Sunday, June 14, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 123

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 pembelajaran 5 halaman 123. Kalian diminta mengerjakan soal dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Amati gambar dan baca teks dalam hati

Udin, Edo, dan Beni merupakan sahabat dekat. Mereka berasal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Mereka juga memeluk keyakinan yang berbeda pula. Udin beragama Islam, Edo beragama Katolik, sedangkan Beni beragama Kristen.
Perbedaan budaya dan agama bukanlah merupakan penghalang bagi mereka untuk bekerja sama. Mereka saling bahu-membahu mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan bersamasama.

Pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang lalu, Udin, Edo, dan Beni mewakili kelasnya dalam perlombaan Bakiak beregu. Sebelum berlomba mereka bersama-sama mendiskusikan dan merancang strategi agar mereka dapat meraih prestasi dalam lomba tersebut. Mereka pun secara bersama-sama menunjukkan usaha terbaik ketika lomba berlangsung. Alhasil, tim mereka meraih juara dalam lomba tersebut.

Jawab pertanyaan berikut.
1. Bagaimana pendapatmu tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni?
Menurut saya, persahabatan mereka sangat tulus karena tidak memandang perbedaan budaya, suku dan agama. Persahabatan seperti itu sangat penting bagi anak-anak Indonesia.

2. Apakah kamu pernah mempunyai pengalaman bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda agama?
Jika pernah, ceritakan secara tertulis.
Pernah, teman saya beragama Katolik. Suatu hari, kami harus mengerjakan tugas dari guru yang mengharuskan kami saling bekerja sama.
Jika belum pernah, tuliskan sikapmu jika suatu hari mempunyai kesempatan bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

3. Apa yang dapat kamu pelajari dari cerita di atas?
Cerita di atas mengajarkan kepada kita akan pentingnya saling menghargai perbedaan di antara sesama manusia khususnya sahabat. Jika itu bisa dilakukan, tujuan kita akan tercapai.

Ayo menulis (Halaman 125)
Kamu masih ingat tentang cerita ‘Perbedaan Bukanlah Penghalang’?
Apa hal penting yang kamu ketahui dari cerita tersebut? Diskusikan dengan teman secara berpasangan.
Setelah itu, buatlah ringkasan tentang cerita tersebut

Paragraf 1
Gagasan pokok:Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai.
Gagasan pendukung: 
  1. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing.
  2.  Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. 
  3. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. 
  4. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. 
  5. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.

Paragraf 2
Gagasan pokok:Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. 
Gagasan pendukung:
  1. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. 
  2. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. 
  3. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. 
  4. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. 
  5. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. 
  6. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. 
  7. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka. 
Paragraf 3
Gagasan pokok:Siang hari sekolah semakin ramai. 
Gagasan pendukung: 
  1. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. 
  2.  Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara  mereka. 
  3. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. 
  4. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. 
  5. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. 
  6. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. 
  7. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak.
  8.  Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan.
  9.  Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.

Ringkasan

Berbeda dengan hari Minggu sebelumnya, hari ini suasana sekolah tampak riuh oleh suara para siswa. Mereka mempersiapkan lomba. Pada hari Senin, sekolah menggelar lomba kebersihan dalam rangka hari kemerdekaan. .

Anak-anak datang pagi-pagi sekali. Karena pergi ke gereja, Edo dan Martha belum nampak di sekolah. Teman-teman memberi izin. Udin  Siti datang ke sekolah dengan membawa hiasan yang telah disiapkan oleh Edo dan Martha. Meskipun Edo dan Martha belum hadir, mereka tetap melanjutkan kegiatan menghias dengan penuh semangat, yang penting kelas bersih dan indah.

Siang hari, Edo dan Martha sudah berada di tengah-tengah para siswa. Udin dan teman-teman semakin giat menghias sesuai tugas masing-masing. Saat azan Zuhur berkumandang, Udin, Siti dan teman-teman muslim bergegas menunaikan salat. Edo, Martha, Dayu dan teman yang tidak beragama Islam melanjutkan tugasnya. Suasana tetap seru dan menyenangkan. Walau berbeda agama, pekerjaan menghias akhirnya selesai. Kelas terlihat indah dan bersih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon