Monday, May 6, 2019

Kegiatan 1 Mencermati Struktur Teks Laporan Kelelawar, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan kelelawar. Kegiatan ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 23 dan 24. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan pemabahasan di bawah ini.



1. Bagaimana informasi bagian pernyataan umum yang dikembangkan? Coba bandingkan dengan teks Venus!

Mengacu pada teks yang cukup singkat, pernyataan umum pada teks laporan kelelawar cukup lengkap. Diawali dengan pengertian tentang kelelawar sebagai bagian dari mamalia. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya perbedaan antara kelelawar dengan mamalia pada umumnya, kelelawar bisa terbang. Setelah itu dideskripsikan bahwa kelelawar memiliki seribu jenis. Akan tetapi yang disebutkan hanya beberapa jenis kelelawar.

Sementara itu, pada teks laporan tentang planet venus, kita akan menemukan banyak informasi penting terkait dengan planet venus yang dimulai dengan pengertian planet venus. Bagaimana perbandingannya dengan bumi, bagaimana cara berotasi dan berevolusi dan lain-lain.

Secara umum teks tentang kelelawar dan venus hampir sama.


2. Bagaimana cara pembagian uraian teks "Kelelawar"?

Cara pembagian dimulai dengan penampilan, lalu kebiasaan makan, kapasitas dan perkembangbiakan

3. Apa yang dimaksud dengan kata teknis "nokturnal" dan "pupil"? Carilah informasi tentang kata tersebut!

Nokturnal berarti beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari; atau keadaan hewan yang sifatnya atau kebiasaannya aktif terutama pada malam hari. Pupil berarti
manik mata atau biji mata.
4. Dapatkah kamu menambahkan informasi tentang kelelawar khas daerahmu? Tuliskan tambahanmu tentang kelelawar di daerahmu!

Melihat kelelawar biasanya pada malam hari. Terkadang mereka tanpa sengaja masuk ke rumah. Jika dilihat jenisnya tentu sangat kesulitan bagi saya untuk menemukan termasuk jenis apa. Akan tetapi, apabila melihat beberapa buah mangga yang tiba-tiba seperti bekas dimakan hewan, kemungkinan besar buah tersebut dimakan oleh kalong/. codot.

5. Di beberapa daerah dikenal nama kampret dan kalong, jenis kelelawar yang manakah itu? Adakah nama khas dari daerahmu?

Kampret merupakan nama anak kelelawar. Sementara kalong (atau codot) adalah kelelawar pemakan buha-buahan

6. Apakah ada hubungannya kota Pekalongan dengan kata kalong?
Hubungannya adalah pada zaman dahulu ada leluhur pekalongan yang melakukan tapa ngalong yaitu bersikap seperti kelelawar, yaitu bergelantungan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon