketika sudah selesai dipakai.

baca juga : Contoh Pidato dalam Rangka Hari Kartini 21 April

Dalam hal kebersihan lingkungan rumah, kita harus selalu turut menjaga kebersihan rumah kita masing-masing dengan cara rajin bersih-bersih rumah bersama anggota keluarga baik itu ayah, Ibu dan saudara kita. Kebersihan rumah adalah tanggung jawab anggota keluarga. Jika rumah selalu bersih, anggota keluarga akan selalu berseri-seri

Sementara itu, kebersihan sekolah juga harus kita jaga. Jangan biarkan halaman sekolah menjadi kotor oleh sampah-sampah baik organik maupun anorganik. Sampah organik dari tumbuh-tumbuhan bisa kita kumpulkan kemudian dijadikan pupuk, sedangkan sampah anorganik  harus dibuang ke tempat sampah dan jika perlu kita bakar.

Kebersihan dalam ruang kelas juga menjadi tanggung jawab para penghuni sekolah. Jika sekolah kita bersih maka suasana belajar akan sangat nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikianlah uraian saya tentang kebersihan, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa mengingatkan kita semua tentang pentingnya kebersihan bagi kita semua.

Wabilahi taufik walhidayah
Wassalamualaikum Warah Matullahi Wabarakatuh


Berikut ini contoh Pidato Anak SMP/ SMA

Yang terhormat Ibu Dwi Hartati selaku Kepala SMP/ SMA..
yang saya hormati para guru dan karyawan
yang saya hormati para hadirin
yang saya banggakan teman-teman siswa SMP/ SMA Negeri


Assalamualaikum Warah Matullahi wabarakatuh

Puji syukur kita haturkan kepada Allah Subhanallahu wataala yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang suatu apapun

Para hadirin yang saya hormati,

Apabila kita membaca berita perihal banjir yang melanda di berbagai tempat akhir-akhir ini, tanpa terasa tumbuh rasa empati di dalam diri kita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita di beberapa tempat tersebut.

Selain itu juga muncul rasa keingintahuan dalam diri mengapa banjir bisa terjadi ?

Penyebab banjir memang tidak didominasi satu penyebab saja. Banjir bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya karena kondisi alam, karena kerusakan lingkungan dan bisa juga karena sungai tersumbat oleh sampah.

Jika penyebab banjir karena banyaknya sampah yang memenuhi sungai, maka satu-satunya jalan untuk mencegah banjir adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan sebaliknya membuang sampah harus di tempatnya.

baca juga : Contoh Pidato Perpisahan SD Kelas 6 Singkat, Terbaik

Perilaku buang sampah sembarangan yang sepertinya sudah menjadi tradisi sebaiknya segera ditinggalkan. Paling tidak dalam lingkungan sekolah kita ini, marilah kita semua bersama-sama menjaga kebersihan di sekolah ini.

Diharapkan dengan terbiasa menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, para peserta didik memiliki kebiasaan yang bisa diterapkan di berbagai tempat.

Seorang pelajar harus menjadi sosok terdepan yang mengawali kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan serta menjadi sosok yang tanggap jika melihat ada lingkungan yang kotor.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Wabilahi taufik Walhidayah, Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatuh.


Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon