Rabu, 17 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 4,5,6

Kunci jawaban dari pembelajaran 1 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 dalam buku Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 4.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini





Ayo Berlatih

Teks berjudul “Organ Gerak Manusia dan Hewan” terdiri atas lima paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.
Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.
Contoh:

PARAGRAF 1
Ide Pokok :
Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.
Kalimat Pengembang: 
Secara umum gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup.
Berdasarkan informasi di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang dari masing-masing paragraf.

PARAGRAF 2
Ide Pokok:
Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak
Kalimat Pengembang: 
Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

PARAGRAF 3
Ide Pokok: Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.
Kalimat Pengembang: 
Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot.

PARAGRAF 4
Ide Pokok :
Tulang disebut alat gerak pasif karena tulang tidak dapat bergerak dengan sendirinya.
Kalimat Pengembang:
Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang
besar dalam sistem gerak manusia dan hewan.

PARAGRAF 5
Ide Pokok:
Otot disebut alat gerak aktif karena otot memiliki suatu senyawa kimia yang membuatnhya dapat bergerak.

Kalimat Pengembang:
Pada saat otot yang menempel pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

AYO MENULIS
Kembangkan Ide-Ide Pokok berikuti menjadi sebuah paragraf

Organ Gerak terdiri atas dua macam: 
Ada dua organ gerak manusia dan hewan yaitu organ gerak pasif dan organ gerak aktif. Tulang merupakan organ gerak pasif, sedangkan otot merupakan organ gerak aktif. Baik tulang mau[un otot memiliki fungsi masing-masing dalam sistem gerak manusia dan hewan.

Organ gerak banyak sekali fungsinya:
Organ memiliki banyak sekali fungsi. Kita bisa melakukan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya berjalan, berlari, memanjat, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.

Tanpa organ gerak, manusia tidak dapat bergerak:
Tanpa organ gerak, manusia tidak akan bisa melakukan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut disebabkan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan spontan karena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana. 

Ayo Berdiskusi
Kamu sudah berhasil menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan “Organ Gerak Manusia dan Hewan” di atas. Sekarang, coba diskusikan dengan temanmu tentang Ide Pokok suatu bacaan.
Diskusikan tentang hal-hal berikut:

1. Pengertian Ide Pokok Bacaan
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf.

2. Fungsi Ide Pokok Bacaan:
Untuk memberikan informasi kepada pembaca perihal ide/tema/gagasan dari penulis.

3. Cara menentukan Ide Pokok Bacaan
Dengan membaca secara perlahan-lahan setiap kalimat dengan hati-hati.

Tuliskan Kesimpulan yang dapat kalian ambil dari diskusi ini
Ide Pokok merupakan gagasan utama dari sebuah paragraf. Ia harus memberikan informasi yang jelas kepada pembaca, agar mendapat gambaran awal perihal tema dari sebuah paragraf. Kita bisa menentukan ide pokok dengan membaca paragraf awal.

Minggu, 14 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 123

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 5 halaman 123. Kalian diminta mengerjakan soal dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Amati gambar dan baca teks dalam hati

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.
Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Menurut saya, persahabatan mereka sangat tulus karena tidak memandang perbedaan budaya, suku dan agama. Persahabatan seperti itu sangat penting bagi anak-anak Indonesia.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Pernah, teman saya beragama Katolik. Suatu hari, kami harus mengerjakan tugas dari guru yang mengharuskan kami saling bekerja sama.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Cerita di atas mengajarkan kepada kita akan pentingnya saling menghargai perbedaan di antara sesama manusia khususnya sahabat. Jika itu bisa dilakukan, tujuan kita akan tercapai.

Ayo menulis (Halaman 125)
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut

Paragraf 1
Gagasan pokok:Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung: 
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 
Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Ringkasan

Berbeda dengan hari Minggu sebelumnya, hari ini suasana sekolah tampak riuh oleh suara para siswa. Mereka mempersiapkan lomba. Pada hari Senin, sekolah menggelar lomba kebersihan dalam rangka hari kemerdekaan. .

Anak-anak datang pagi-pagi sekali. Karena pergi ke gereja, Edo dan Martha belum nampak di sekolah. Teman-teman memberi izin. Udin  Siti datang ke sekolah dengan membawa hiasan yang telah disiapkan oleh Edo dan Martha. Meskipun Edo dan Martha belum hadir, mereka tetap melanjutkan kegiatan menghias dengan penuh semangat, yang penting kelas bersih dan indah.

Siang hari, Edo dan Martha sudah berada di tengah-tengah para siswa. Udin dan teman-teman semakin giat menghias sesuai tugas masing-masing. Saat azan Zuhur berkumandang, Udin, Siti dan teman-teman muslim bergegas menunaikan salat. Edo, Martha, Dayu dan teman yang tidak beragama Islam melanjutkan tugasnya. Suasana tetap seru dan menyenangkan. Walau berbeda agama, pekerjaan menghias akhirnya selesai. Kelas terlihat indah dan bersih.

Jumat, 12 Juni 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 110,111, 113,114

Halo Assalamualaikum anak-anak, peserta didik kelas 4 SD, masih tetap semangat ? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar be3rsama tentang pembelajaran 4 subtema 2 tema 1 Kelas 4 Halaman 110, 111.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini 



Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.

Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari
kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi
ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitupun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut. 

Paragraf 1
Gagasan pokok: Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung:
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 

Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Ayo Berdiskusi (Halaman 113)
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas. 

1. Kerja sama membangun masjid
2. Kerja sama membangun jembatan
3. Kerja sama membangun jalan
4. Kerja sama membangun poskamling
5. Kerja sama membersihkan lingkungan sekitar.

Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini
memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya. 
Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Ukurlah besarnya sudut dengan menggunakan busur!
Mengukur Susut Pada Rumah Gadang
Bagian rumah GadangPrediksikuBesar Sudut Sebenarnya
Bagian atap50°40°
Bagian pondasi160°140°
Bagian pondasi sebelah kanan90°90°



Gambar pertama
sudut A : 60 derajat
sudut B : 60 derajat
sudut C : 60 derajat

Gambar kedua

Sudut A : 90 derajat
Sudut B : 90 derajat
Sudut C : 135 derajat
Sudut D : 140 derajat
Sudut E : 90 derajat

Kamis, 11 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 101, 106

Halo anak-anak kelas 4 SD, kita berjumpa lagi di blog ini. Kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam pembeljaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 101, 106.

Kalian pasti bisa mengerjakan, namun jika masih belum bisa kalian bisa memperhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
Tidak berhasil. Karena kami tidak kompak.
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Pengaruh gerak sangat penting, agar serempak dan berhasil mencapai tujuan.
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Menyamakan gerak dengan teman-teman lain.
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Sikap saya, saling memberi semangat.

Ayo Membaca (Halaman 106)
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini
Gagasan Pendukung: 
  1. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. 
  2. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. 
  3. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. 
  4. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Paragraf 2
Gagasan Pokok:  Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
Gagasan Pendukung:
  1. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. 
  2. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. 
  3. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. 
  4. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
Paragraf 3
Gagasan Pokok: Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. 
Gagasan pendukung: 
  1. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru.
  2.  Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. 
  3. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 88,93

Halo anak-anak kelas 4, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 kelas 4 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 88.

Kalian harus mengerjakan soal dengan benar ya. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Ayo Berdiskusi (Halaman 88)

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut

Keberagaman -> Agama - Budaya - Suku Bangsa

Kerjasama -> Saling membantu - saling membahu - Saling mendukung

Manfaat kerjasama -> Pekerjaan cepat selesai - kerukunan warga terjalin - memperkuat persatuan dan kesatuan
Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
1. Apa itu kerjasama? 
Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

2. Apa manfaat kerjasama?
Pekerjaan menjadi lebih ringan
Pekerjaan cepat selesai
Kerukunan warga terjalin
Memperkuat persatuan dan kesatuan

3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Saling menolong seama warga masyarakat.
Bahau membahu membangun
Saling mendukung

Ceritakan satu bentuk kerjasama yang di lakukan di tempat tinggalmu.
Kerja bakti

Halaman 93



Besar sudut BOC adalah  45 derajat
Besar sudut COD adalah 45 derajat
Besar sudut DOE adalah 45 derajat

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!
Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

No.Nama BendaPerkiraan Besar SusutBesar Sudut Hasil PengukuranJenis Sudut
1.Ujung buku90º90ºSiku-siku
2.Ujung Penggaris Segitiga60º60ºTumpul
3.Bendera Semaphore90º90ºSiku-siku
4.Staples35º40ºLancip
5.Papan Tulis90º90ºSiku-siku

Kamis, 04 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 84

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keragaman pembelajaran 1 halaman 76,77, 84. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Membaca (Halaman 77)

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi
Gagasan pendukung: 
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya.  
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3.  Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4.  Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. 
  5. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.


Bacalah Paragraf kedua dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. 
Gagasan pendukung:
  1. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. 
  2. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. 
  3. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. 
  4. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  5. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah.
  6. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
Gagasan pendukung: 
  1. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. 
  2. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  3.  Semuanya ikut bagian dalam percobaan. 
  4. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. 
  5. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. 
  6. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. 
  7. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Halaman 84

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Tidak. Enam sekawan tersebut tetap berteman dan bekerja sama. Hal itu bisa terjadi karena setiap orang saling menghargai setiap berbedaan yang ada termasuk perbedaan dalam hal agama.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Biasa saja. Kita harus saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Teman saya beragama Katolik. Perbedaan di antara kita terletak pada cara beribadah, tanggal hari raya dan beberapa perbedaan lainnya. Terhadap perbedan tersebut, saya tetap saling menghargai dan berusaha tidak menyinggung perasaannya.

Rabu, 03 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 66

Soal dan jawaban dari pembelajaran 6 subtema 1 tema 1 kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 66. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Paragraf 1 
Gagasan Pokok: Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat.
Gagasan Pendukung:
  1. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. 
  2. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. 
  3. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku
  4. Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang
disebut Rumah Gadang.
Gagasan Pendukung:
  1. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. 
  2. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. 
  3. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.
  4. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.


Paragraf 3 
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang
disebut talempong.
Gagasan Pendukung: 
  1. Talempong dimainkan dengan cara dipukul.
  2.  Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.


Paragraf 4
Gagasan Pokok: Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari
Pasambahan dan tari Piring.
Gagasan Pendukung:  Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Paragraf 5
Gagasan Pokok: Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya.
Gagasan Pendukung:
  1. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. 
  2. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah, gagasan pokok memuat informasi terpenting dari sebuah paragraf. Sementara gagasan pendukung, bersifat menjelaskan informasi penting tersebut.

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang!

Suku Minang terdapat di Sumatera Barat. Suku minang disebut juga orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah mereka adalah bahasa Minang. Rumah adat suku Minang adalah rumah Gadang yang memiliki  atap melengkung seperti perahu yang disebut bagonjong.

Alat musik suku Minang adalah tampong dan saluang. Beberapa jenis tarian daerah merekan antara lain tari Piring dan tari Pasambahan. Suku Minang juga terkanal dengan makanannya misalnya rendang dan sate padang.

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 59,60, 63

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 59,60,63

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?
Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

1. Apakah warung makan padang berasal dari suku Minang?
2. Siapa saja tokoh nasional terkenal dari Minang?
3. Apakah di Minang masih ada tradisi gotong royong?
4. Apakah anak-anak masih ada yang belajar tari-tarian Minang?
5. Apakah anak-anak masih memegang teguh tradisi minang?

Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.
Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

1. Di daerah kami ada kesenian tradisional Angguk, tari gambyong
2. Di daerah kami ada tradisi sedekah bumi
3. Di daerah kami ada tradisi boyong grobog
4. Di daerah kami ada tradisi sekaten
5. Masih ada gotong royon di daerah kami
6. Mayoritas adalah suku jawa
7. Ada suku lain yaitu Tionghoa
8. Terdapat tempat ibadah bernama kelenteng

Ayo Berdiskusi (Halaman 63) 
Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut. 

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan?
Jelaskan.

Senin, 01 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 46,48,50, 51, 56

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 SD tema 1 Subtema 1 pembelajaran 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 46.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional

Temukan segi banyak pada kain-kain di atas
1. Persegi
2. Jajar genjang
3. segitiga

Halaman 48
Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas.
Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

 Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak
tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Halaman 50
Kerjakan latihan berikut.

1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

a. Segitiga
b. Persegi
c. segi lima
d. Segi 6
e. lingkaran
f. segi delapan

Ayo membaca (halaman 51)
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Paragraf 1
Gagasan Pokok: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung:Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu
Gagasan Pendukung:Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.



Paragraf 3
Gagasan Pokok: Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan Pendukung:

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. 
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. 
Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Ayo Mengamati (Halaman 55)

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan
berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
•• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
•• Bandingkan hasilnya.
Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Sebatang lidi tidak bisa digunakan untuk menyapu.

Halaman 56
Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. 

 Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan  Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
 kerja bakti mementingkan kepentingan sendiri

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
akan mampu meraih tujuan bersama
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Akan terjadi banyak masalah

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 4 Halaman 35,36,40,42

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud mulai halaman 35, 36,40, 42. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Ayo Berdiskusi (Halaman 35)

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Saya tertarik karena permainan tersebut membuat saya bisa berolahraga sehingga membuat tubuh saya sehat.
2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Aturan Benteng-bentengan: peserta permainan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok memiliki 1 beteng. Keduanya harus berjuang untuk merebut benteng musuh. Siapa yang berhasil merebut benteng musuh, berarti dia pemenangnya
Aturan Gobak sodor: Hampir sama dengan aturan benteng-bentengan, cuma pemenannya adalah kelompok yang berhasil melewati garis finish.
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
Dengan berolahraga dan berlari sekencang mungkin
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jika menang, bergembira dan bersorak sorai sewajarnya saja. Jika kalah, mengakui kemenangan lawan dan tidak bersedih hati.
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Kita bisa berolahraga, belajar bekerja sama, berlatih strategi dan bersabar.

Halaman 36
Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memilik musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?

Bunyi masuk ke liang telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar.
  1. Gendang telinga bergetar oleh bunyi.
  2. Getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.
  3. Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam rumah siput bergetar.
  4. Getaran cairan menyebabkan sel rambut melengkung. Sel rambut menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Sel rambut pada salah satu ujung rumah siput mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
  5. Saraf auditori mengirim sinyal ke otak di mana sinyal ditafsirkan sebagai bunyi
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

1. Mengapa telinga bisa mendengar suara?
2. Apakah telinga manusia bisa mendengar suara yang sangat keras dan sangat pelan ?

Halaman 40

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Udara, zat cair, zat padat
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Media paling umum untuk merambatkan bunyi adalah gas/udara. bunyi dapat merambat pada benda cair maupun padat juga
Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama. ... Perbedaan ini disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi getaran yang menyebabkan timbulnya gelombang suara
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
 Bunyi merambat sebagai sebuah gelombang, bunyi memerlukan medium untuk merambat

Halaman 42

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Musim hujan hampir tiba
Gagasan pendukung: 
  1. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi
  2. untuk melakukan kerja bakti. 
  3. Mereka berencana membersihkan selokan.
  4. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Paragraf 2
Gagasan pokok : Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan
Gagasan pendukung:
Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. 
Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. 
Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.

Paragraf 3
Gagasan pokok : Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untukmenikmati teh hangat
dan pisang goreng
Gagasan pendukung:
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. 
Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.