Thursday, June 11, 2020

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 101, 106

Halo anak-anak kelas 4 SD, kita berjumpa lagi di blog ini. Kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam pembeljaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 101, 106.

Kalian pasti bisa mengerjakan, namun jika masih belum bisa kalian bisa memperhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
Tidak berhasil. Karena kami tidak kompak.
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Pengaruh gerak sangat penting, agar serempak dan berhasil mencapai tujuan.
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Menyamakan gerak dengan teman-teman lain.
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Sikap saya, saling memberi semangat.

Ayo Membaca (Halaman 106)
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini
Gagasan Pendukung: 
  1. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. 
  2. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. 
  3. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. 
  4. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Paragraf 2
Gagasan Pokok:  Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
Gagasan Pendukung:
  1. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. 
  2. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. 
  3. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. 
  4. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
Paragraf 3
Gagasan Pokok: Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. 
Gagasan pendukung: 
  1. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru.
  2.  Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. 
  3. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon