Halo Assalamualaikum anak-anak, peserta didik kelas 4 SD, masih tetap semangat ? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar be3rsama tentang pembelajaran 4 subtema 2 tema 1 Kelas 4 Halaman 110, 111.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini
Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari
kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi
ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitupun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut.
Paragraf 1
Gagasan pokok: Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung:
- Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
- Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan.
- Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak.
- Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah.
- Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir.
Gagasan pendukung:
- Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat.
- Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat.
- Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi.
- Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan.
- Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan.
- Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik.
- Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai.
Gagasan pendukung:
- Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas.
- Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka.
- Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah.
- Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa.
- Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya.
- Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas.
- Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
- Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
- Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Ayo Berdiskusi (Halaman 113)
Duduklah dalam kelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Carilah informasi tentang salah satu kerja sama di lingkunganmu. Presentasikan hasilnya di depan kelas.
1. Kerja sama membangun masjid
2. Kerja sama membangun jembatan
3. Kerja sama membangun jalan
4. Kerja sama membangun poskamling
5. Kerja sama membersihkan lingkungan sekitar.
Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini
memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya.
Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Ukurlah besarnya sudut dengan menggunakan busur!
Mengukur Susut Pada Rumah Gadang | ||
---|---|---|
Bagian rumah Gadang | Prediksiku | Besar Sudut Sebenarnya |
Bagian atap | 50° | 40° |
Bagian pondasi | 160° | 140° |
Bagian pondasi sebelah kanan | 90° | 90° |
Gambar pertama
sudut A : 60 derajat
sudut B : 60 derajat
sudut C : 60 derajat
Gambar kedua
Sudut A : 90 derajat
Sudut B : 90 derajat
Sudut C : 135 derajat
Sudut D : 140 derajat
Sudut E : 90 derajat