Jumat, 12 Januari 2018

Contoh Amanat Pembina Upacara Bendera tentang Disiplin

Upacara Bendera merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Biasanya para guru akan menyampaikan amanat kepada para peserta didik. Ada beragam tema yang diangkat oleh para guru, salah satunya adalah tema tentang kedisiplinan.

Pidato di bawah ini merupakan contoh amanat/ pidato pembina upacara dengan tema disiplin di sekolah. terutama SD, SMP dan SMA



Yang Terhormat Kepala Sekolah Dasar.....
Yang saya hormati para Guru dan Karyawan
dan yang saya banggakan para siswa SD....

Assalaamualaikum warah matullahi wabarakatuh

Puji syukur kita haturkan kepada Allah Subhanallahu Wataala atas karunianya sehingga pada hari ini kita semua bisa melaksanakan upacara di halaman sekolah kita ini.

Anak-anakku semua

Ada beberapa hal yang hendak saya sampaikan pada kesempatan pagi hari ini. Hal yang pertama berupa evaluasi terhadap para petugas upacara bendera. Sejauh ini, petugas sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kemudian, hal yang kedua adalah perihal kedisiplinan dalam melaksanakan upacara bendera. Upacara bendera merupakan kegiatan yang membutuhkan disiplin tinggi bukan hanya bagi petugas upacara melainkan juga bagi para peserta upacara. Anak-anak yang berbaris harus benar-benar mengikuti aba-aba yang diperintahkan oleh pemimpin Regu maupun pemimpin upacara.

Misalnya ketika Pemimpin Upacara memberikan aba-aba siap, seluruh peserta upacara harus dalam posisi sikap sempurna. Atau ketika pemimpin upacara memberikan aba-aba penghormatan, seluruh peserta upacara harus melaksanakan sikap hormat.

Selain kedisiplinan dalam baris berbaris, yang tidak kalah penting adalah kedisiplinan dalam berpakaian. Dalam lingkungan sekolah, setiap siswa yang mengikuti upacara harus selalu memakai baju seragam yaitu baju yang sama antara satu dengan lainnya. Pakaian seragam yang dipakai murid sekolah dasar adalah baju berwarna putih, celana/ rok berwarna merah, topi khusus berwarna merah, dasi, ikat pinggang, kaos kaki berwarna putih. Semua seragam itu harus dikenakan ketika melaksanakan upacara bendera. Apabila ada anak yang tidak memakai seragam dengan lengkap, akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku di sekolah.

Kemudian, hal yang terakhir yang hendak saya sampaikan adalah, mengapa kita harus disiplin ?
Ada banyak manfaat yang bisa anak-anak dapatkan jika membiasakan disiplin, namun hanya beberapa hal saja yang akan saya sampaikan diantaranya.

Pertama, anak-anak akan terbiasa hidup teratur. Jika setiap mengikuti upacara bendera, anak-anak selalu bersikap disiplin baik berpakaian maupun berbaris, anak-anak akan terbiasa melakukan kegiatan dengan teratur.

Kedua, anak-anak akan terlihat rapi dan tertib. Jika setiap anak berseragam dengan benar dan berbaris dengan rapi, anak-anak akan terlihat sangat rapi dan tertib.

Ketiga, dengan disiplin, anak-anak akan terbiasa mematuhi peraturan di sekolah dan juga peraturan yang nanti akan berlaku bagi anak-anak setelah nanti dewasa.

Demikianlah, amanat dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Saya juga mohon maaf jika ada kesalahan kata dan sikap.

Wassalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.



Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Disiplin di Sekolah

Yang Terhormat Kepala Sekolah Dasar.....
Yang saya hormati para Guru dan Karyawan
dan yang saya banggakan para siswa SD....

Assalaamualaikum warah matullahi wabarakatuh

Puji syukur kita haturkan kepada Allah Subhanallahu Wataala atas karunianya sehingga pada hari ini kita semua bisa melaksanakan upacara di halaman sekolah kita ini.

Anak-anakku semua

Pada kesempatan pagi ini, bapak akan menyampaikan amanat dengan tema disiplin di sekolah, namun sebelumnya, bapak akan memberikan evaluasi terhadap petugas upacara bendera. Menurut bapak, petugas upacara sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Anak-anakku semua

Disiplin adalah ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya). Disiplin merupakan hal yang sangat penting yang harus anak-anak lakukan setiap hari. Meskipun pada awalnya, membiasakan diri untuk disiplin bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, anak-anak akan terbiasa disiplin.

Lalu bagaimanakah cara agar bisa disiplin di sekolah. Caranya tentu saja dengan mengikuti semua tata tertib dan aturan yang berlaku di sekolah. Di antaranya, mematuhi jam masuk sekolah. Jika sekolah mewajibkan semua murid masuk di kelas pada pukul 07.00, anak-anak harus sudah tiba di sekolah sebelum pukul 07.00.

Disiplin lainnya misalnya mematuhi tata tertib tentang berpakaian di sekolah. Jika pada hari senin diwajibkan memakai seragam merah putih, anak-anak harus mematuhinya. Jika hari jumat diwajibkan memakai seragam pramuka, anak-anak juga harus mematuhinya.

Mematuhi perintah guru juga merupakan bentuk pelaksanaan disiplin. Misalnya, ibu bapak guru menyuruh belajar di rumah, kalian juga harus belajar dengan sungguh-sungguh.

Dengan disiplin kalian akan mendapat banyak manfaat antara lain. Menjadi anak yang rajin, sopan, pintar, bersemangat dan selalu menyenangkan orang lain.

Saya kira itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan berguna bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan.

Wassalamuaaikum Warah matullahi wabarakatuh.





Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon