Sunday, December 29, 2019

30+ Puisi Cita Cita Menjadi Guru untuk Anak SD

Puisi merupakan kata-kata yang disusun sedemikian rupa. Penulis menuliskannya dengan penuh perasaan dan penghayatan sehingga lahirlah kata-kata yang terpilih yang juga mampu menggugah perasaan para pembacanya.

Bagi peserta didik usia sekolah Dasar, sungguh penting sekali mengajarkan sastra puisi kepada mereka. Tidak perlu muluk-muluk akan tertulis kata-kata yang sangat indah di buku-buku mereka, kita tanamkan terlebih dahulu kegemaran menuangkan ide dan imajinasi dalam puisi.



Puisi-puisi di bawah ini bukan contoh karya sastra terbaik yang ada di dunia ini, hanya sepercik gerimis dalam keindahan karya sastra puisi. Puisi tentang cita-cita menjadi guru, bagi anak-anak kita yang masih dalam tahap sekolah dasar.

Tuhan, izinkan aku menjadi Guru

Aku anak kecil
yang tumbuh besar
di rumah
dalam hangatnya kasih sayang ayah
ibu

Di sekolah
aku menjadi murid yang patuh
kepada para guru

Mereka sosok pintar dan penyabar
tanpa lelah berbicara dan berdialog
dengan kami

Mereka juga begitu sabar
mengajari kami
ilmu-ilmu baru
yang membuat diriku takjub

Bahagia rasanya jika
kelak aku bisa seperti mereka
mengajarkan ilmu kepada para siswa
agar mampu mengarungi hidup
di dunia dan di akhirat

Tuhan, izinkan aku menjadi Guru


Cita-Citaku Menjadi Guru

Kelak jika besar
cita-citaku hendak menjadi guru

Berseragam rapi sekali
berbekal ilmu
Setiap pagi berangkat ke sekolah
mengajarkan ilmu-ilmu
matematika, bahasa Indonesia
dan sebagainya

Para muridku yang semula tak bisa membaca
akan aku ajari menulis abjad
juga menulis angka
demi masa depan mereka
demi kebahagiaan mereka

Dunia yang gelap akan bercahaya
berkat ilmu-ilmu penguak kebodohan
yang aku ajarkan kepada murid-muridku

Cita-citaku menjadi Guru
semoga diberkati Tuhan.

Cita-Cita Menjadi Guru yang Jujur

Aku ingin bersekolah yang cukup tinggi
agar kelak bisa menjadi guru

Dengan menjadi guru yang jujur
dan pandai bersyukur

Jika aku menjadi guru
aku akan mengamalkan ilmuku
yang kuterima dari para guruku

Akan kuajarkan berbagai ilmu pengetahuan
agar para muridku
menjadi pandai

Aku juga akan mengajarkan
ilmu kebaikan
agar para muridku
menjadi bijaksana
dan menjadi jujur

Tuesday, December 24, 2019

Kegiatan 8 Latihan: Agar kalian Lebih Mengenal Berbagai Paragraf yang Kohesif dan Koheren

Soal dan jawaban dari kegiatan 8 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 bab 5 halaman 135 terbitan kemendikbud edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Agar kalian lebih mengenal berbagai paragraf yang kohesif dan koheren, kerjakanlah latihan berikut dengan saksama.
Bacalah teks berikut selama 50 detik. Kemudian urutkan menjadi urutan paragraf yang logis: 1–2–3, 3–2–1, 1–3–2, 2–3–1, atau 2–1–3?

3 :  ”Ada hirsutisme yang disebabkan oleh faktor idiopatik atau penyebab tidak diketahui secara medis. Namun, penyebab umumnya adalah faktor genetik, gangguan adrenalin, sindrom ovarium, dan pengaruh obat-obatan,” jelas dr. Maria B. Djatmoko, Sp.KK. dari RS Metropolitan Medical Center (MMC), Jakarta. Hirsutisme karena faktor idiopatik timbul di masa pubertas, dan biasanya diderita seumur hidup. Kalau ditelusuri, dari garis keturunannya pernah ada yang menderita hirsutisme. Sedangkan hirsutisme karena faktor genetik dipengaruhi oleh faktor ras. Ada pula faktor lain penyebab timbulnya hirsutisme, yakni efek sampingan obat-obatan yang mengandung anabolic
steroid, progestogen, dan antikonvulsan, di kelenjar adrenal. Anabolic steroid, misalnya, merupakan salah satu materi obat sintetis yang banyak disalahgunakan oleh atlet binaraga untuk mendongkrak prestasi.
2. Bulu yang tumbuh bisa membanggakan pemiliknya kalau tumbuh lebat di tempat yang tepat. Namun, kalau muncul di tempat tak lazim dan lebat, justru bisa berakibat sebaliknya. Hirsutisme salah satunya. Hirsutisme adalah gangguan yang diderita seseorang yang kelebihan hormon sehingga bulu tumbuh berlebihan. Untuk mengobatinya, perlu operasi dan terapi khusus. Gangguan hirsutisme ini bertingkat-tingkat sampai ada orang yang hampir seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu lebat sampai bagian anusnya.
1. Orang Mediterania yang pindah ke Jepang, misalnya, akan dianggap aneh, karena sekujur tubuh mereka ditumbuhi bulu lebat, terutama di tangan dan kaki. Sebaliknya, orang Jepang dipandang aneh oleh masyarakat Mediterania, karena tubuh orang dari Negeri Sakura itu jarang ditumbuhi bulu. Lalu, bagaimana yang normal? Pada wanita normal, 75% testosteron dalam plasma darah diproduksi oleh kelenjar adrenal. Namun, pada wanita penderita hirsutisme ditemukan sedikit kenaikan testosteron dalam plasma, yang dihasilkan di ovarium.

Urutan yang paling tepat adalah: .................................................

Bacalah teks berikut selama 55 detik. Kemudian, urutkan menjadi urutan paragraf yang logis: ABCD, ACDB, BACD, BCAD, CADB, CDAB, DCBA, atau DBAC?

A
Keesokan harinya, datanglah pemburu tersebut. Setelah melepaskan perekatnya, ia mengambil hasil tangkapannya.
Betapa ia kecewa setelah mengetahui burung-burung tersebut sudah tidak bergerak, disangkanya sudah mati. Namun, pemburu tersebut jatuh terpeleset sehingga membuat burung-burung
yang ada ditanah terkejut dan terbang. Hanya raja parkit yang belum terlepas dari perekat. Ia pun ditangkap.
B
Namun, burung parkit tidak bahagia. Ia selalu ingat hutan Aceh tempat tinggalnya. Pada suatu hari ia berpura-pura mati. Sang Raja sangat sedih dan memerintahkan penguburannya dengan upacara kebesaran. Ketika persiapan berlangsung, burung itu diletakkan di luar sangkar. Saat itu ia gunakan
untuk terbang mencari kebebasanya. Ia terbang menuju hutan kediamannya. Di mana rakyat burung parkit setia menunggu kedatangannya.

C
Tersebutlah kisah, seekor raja burung parkit hidup beserta rakyatnya di sebuah hutan di Aceh. Hidup mereka damai. Kedamaian tersebut terganggu karena kehadiran seorang pemburu. Pada suatu hari pemburu tersebut berhasil menaruh perekat di sekitar sangkar-sangkar burung tersebut. Mereka berusaha melepaskan sayap dan badan dari perekat tersebut. Namun, upaya tersebut gagal. Hampir semuanya panik, kecuali si raja parkit. Ia berkata, ”Saudaraku, tenanglah. Ini adalah perekat yang dibuat oleh pemburu. Kalau pemburu itu datang, berpura-puralah mati. Setelah melepaskan perekat, pemburu itu akan memeriksa kita. Kalau ia mendapatkan kita mati, ia akan membuang kita. Tunggulah sampai hitungan keseratus, sebelum kita bersama-sama terbang kembali.”
D
Raja Parkit meminta pada pemburu itu untuk tidak dibunuh. Sebagai imbalannya, ia akan selalu menghibur si pemburu. Hampir tiap hari ia bernyanyi dengan merdunya. Kabar kemerduan suara burung itu terdengar sampai ke telinga sang Raja. Raja menginginkan burung parkit tersebut. Kemudian, sang Raja menukar burung itu dengan harta-benda yang sangat banyak. Di istana sang Raja, burung parkit ditaruh di dalam sebuah sangkar emas. Setiap hari tersedia makanan yang enak enak.

Jawab: 

Soal pertama : 2 1 3
Soal kedua: C A D B

Kegiatan 6 Pertanyaan Telaah Dapatkah Kamu Memilih Judul Lain

Soal dan jawaban dari kegiatan 6 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs edisi revisi 2018 halaman 130 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

1. Dapatkah kamu memilih judul lain yang lebih menarik dan lebih meyakinkan menurutmu?
2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
4. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
5. Bagaimana teks beralih dari sudut pandang pro ke sudut pandang yang kontra?
6. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?
7. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
8. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah kemandirian, penikmat pajak. Coba, temukan yang lainnya!
9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah sementara, sayangnya. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?
10. Pungtuasi (tanda baca) dan ejaan sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apakah cara penulisan ejaan dan pungtuasi yang digunakan dalam teks ini sudah tepat?
11. Apakah teks diskusi ini efektif menggugah pembaca? Jelaskan mengapa!
12. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah penerimaan negara, wajib pajak, patuh pajak, penikmat pajak, rasio pajak (tax ratio), sumber daya alam, fasilitas umum, patriot bangsa.

Jawab:

1. Pembayar Pajak adalah Patriot Bangsa.
2. Tujuan pendahuluan untuk memberikan gambaran perihal rendahnya kesadaran membayar pajak.
3. Pendahuluan pada teks dalam buku sudah cukup efektif karena secara tidak langsung memberikan informasi pentingnya membayar pajak bagi rakyat Indonesia daripada berhutang kepada asing.
4. Teks diskusi disusun dengan urutan:
a. pendahuluan
b. Gagasan utama
c. Alasan pendukung
d. Simpulan

5. Teks beralih dari sudut pandang satu ke sudut pandang lain dengan menggunakan kata penghubung yang tepat.

6. Simpulan berkaitan karena merangkum pokok-pokok pikiran dalam paragraf isi maupun pendahuluan.

7. Bagian efektif dari simpulan dalam teks tersebut adalah Wajib pajak yang patuh membayar pajak
adalah patriot bangsa. Simpulan tersebut menyajikan kata-kata atau kalimat yang bisa memberikan perspektif baru bagi pembaca.

8. Contoh kata persuasif lainnya: berutang, membayar pajak, berpikir, membela negara dan lain-lain.

9. Contoh kata hubung lainnya: serta, di lain pihak, sebelumnya, padahal.

10. sudah tepat.

11. Sangat efektif. Pada awalnya teks ini menyajikan perihal pentingnya membayar pajak, setelah itu mengutarakan risiko dan bahayanya jika wajib pajak tidak membayar pajak. Negara bisa menjadi penghutang dan membahayakan ekonomi. Setelah itu, teks ini diakhiri dengan ajakan untuk menjadi pembayar pajak yang tertib membayar pajak.

12. a. penerimaan negara : Sejumlah uang atau barang yang diterima oleh pemerintah suatu negara baik yang berasal dari pajak maupun bukan pajak, seperti retribusi, imbal hasil, dan lain sebagainya.
b. wajib pajak: Orang atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan dengan demikian dikenai kewajiban untuk membayar pajak.
c. patuh pajak: Orang dan badan usaha yang melakukan kegiatan usaha di wilayah suatu negara dan rutin membayar pajak seperti yang telah ditetapkan pemerintah negara tersebut sesuai jadwal.
d. penikmat pajak: Masyarakat sebuah negara, baik wajib pajak maupun bukan wajib pajak, yang menikmati pembangunan yang dibiayai oleh pajak.
e. rasio pajak (tax ratio): Perbandingan antara jumlah wajib pajak dengan angkatan kerja di suatu negara.
f. sumber daya alam: Seluruh benda yang berasal dari bumi, air, dan udara sebuah negara yang memiliki nilai ekonomis dan dengan demikian dapat diperjualbelikan.
g. fasilitas umum: Fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah maupun pusat di sebuah negara dan ditujukan untuk masyarakat atau layanan umum.
h. patriot bangsa: Orang, kelompok, atau badan usaha yang dianggap berjasa bagi sebuah negara dalam kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebuah pemerintah negara.

Wednesday, December 18, 2019

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Selain Judul di Atas

Kunci jawaban dari kegiatan 4 dalam buku Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas 9 kurikulum 2013 bab 5 terbitan kemendikbud halaman 126-127. Peserta didik diminta mengerjakan kegiatan 4 yang berupa pertanyaan telaah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal 

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah
1. Selain judul di atas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!
2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
 3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
4. Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip “hijau”? Jelaskan mengapa!
5. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
6. Bagaimana teks beralih dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain?
7. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?
8. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah tidak mudah, berpikiran sempit. Coba temukan yang lainnya.
10. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antar-paragraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah namun, ditambahkan, pada saat yang sama. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?
11. Pungtuasi (tanda baca) sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apa perbedaan jenis pungtuasi yang digunakan dalam teks ini? Tuliskan kembali contoh setiap jenis itu.
12. Apakah teks diskusi ini efektif? Jelaskan mengapa!
13. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah gaya hidup hijau, daur ulang, limbah B3, organik, nonorganik, kampung wisata, bonus.

Jawab:

1. Buang Sampah pada Tempatnya demi Masa Depan yang Baik
2. Pendahuluan ditulis dengan tujuan agar pembaca memperoleh gambaran tentang topik atau tema yang hendak dibahas dalam tulisan.
3. Pendahuluan sudah cukup efektif karena setelah membaca pendahuluan tersebut, pembaca tergerak untuk meneruskan membaca kalimat-kalimat berikutnya.
4. Kata "hijau" diberi tanda kutip karena kata tersebut merujuk pada gaya hidup yang ramah terhadap alam dan lingkungan.
5. Teks diskusi ini disusun dengan struktur :
a. Pendahuluan
b. Gagasan utama
c. Bukti dan alasan pendukung dari beberapa sudut pandang
d. Simpulan

6. Teks beralih dari sudut pandang satu ke sudut pandang lain dengan menggunakan kata penghubung yang tepat dan dipisahkan oleh paragraf-paragraf.

7. Simpulan yang ditulis merupakan simpulan dari berbagai sudut pandang.

8. Bagian paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama.

9. Contoh kata persuasif lainnya: tidaklah sulit, sangat masuk akal, sangat salah.

10. Contohnya : bahkan, pada setiap kesempatan.

11. Terdapat beberapa pungtuasi dalam teks ini di antaranya:
a. Titik (.) berguna untuk mengakhiri kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
b. Koma(,) berfungsi sebagai perhentian antara  perhentian antara yang menunjukkan suara menaik di tengah-tengah tutur.
c. Tanda kutip (" "). Dalam tulisan ini berguna untuk menunjukkan bahwa kata tersebut memiliki arti khusus.

12. Efektif karena menggunakan kata-kata, tanda baca dan susunan kalimat dengan baik.

13. Limbah B3 adalah jenis limbah yang berbahaya
Gaya hidup hijau adalah hidup dengan memanfatkan lingkungan sekitar dengan baik
Daur ulang adalah proses mendaur ulang sampah supaya dapat di olah kembali
Kampung wisata adalah kampung yang di disain untuk menjadi objek wisata

Tuesday, December 17, 2019

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah Apa Pendapat Penulis

Soal dan jawaban dari buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 123 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang pendapat penulis dan lain-lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah
1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?
2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?
3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?
4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata 'kita'. Mengapa penulis melakukan ini?
5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?
6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.
7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.
8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.
9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?
10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?
11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Jawab:

1. Penulis berpendapat bahwa cara terbaik untuk mengatasi perilaku tidak sehat dan kegemukan adalah dengan berolahraga.

2. Kata atau frasa yang digunakan oleh penulis untuk menyatakan pendapatnya antara lain: semakin gemuk, olahraga, permainan olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

3. Olahraga Membuat Anak menjadi Bugar, Sehat dan Terhindar dari Kegemukan.

4. Penulis menggunakan kata "kita" agar pembaca tergerak atau terdorong untuk melakukan hal yang ditulis dalam teks eksposisi

5. Penulis menyusun gagasan dan alasannya dengan cara mengemukakan hipotesis kemudian menyusun perumusan masalah, mengungkapkan fakta dan mengambil kesimpulan.

6. Kata-kata emotif antara lain: bosan, menyedihkan, suntuk, bersenang-senang.

7. jauh lebih baik

8. Kata penghubung antara lain; bahwa, atau, daripada

9. Kata topik antara lain: olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

10. Tujuan simpulan dalam teks eksposisi untuk memberikan informasi tentang pendapat dari penulis.

11. Untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Sunday, December 15, 2019

Kegiatan 1 Membandingkan dan Menyimpulkan

Soal dan jawaban dari kegiatan 1 Membandingkan dan menyimpulkan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTS bab 5 halaman 120 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan sooal dalam tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Kegiatan 1 Membandingkan dan menyimpulkan

Teks 1
Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5

Teks 2
Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5


Jawab:

PARAGRAF 1:
Teks 1 -> Olahraga menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.
Teks 2 -> Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah.

PARAGRAF 2:
Teks 1 -> Ada banyak permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak sepanjang tahun .
Teks 2 -> Pajak dapat mengurangi beban keuangan negara dan meningkatkan kemandirian bangsa.

PARAGRAF 3:
Teks 1 -> Olahraga tim memperbanyak teman dan mengajarkan kerjasama.
Teks 2 -> Meski GDP Indonesia termasuk 16 besar dunia, namun tax ratio Indonesia masih cukup rendah.

PARAGRAF 4:
Teks 1 -> Olahraga sangat menyenangkan.
Teks 2 -> Masih banyak warga Indonesia yang tidak menyumbang pajak.

PARAGRAF 5:
Teks 1 -> -
Teks 2 -> Ada masyarakat yang memilih tidak membayar pajak karena menganggap sia-sia jika harus menjadi sasaran korupsi pejabat.

PARAGRAF 6:
Teks 1 -> -
Teks 2 -> Wajib pajak yang taat adalah pahlawan bangsa yang mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Thursday, December 12, 2019

Tentukan Pokok PIkiran paragraf dalam Tulisan tentang Pajak

Soal dan jawaban dari kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 120. Peserta didik diminta menenetukan pokok pikiran paragraf.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Kegiatan 2
Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan tentang pajak

Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5
Paragraf ke-6


Jawab

Paragraf ke-1: Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah.

Paragraf ke-2: Tiga sumber pembiayaan negara

Paragraf ke-3: Potensi kemandirian indonesia sangat tinggi tetapi tax ratio cukup rendah dan target pajak tidak tercapai.

Paragraf ke-4: Masyarakat yang kontraprestasi pajak.

Paragraf ke-5: Warga-warga negara yang tidak membela negaranya.

Paragraf ke-6: Alasan wajib pajak

Kegiatan 1 Tentukan Pokok Pikiran Paragraf dalam Tulisan. Lanjutkan untuk Paragraf Kedua dan Seterusnya

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 118 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang pokok pikiran paragraf.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 1

Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan. Lanjutkan untuk paragraf kedua dan seterusnya.

Paragraf 1 : Cara mengatasi anak yang bertambah gembuk
Paragraf ke-2:
Paragraf ke-3:
Paragraf ke-4:
Paragraf ke-5:


Jawab:

Paragraf Ke-2 : Olahraga adalah cara terbaik bagi anak agar fisiknya tumbuh dengan baik.
Paragraf ke-3 : Jenis-jenis permainan olahraga
Paragraf ke-4 :Olahraga adalah sarana terbaik agar anak bisa bergaul dan berteman.
Paragraf ke-5: Bermain dan berolahraga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Friday, December 6, 2019

Tabel 4.4 Makna Kedudukan dan Peran Pemerintah Pusat

Kunci jawaban dari tugas mandiri 4.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 116 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang terdapat dalam bentuk tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tugas Mandiri 4.3
Untuk lebih memahami penguasaan tentang makna, kedudukan, dan peran pemerintah pusat, coba diskusikan dengan teman satu kelompok tentang hal-hal sebagai berikut.




Jawab


1.      Makna Pemerintah Pusat :
Pemerintah pusat adalah pemerintahan yang berada di pusat sebagai penyelenggara Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Presiden dibantu seorang Wakil Presiden dan juga para Menteri-menteri negara. Dengan kata lain, pemerintah ini mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada pemerintah daerah yang berkedudukan di ibu kota Negara Republik Indonesia.

2.      Fungsi Penyelenggaraan Pemerintah :
a.       Fungsi Pelayanan
Fungsi yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa ada deskriminatif terhadap masyarakat dan tidak memberatkan masyarakat serta memberi pelayanan dengan kualitas yang sama tanpa memandang status sosial.
b.      Fungsi Pengaturan
Fungsi yang digunakan untuk memberikan penekanan kepada rakyat dan juga kepada pemerintah itu sendiri.
c.       Fungsi Pemberdayaan.
Fungsi yang dijalankan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.

3.      Kewenangan Pemerintah Pusat :
a.       Kewenangan pemerintah pusat yang mencakup kewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, perwakilan, moneter dan fiksial, agama, serta kewenangan lainnya.
b.      Pemerintah pusat yaitu induk dari pemerintah yang mengatur masalah-masalah tentang keberlangsungan negera itu sendiri.
Sedangkan pemerintah daerah yaitu menjalankan otonomi seluas-luasnya, tapi tidak ikut campur dalam urusan pemerintahan, dimana pemerintah daerah berhak menetapkan peraturan daerah untuk melaksanakan otonomi dan tugas pembantuan yang telah ditentukan dalam undang-undang.
c.       Pemerintah pusat bersifat independen atau berdiri sendiri.
Sedangkan pemerintah daerah bersifat otonom atau memiliki kewenangan yang luas untuk mengatur diri sendiri tapi tidak independen.
d.      Pemerintah pusat mengatur seluruh pemerintah daerah.
e.       Pemerintah pusat yang mengatur kehidupan masyarakat dalam bernegara.

Uji Kompetensi Bab 4 Pkn Kelas 10 Halaman 142

Soal dan jawaban dari uji kompetensi bab 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 142. Peserta didik diminta mengerjakan lima soal uji kompetensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.
1. Pada hakikatnya Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kesatuan. Jelaskan penerapan konsep negara kesatuan dengan sistem desentralisasi!
2. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah? Jelaskan penerapan otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia!
3. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah pusat dalam penerapan otonomi daerah pada Negara Kesatuan Republik Indonesia!
4. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia!
5. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia.


Jawab


1. Negara kesatuan adalah suatu Negara yang merdeka dan berdaulat, di seluruh Negara yang berkuasa hanya ada satu pemerintahan (pusat) yang mengatur seluruh daerah. Bentuk Negara Kesatuan Dengan Sistem Desentralisasi Pemerintahan daerah dikembangkan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

2. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sesuai aspirasi masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan.

penerapan otonomi daerah dalam NKRI adalah adanya pembagian daerah otonom seperti provinsi, kabupaten, kota

3. Pemerintah daerah berperan dalam memanfaatkan Hak otonomi daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur san mengembangkan sendiri daerahnya

4. Hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah hubungan yang menyangkut kedudukan keduanya dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Dalam hal ini pemerintah pusat merupakan penyelenggara urusan pemerintahan ditingkat nasional sedangkan pemerintahan daerah merupakan penyelanggara urusan pemerintahan didaerah masing-masing.

Hubungan fungsional antara pemerintah pusat dan daerah menyangkut atas pembagian tugas dan kewenangan masing-masing dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik (good goverment), yang artinya dengan pembagian kinerja tersebut dapat diusahakan pemaksimalan hasil.

5. Terdapat 4 bentuk sebuah hubungan struktural pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat dalam melakukan penerapan otonomi.
1. Sentralisasi
Dimasa lalu, sentralisasi adalah cara yang paling sering digunakan, selain itu pada sentralisasi ini juga pemerintah memiliki hak penuh dalam pengaturan dan juga pengelolaan terhadap sumber daya alam yang berada di suatu negara dan juga pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang ada pada negara tersebut. Tetapi pada hal ini akan membuat menjadi pembangunan tidak merata dikarenakan pada pembangunan untuk beberapa daerah akan menjadi sebuah bukan prioritas bagi ppemerintah dan akan menyebabkan kesenjangan sosial.

2. Desentralisasi
Pada penggunaan dari desentralisasi adalah sebuah moment dimana dilaksanakannya sebuah otonomi daerah yang memiliki manfaat paling baik. Hal ini menjadikan berjalannya sebuah hubungan antara pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah dalam rangka melakukan pembangunan pada suatu daerah. Apabila dilaksanakan sebaik-baiknya, asas desentralisasi menjadi sebuah asas yang akan membawa pembangunan untuk suatu daerah.

3. Dekonsentrasi
Dalam asas yang digunakan pada dekonsentrasi adalah dimana pemerintah pusat melakukan sebuah delegasi pada kewenangan dan juga kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah pusat terhsebut kepada pemerintah daerah. Pada pendelegasian yang kemudian diberikan hanyalah sebatas pada administrasi saja.

4. Tugas Pembantuan
Pada hal ini, tugas dari pemerintah daerah hanya membantu pemerintah pusat saja dalam rangka membantu pemerintah pusat untuk menjalankan negara.