Senin, 01 Juni 2020

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 4 Halaman 35,36,40,42

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud mulai halaman 35, 36,40, 42. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Ayo Berdiskusi (Halaman 35)

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Saya tertarik karena permainan tersebut membuat saya bisa berolahraga sehingga membuat tubuh saya sehat.
2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Aturan Benteng-bentengan: peserta permainan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok memiliki 1 beteng. Keduanya harus berjuang untuk merebut benteng musuh. Siapa yang berhasil merebut benteng musuh, berarti dia pemenangnya
Aturan Gobak sodor: Hampir sama dengan aturan benteng-bentengan, cuma pemenannya adalah kelompok yang berhasil melewati garis finish.
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
Dengan berolahraga dan berlari sekencang mungkin
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jika menang, bergembira dan bersorak sorai sewajarnya saja. Jika kalah, mengakui kemenangan lawan dan tidak bersedih hati.
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Kita bisa berolahraga, belajar bekerja sama, berlatih strategi dan bersabar.

Halaman 36
Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memilik musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?

Bunyi masuk ke liang telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar.
  1. Gendang telinga bergetar oleh bunyi.
  2. Getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.
  3. Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam rumah siput bergetar.
  4. Getaran cairan menyebabkan sel rambut melengkung. Sel rambut menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Sel rambut pada salah satu ujung rumah siput mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
  5. Saraf auditori mengirim sinyal ke otak di mana sinyal ditafsirkan sebagai bunyi
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

1. Mengapa telinga bisa mendengar suara?
2. Apakah telinga manusia bisa mendengar suara yang sangat keras dan sangat pelan ?

Halaman 40

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Udara, zat cair, zat padat
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Media paling umum untuk merambatkan bunyi adalah gas/udara. bunyi dapat merambat pada benda cair maupun padat juga
Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama. ... Perbedaan ini disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi getaran yang menyebabkan timbulnya gelombang suara
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
 Bunyi merambat sebagai sebuah gelombang, bunyi memerlukan medium untuk merambat

Halaman 42

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Musim hujan hampir tiba
Gagasan pendukung: 
  1. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi
  2. untuk melakukan kerja bakti. 
  3. Mereka berencana membersihkan selokan.
  4. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Paragraf 2
Gagasan pokok : Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan
Gagasan pendukung:
Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. 
Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. 
Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.

Paragraf 3
Gagasan pokok : Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untukmenikmati teh hangat
dan pisang goreng
Gagasan pendukung:
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. 
Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.

Artikel Terkait