Kamis, 04 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 84

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keragaman pembelajaran 1 halaman 76,77, 84. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Membaca (Halaman 77)

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi
Gagasan pendukung: 
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya.  
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3.  Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4.  Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. 
  5. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.


Bacalah Paragraf kedua dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. 
Gagasan pendukung:
  1. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. 
  2. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. 
  3. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. 
  4. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  5. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah.
  6. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
Gagasan pendukung: 
  1. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. 
  2. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  3.  Semuanya ikut bagian dalam percobaan. 
  4. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. 
  5. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. 
  6. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. 
  7. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Halaman 84

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Tidak. Enam sekawan tersebut tetap berteman dan bekerja sama. Hal itu bisa terjadi karena setiap orang saling menghargai setiap berbedaan yang ada termasuk perbedaan dalam hal agama.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Biasa saja. Kita harus saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Teman saya beragama Katolik. Perbedaan di antara kita terletak pada cara beribadah, tanggal hari raya dan beberapa perbedaan lainnya. Terhadap perbedan tersebut, saya tetap saling menghargai dan berusaha tidak menyinggung perasaannya.

Artikel Terkait