Tuesday, May 7, 2019

Apakah Perbedaan Pernyataan Umum dari teks Kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 23. Terdapat empat pertanyaan yang harus di jawab berdasarkan teks Rantai Makanan di Antartika yang sudah dipilah berdasarkan pernyataan umum dan uraian. Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal:


1. Apakah perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika ?
2. Apa pula perbedaan cara pendeksripsian dari kedua teks tersebut ?
3. Beberapa kata atau istilah teknis bidang ilmu yang kami pahami. Cari informasi kata teknis berikut: plankton, phyto plankton, mikroskopik, rantai makanan, diatom, produsen, konsumen, dan lain-lain. Catat lainnya yang kurang kamu pahami, cari informasi tentang kata tersebut
4. Cobalah amati ingkungan di daerahmu, seperti kolam/ empang, danau, sawah, semak belukar, sungai, parit, selokan/ got, pinggir pantai, atau muara ! amati dan buat laporan singkat

Jawab:

1. Perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan rantai makanan di antartika. Pernyataan umum pada teks kelelawar meliputi pengertian kelelawar, keunikan kelelawar sebagai satu-satunya mamalia terbang, dan beberapa jenis kelelawar. Dengan kata lain, pernyataan tersebut cukup lengkap. Sementara pernyataan umum pada rantai makanan di Antartika hanya menjelaskan secara singkat kehidupan di antartika yaitu di dalam laut.

2. Cara pendeskripsian pada teks kelelawar dan rantai makanan meskipun hampir sama, namun tetap ada perbedaan. Pada teks kelelawar, dideskripsikan tentang kelelawar dari segi penampilan, kebiasan makan, kapasitas dan perkembangbiakan. Semua hal yang ditulis tersebut, berbicara tentang hewan kelelawar. Sementara itu, pada teks rantai makanan di antartika, tidak semata-mata menjelaskan satu hewan/ organisme saja, namun yang dijelaskan adalah urut-urutan rantai makanan mulai dari produsen primer, konsumen primer, konsumen sekunder, hingga predator puncak.

3. Definisi kata kata teknis.
a. plankton adalah  organisme laut (tumbuhan dan hewan) yang sangat halus, kebanyakan mikroskopis, melayang di dalam air laut, dan merupakan makanan utama ikan. (KBBI)

b. phyto plankton (fitoplankton) adalah komponen autotrof plankton. Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen. (wikipedia)

c. mikroskopik (mikroskopis) adalah sifat ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang sehingga diperlukan mikroskop untuk dapat melihatnya dengan jelas. (KBBI)

d. rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. (wikipedia)

e. diatom adalah ganggang yang selnya dikelilingi oleh suatu cangkang yang menyerupai kotak yang mengandung silika (KBBI)

f. produsen adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri

g.konsumen  makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, namun hanya memakan makhluk hidup lainnya atau memanfaatkan makanan dari produsen.

4. Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Sawah di desa Kendalisodo merupakan sawah tadah hujan yaitu sawah yang hanya mengandalkan hujan untuk proses menanam padi. Ukuran sawah di desa tersebut juga tidak terlalu luas. Akibatnya panen yang dihasilkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun demikian, para penduduk desa tetap memilih bertani sebagai pekerjaan sehari-hari.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon