Jumat, 10 Januari 2020

Tulislah Hasil Simpulanmu Tentang Ciri Fabel pada Tabel di Bawah ini!

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs bab 6 halaman 200 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang ciri-ciri fabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

a) Tulislah hasil simpulanmu tentang ciri fabel pada tabel di bawah ini ! (lengkapi yang belum diisi)

Jawab:

Tema
CIri yang ditemukan: Bertema kehidupan binatang
Latar
Ciri yang ditemukan: Berlatar di alam bebas seperti hutan, sungai.
Tokoh
Ciri yang ditemukan: Tokohnya berupa hewan jinak atau hewan liar
Konflik
Ciri yang ditemukan: Konflik biasanya disebabkan oleh pengkhianatan, kelicikan, penghinaan, kesombongan, persahabatan, perilaku buruk yang akhirnya diperbaiki.

Amanat
Ciri yang ditemukan: Amanat biasanya berupa ajaran untuk berbuat kebaikan yang selaras dengan nilai moral dan karakter manusia yang baik.

Kamis, 09 Januari 2020

Berdasarkan Objeknya, Termasuk ke Dalam Bentuk Resensi Apakah Teks Tersebut

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 222. Dalam buku ini, peserta didik diminta menjawab pertanyaan tentan bentuk resensi buku.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Berdasarkan objeknya, termasuk ke dalam bentuk resensi apakah teks tersebut? Jelaskan alasan-alasannya secara berdiskusi! Sertakan pula kutipan-kutipan dari teks tersebut untuk memperkuat alasan-alasan itu.

Jawab

Objek Resensi: Cerita rakyat dalam bentuk Syair
Alasan: Pada teks resensi yang ditulis, jelas disebutkan bahwa resensi tersebut adalah resensi cerita rakyat yang dikisahkan dari mulut ke mulut.
Kutipan isi teks: " Sementara itu, Layla dan Majnun merupakan sebuah cerita yang dikisahkan dari mulut ke mulut dan baru pada abad ke-12 dituliskan oleh seorang penyair dari Azerbaijan, Nizami Ganjavi, dalam bentuk syair. Versi Nizami inilah yang kemudian merupakan ceita yang paling populer.

Berdasarkan Teks Tersebut, Informasi Manakah yang Sesuai Dengan yang Tersaji

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 221. Tugas dalam buku ini masih tentang resensi buku.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Berdasarkan teks tersebut, informasi manakah yang sesuia dengan yang tersaji di dalam tabel berikut ?

Jawab:

a. Dilengkapi ilustrasi-ilustrasi menarik. Tidak sesuai
b. Banyak diwarnai kisah cinta yang romantik. Sesuai
c. Cocok dibaca oleh kalangan remaja. Sesuai
d. Berawal dari kisah yang disampaikan dari mulut ke mulut. Sesuai
e. Masih ada beberapa kata yang tidak dijelaskan secara jelas. Sesuai
f.Telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Sesuai
g. Bisa mendorong pembaca untuk mengingat masa lalu. Sesuai
h. Mirip-mirrip cerita dalam novel "Romeo and Juliet". Sesuai
i. Banyak menggunakan ragam bahasa klasik. Sesuai
j. Buku ini bermanfaat sebagai pengobat rindu. Sesuai

Secara Berkelompok, identifikasilah Resensi Tersebut Berdasarkan Aspek-Aspek Berikut

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 214. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi resensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas

1. a. Bacalah kembali contoh teks resensi di atas dengan baik
b. Secara berkelompok, identifikasilah resensi tersebut berdasarkan aspek-aspek berikut !
1) identitas buku
2) ringkasan isi buku
3) keunggulan buku
4) kelemahan buku
5) rekomendasi

c. Selain aspek-aspek tersebut, adakah aspek lain yang dibahas dalam resensi tersebut ? jelaskan !

2. a. Cermatilah contoh resensi lainnya, untuk buku nonfiksi !
b. Cermati unsur-unsur yang ada pada resensi tersebut!
c. Tuliskanlah hasil penilaian kamu pada teks tersebut !
d. Gunakan rubrik seperti di bawah ini !

Jawab

1. a. Saya sudah membaca teks resensi dengan baik.
b. 1. Identitas buku :
 Judul Novel: Saksi Mata
Pengarang: Suparto Brata
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tebal: x + 434 halaman
2. Ringkasan isi buku: Paragraf 2, 3,4,5,6.
3. Keunggulan buku: terletak pada paragraf 7,8, 9 dan sebagian paragraf 10
4. Kelemahan buku: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)
5. Rekomendasi: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)

c. Ada, yaitu pendahuluan pada paragraf pertama.



Untuk soal no. 2 masih dalam proses pengerjaan.

Rabu, 08 Januari 2020

Setelah membaca Kedua Cuplikan Resensi Buku di Atas, Kemukakan Karakteristik Resensi

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 halaman 210 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbandingan karakteristik dua resensi buku yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah membaca kedua cuplikan resensi buku di atas, kemukakanlah karakteristik resensi berdasarkan isi resensi dengan mengikuti format berikut !

Jawab

Isi Resensi
Teks 1: Pada teks resensi ini, peresensi mengawali dengan pendahuluan berupa pendapat umum tentang menulis. Pendapat tersebut mengatakan bahwa bakat merupakan syarat utama untuk menjadi penulis. Pendapat tersebut disanggah dengan menggunakan paragraf ke-2. Dan dipertegas pada paragraf ke-3.

Teks 2: Pada teks resensi dari buku berjudul Istanbul (Kenangan Sebuah Kota) saya melihat pendahuluan yang berupa penjelasan tentang Istanbul dan masa lalunya. Penjelasan tersebut berlanjut pada paragraf ke-2. Sedangkan paragraf ke-2 berisi tentang keadaan masayrakat Istanbul.

Tanggapan/ komtentar: Saya menganggap bahwa teks 2 lebih jelas dalam menyajikan resensi buku. Kita bisa melihat cuplikan-cuplikan dalam buku ditampilkan dalam resensi tersebut.


Carilah Makna Kata Sulit Pada Syair Tersebut Simpulkan Nilai-Nilai Moral/ Nasihat

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 177. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang makna kata sulit pada syair.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Syair Perahu

Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah

Wahai mudah kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
ke akhirat jua kekal hidupmu

Hai muda arif budiman
Hasilkan kemudi dengan pedoman
Alat perahumu jua kerjakan
Itulah jalan membetuli insan

Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengayuh taruh di situ
Supaya laju perahumu itu

Sudahlah hasil kayu dan ayar
Angkatlah pula sauh dan layar
Pada beras bekal jantanlah taksir
Niscaya sempurna jalan yang kabir

Latihan
a) Carilah makna kata sulit pada syair tersebut
b) Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada syair di atas!

Jawab

a) Kata sulit pada syair di atas antara lain:
1. madah: kata-kata pujian
2. iktikat: keyakinan yang teguh
3. tamsil: persamaan dengan umpama
4. akhirat:alam setelah kehidupan dunia
5. insan: manusia
6. ayar: air
7. taksir: kira-kira
8. kabir: mahabesar


b)  Setelah membaca bait-bait syair di atas saya menyimpulkan bahwa syair tersebut mengandung nilai-nilai moral/ nasihat yang sangat baik bagi pembacanya. Nilai tersebut berupa nasihat atau pengingat bagi manusia agar senantiasa mengingat kehidupan akhirat. Bukan hanya itu, manusia harus menjalankan kehidupan di dunia berdasarkan pertimbangan akhirat. Untuk itu, dalam melakukan aktivitas sehari-hari manusia harus berpedoman pada agama yang dianut agar sempurna kehidupan di akhirat.

Selasa, 07 Januari 2020

Setelah Kamu Membaca Teks Resensi di Atas Lakukanlah Analisis Isi Resensi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 207. Peserta didik diminta menganalisis isi resensi berdasarkan format tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Setelah kamu membaca teks resensi di atas, lakukanlah analisis isi resensi berdasarkan format tabel berikut.



Jawab

1. Judul Resensi: Berkesenian dengan Gitar
2. Identitas resensi:

Judul buku: Teknik Bermain Gitar
Penulis: Famoya
Penerbit: Terbit Terang Surabaya
Kota Penerbit: Surabaya
Tahun Terbit: 1999
Jumlah Halaman: 80

3. Pendahuluan:
Gitar merupakan sebuah alamt musik yang sangat populer dengan :Gitaris sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tidak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka. Akan tetapi, nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita-citakan.

4. Isi resensi:
Gitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk gitar memengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada munor dan mayor, melainkan dengan ketajaman perasaan dan mengatur senar gitar.


5. Keunggulan buku: Teknik Seni bermain Gitar ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaraynya saja akan mampu membedakan jenis nada,
6. Kekurangan buku: -
7. Penutup: -

Tanggapan isi resensi: Isi resensi secara keseluruhan cukup baik, namun sayangnya tidak menampilkan kekurangan buku dan penekanan pada halaman tertentu.

Latihan Carilah Makna Kata Sulit Pada Gurindam Tersebut

Soal dan jawaban dari latihan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 176 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab dua pertanyaan dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal

Latihan
a) Carilah makna kata sulit pada gurindam tersebut !
b) Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada gurindam di atas

Jawab

a) Kata-kata sulit pada gurindam antara lain:
- mulia:tinggi (tentang kedudukan, pangkat, martabat), tertinggi, terhormat
- jemu:sudah tidak suka lagi (makan, melihat, dan sebagainya) karena terlalu sering dan sebagainya
- bekal: sesuatu yang disediakan (seperti makanan, uang) untuk digunakan dalam perjalanan
- sudah bertanah: Sudah terlalu dalam
- tergelincir: terpelest

b) Gurindam 1
nilai moral/ nasihat: Untuk mengenal seseorang perhatikanlah perbuatan dan tingkah lakunya sehari-hari.
Gurindam 2
nilai moral/ nasihat: Jika ingin memperoleh ilmu dari orang lain bertanyalah, belajar, dan bertukar pikiranlah sesering mungkin dengan mereka.
Gurindam 3
nilai moral/ nasihat:  Orang yang pintar akan menjadikan dunia sebagai tempat sebaik-baiknya untuk menyiapkan bekal kehidupan di akhirat.
Gurindam 4
nilai moral/ nasihat: Jika kebencian dan iri hati sudah tertanam dalam diri seseorang, akan muncullah keburukan-keburukan dari dia.
Gurindam 5
nilai moral/ nasihat: Berbicara atau mengucapkan sesuatu sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari.
Gurindam 6
nilai moral/ nasihat: Agar bisa berpikir jernih, jangan biarkan rasa marah memenuhi diri.

Minggu, 29 Desember 2019

Diskusikan Hal Berikut Carilah Makna Kata Sulit Pada Pantun Tersebut

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 175 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang puisi rakyat yang dikenal dengan nama pantun.

Ada beberapa pertanyaan yang dibuat berdasarkan pantun-pantun ini atau pantun pada halaman 174.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Diskusikan hal berikut !
a) carilah makna kata sulit pada pantun tersebut !
b) Uraikanlah dengan bahasamu sendiri isi pantun tersebut
c) Tuliskan kembali nasihat dan ajakn yang terdapat dalam pantun !
d) Bandingkan isi nilai-nilai/ tindakan baik yang terdapat pada pantun karya nenek moyang dan karya generasi sekarang

Jawab

a) Contoh kata sulit yang jarang kita baca atau kita dengar
- selasih
- buli-buli
- tabiat
- bergalasa

b) Pantun

Jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Simpulkan Nilai Pada Pantun Berikut ! Pantun Karya Nenek Moyang

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 174. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pantun nenek moyang dan pantun baru.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Simpulkan nilai pada pantun berikut !
Pantun Karya Nenek moyang

Pantun 1
Air surut memungut bayam
Sayur diisi ke dalam kantung
jangan diikuti tabiat ayam
bertelur sebiji riuh sekampung.

Pantun 2
Baik bergalas baik tidak
Buli-buli bertali benang
Baik berbalas baik tidak
Asal budu sama dikenang

Pantun 3
Ikan nila dimakan berang-berang
Katak hijau melompat ke kiri
Jika berada di rantau orang
Baik-baik memvawa diri

Pantun 4
Akar keladi melilit selasih
Selasih tumbuh di hujung tanaman
Kalungan budi junjungan kasih
Mesra kenangan sepanjang zaman

Pantun Baru

Pantun 5
Pergi melaut membawa jala
Jala ditebar sambil mengingat
Meski hiduo banyak kendala
Haruslah kita slalu semangat

Pantun 6
Enak rasanya bubur yang hangat
Enak dimakan bersama kerupuk
Hidup memang harus semangat
Janganlah mudah kita terpuruk

Pantun 7
Kota Sampit di Kalimantan
Kota Makasar di Sulawesi
Teruslah berusaha jadi teladan
Raihlah cita raih prestasi

Pantun 8
Penghasil batik di Yogyakarta
Kalaulah Brebes penghasil beras
Berusaha terus mengejar cita
Sambil berdoa dan kerja keras


Jawab:

Nilai pada pantun di atas :
Pantun 1
Tentang orang yang suka berisik sendiri

Pantun 2
Pantun nasihat agar pandai membawa diri ketika di perantauan

Pantun 3
Pantun nasihat agar saling mengingat kebaikan teman

Pantun 4
Pantun nasihat tentang kenangan yang akan terus diingat

Pantun 5
Pantun nasihat agar selalu semangat

Pantun 6
Pantun nasihat agar bersemangat

Pantung 7
Pantun nasihat agar terus berprestasi

Pantun 8
Pantun nasihat agar terus mengejar cita-cita


Jawab