Tuesday, December 17, 2019

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah Apa Pendapat Penulis

Soal dan jawaban dari buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 123 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang pendapat penulis dan lain-lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah
1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?
2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?
3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?
4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata 'kita'. Mengapa penulis melakukan ini?
5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?
6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.
7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.
8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.
9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?
10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?
11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Jawab:

1. Penulis berpendapat bahwa cara terbaik untuk mengatasi perilaku tidak sehat dan kegemukan adalah dengan berolahraga.

2. Kata atau frasa yang digunakan oleh penulis untuk menyatakan pendapatnya antara lain: semakin gemuk, olahraga, permainan olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

3. Olahraga Membuat Anak menjadi Bugar, Sehat dan Terhindar dari Kegemukan.

4. Penulis menggunakan kata "kita" agar pembaca tergerak atau terdorong untuk melakukan hal yang ditulis dalam teks eksposisi

5. Penulis menyusun gagasan dan alasannya dengan cara mengemukakan hipotesis kemudian menyusun perumusan masalah, mengungkapkan fakta dan mengambil kesimpulan.

6. Kata-kata emotif antara lain: bosan, menyedihkan, suntuk, bersenang-senang.

7. jauh lebih baik

8. Kata penghubung antara lain; bahwa, atau, daripada

9. Kata topik antara lain: olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

10. Tujuan simpulan dalam teks eksposisi untuk memberikan informasi tentang pendapat dari penulis.

11. Untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon