Senin, 01 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 46,48,50, 51, 56

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 SD tema 1 Subtema 1 pembelajaran 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 46.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional

Temukan segi banyak pada kain-kain di atas
1. Persegi
2. Jajar genjang
3. segitiga

Halaman 48
Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas.
Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

 Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak
tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Halaman 50
Kerjakan latihan berikut.

1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

a. Segitiga
b. Persegi
c. segi lima
d. Segi 6
e. lingkaran
f. segi delapan

Ayo membaca (halaman 51)
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Paragraf 1
Gagasan Pokok: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung:Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu
Gagasan Pendukung:Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.



Paragraf 3
Gagasan Pokok: Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan Pendukung:

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. 
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. 
Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Ayo Mengamati (Halaman 55)

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan
berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
•• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
•• Bandingkan hasilnya.
Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Sebatang lidi tidak bisa digunakan untuk menyapu.

Halaman 56
Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. 

 Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan  Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
 kerja bakti mementingkan kepentingan sendiri

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
akan mampu meraih tujuan bersama
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Akan terjadi banyak masalah

Artikel Terkait