Wednesday, December 18, 2019

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Selain Judul di Atas

Kunci jawaban dari kegiatan 4 dalam buku Bahasa Indonesia SMP/ MTs kelas 9 kurikulum 2013 bab 5 terbitan kemendikbud halaman 126-127. Peserta didik diminta mengerjakan kegiatan 4 yang berupa pertanyaan telaah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal 

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah
1. Selain judul di atas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!
2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?
 3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!
4. Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip “hijau”? Jelaskan mengapa!
5. Bagaimana teks diskusi ini disusun?
6. Bagaimana teks beralih dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain?
7. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?
8. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?
9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah tidak mudah, berpikiran sempit. Coba temukan yang lainnya.
10. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antar-paragraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah namun, ditambahkan, pada saat yang sama. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?
11. Pungtuasi (tanda baca) sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apa perbedaan jenis pungtuasi yang digunakan dalam teks ini? Tuliskan kembali contoh setiap jenis itu.
12. Apakah teks diskusi ini efektif? Jelaskan mengapa!
13. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah gaya hidup hijau, daur ulang, limbah B3, organik, nonorganik, kampung wisata, bonus.

Jawab:

1. Buang Sampah pada Tempatnya demi Masa Depan yang Baik
2. Pendahuluan ditulis dengan tujuan agar pembaca memperoleh gambaran tentang topik atau tema yang hendak dibahas dalam tulisan.
3. Pendahuluan sudah cukup efektif karena setelah membaca pendahuluan tersebut, pembaca tergerak untuk meneruskan membaca kalimat-kalimat berikutnya.
4. Kata "hijau" diberi tanda kutip karena kata tersebut merujuk pada gaya hidup yang ramah terhadap alam dan lingkungan.
5. Teks diskusi ini disusun dengan struktur :
a. Pendahuluan
b. Gagasan utama
c. Bukti dan alasan pendukung dari beberapa sudut pandang
d. Simpulan

6. Teks beralih dari sudut pandang satu ke sudut pandang lain dengan menggunakan kata penghubung yang tepat dan dipisahkan oleh paragraf-paragraf.

7. Simpulan yang ditulis merupakan simpulan dari berbagai sudut pandang.

8. Bagian paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama.

9. Contoh kata persuasif lainnya: tidaklah sulit, sangat masuk akal, sangat salah.

10. Contohnya : bahkan, pada setiap kesempatan.

11. Terdapat beberapa pungtuasi dalam teks ini di antaranya:
a. Titik (.) berguna untuk mengakhiri kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
b. Koma(,) berfungsi sebagai perhentian antara  perhentian antara yang menunjukkan suara menaik di tengah-tengah tutur.
c. Tanda kutip (" "). Dalam tulisan ini berguna untuk menunjukkan bahwa kata tersebut memiliki arti khusus.

12. Efektif karena menggunakan kata-kata, tanda baca dan susunan kalimat dengan baik.

13. Limbah B3 adalah jenis limbah yang berbahaya
Gaya hidup hijau adalah hidup dengan memanfatkan lingkungan sekitar dengan baik
Daur ulang adalah proses mendaur ulang sampah supaya dapat di olah kembali
Kampung wisata adalah kampung yang di disain untuk menjadi objek wisata

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon