Jumat, 10 Mei 2019

Jawablah Pertanyaan Berdasarkan Pemahamanmu Terhadap Teks, Soal Halaman 16

Soal dan jawaban pada buku bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud halaman 16. Peserta didik diminta untuk menjawab soal berdasarkan teks 2 tentang Gebyar pementasan Tari Kolosal Ariah.




Soal:

1. Jawablah pertanyaan berdasarkan pemahamanmu terhadap teks:
a Teks 2 di atas membicarakan tentang apa?
b.Apa saja yang dijelaskan penulis pada awal pementasan, puncak pementasan, dan akhir pementasan?
c.apa tujuan penulis menampilkan teks tersebut?
d.bagaimana penulis menggambarkan keindahan pementasan? Berilah alasan untuk mendukung jawabanmu?

2. Menentukan Pemetaan isi teks yang kamu baca dengan caara menuliskan di tengah topik/ hal yang dibicarakan. Kemudian berilah garis garis sesuai dengan bagian-bagian yang diperinci. Amati contoh pemetaan berikut.

Jawab:

a. Berbicara tentang Penyelenggaraan gebyar pementasan Tari Kolosal Ariah
b. Awal pementasan: dibuka dengan pertunjukan yang menampilkan nyala api yang berkobar di depan tugu monas.
Puncak pementasan: Penulis menyajikan peristiwa yang bergantian. Dari keceriaan permainan anak-anak wak wak gung, adegan romantis Juki dan Ariah, latihan silat antara Juki dan Ariah, dan tanam paksa dan kekejaman para tuan tanah.

Akhir pementasan: Terjadi peristiwa tragis yaitu meninggalnya Ariah.

c. Teks deskripsi bertujuan mengajak pembaca seolah-olah mengalami peristiwa itu sendiri. Begitupun pada teks tentang Tari Kolosal Ariah. Penulis hendak bercerita bagaimana suasana perjuangan Ariah dan masyarakat Betawi menghadapi kolonial Belanda. Dengan merasakan suasana tersebut, penonton akan mengalami pengalaman batin merasakan bagaimana perjuangan itu dikobarkan. Dengan demikian, mereka akan memiliki rasa patriotisme terhadap bangsanya.

d.Keindahan pementasan digambarkan dengan menampilkan tulisan tentang gegap gempitanya suasana pembukaan dengan tampilan kembang api, musik yang mengentak keras, tata lampu dan Monas sebagai latar belakang.


Artikel Terkait