Kamis, 09 Januari 2020

Berdasarkan Teks Tersebut, Informasi Manakah yang Sesuai Dengan yang Tersaji

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 221. Tugas dalam buku ini masih tentang resensi buku.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Berdasarkan teks tersebut, informasi manakah yang sesuia dengan yang tersaji di dalam tabel berikut ?

Jawab:

a. Dilengkapi ilustrasi-ilustrasi menarik. Tidak sesuai
b. Banyak diwarnai kisah cinta yang romantik. Sesuai
c. Cocok dibaca oleh kalangan remaja. Sesuai
d. Berawal dari kisah yang disampaikan dari mulut ke mulut. Sesuai
e. Masih ada beberapa kata yang tidak dijelaskan secara jelas. Sesuai
f.Telah mengalami cetak ulang beberapa kali. Sesuai
g. Bisa mendorong pembaca untuk mengingat masa lalu. Sesuai
h. Mirip-mirrip cerita dalam novel "Romeo and Juliet". Sesuai
i. Banyak menggunakan ragam bahasa klasik. Sesuai
j. Buku ini bermanfaat sebagai pengobat rindu. Sesuai

Secara Berkelompok, identifikasilah Resensi Tersebut Berdasarkan Aspek-Aspek Berikut

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 214. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi resensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas

1. a. Bacalah kembali contoh teks resensi di atas dengan baik
b. Secara berkelompok, identifikasilah resensi tersebut berdasarkan aspek-aspek berikut !
1) identitas buku
2) ringkasan isi buku
3) keunggulan buku
4) kelemahan buku
5) rekomendasi

c. Selain aspek-aspek tersebut, adakah aspek lain yang dibahas dalam resensi tersebut ? jelaskan !

2. a. Cermatilah contoh resensi lainnya, untuk buku nonfiksi !
b. Cermati unsur-unsur yang ada pada resensi tersebut!
c. Tuliskanlah hasil penilaian kamu pada teks tersebut !
d. Gunakan rubrik seperti di bawah ini !

Jawab

1. a. Saya sudah membaca teks resensi dengan baik.
b. 1. Identitas buku :
 Judul Novel: Saksi Mata
Pengarang: Suparto Brata
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tebal: x + 434 halaman
2. Ringkasan isi buku: Paragraf 2, 3,4,5,6.
3. Keunggulan buku: terletak pada paragraf 7,8, 9 dan sebagian paragraf 10
4. Kelemahan buku: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)
5. Rekomendasi: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)

c. Ada, yaitu pendahuluan pada paragraf pertama.



Untuk soal no. 2 masih dalam proses pengerjaan.

Rabu, 08 Januari 2020

Setelah membaca Kedua Cuplikan Resensi Buku di Atas, Kemukakan Karakteristik Resensi

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 halaman 210 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbandingan karakteristik dua resensi buku yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah membaca kedua cuplikan resensi buku di atas, kemukakanlah karakteristik resensi berdasarkan isi resensi dengan mengikuti format berikut !

Jawab

Isi Resensi
Teks 1: Pada teks resensi ini, peresensi mengawali dengan pendahuluan berupa pendapat umum tentang menulis. Pendapat tersebut mengatakan bahwa bakat merupakan syarat utama untuk menjadi penulis. Pendapat tersebut disanggah dengan menggunakan paragraf ke-2. Dan dipertegas pada paragraf ke-3.

Teks 2: Pada teks resensi dari buku berjudul Istanbul (Kenangan Sebuah Kota) saya melihat pendahuluan yang berupa penjelasan tentang Istanbul dan masa lalunya. Penjelasan tersebut berlanjut pada paragraf ke-2. Sedangkan paragraf ke-2 berisi tentang keadaan masayrakat Istanbul.

Tanggapan/ komtentar: Saya menganggap bahwa teks 2 lebih jelas dalam menyajikan resensi buku. Kita bisa melihat cuplikan-cuplikan dalam buku ditampilkan dalam resensi tersebut.


Carilah Makna Kata Sulit Pada Syair Tersebut Simpulkan Nilai-Nilai Moral/ Nasihat

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 177. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang makna kata sulit pada syair.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Syair Perahu

Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah

Wahai mudah kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
ke akhirat jua kekal hidupmu

Hai muda arif budiman
Hasilkan kemudi dengan pedoman
Alat perahumu jua kerjakan
Itulah jalan membetuli insan

Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengayuh taruh di situ
Supaya laju perahumu itu

Sudahlah hasil kayu dan ayar
Angkatlah pula sauh dan layar
Pada beras bekal jantanlah taksir
Niscaya sempurna jalan yang kabir

Latihan
a) Carilah makna kata sulit pada syair tersebut
b) Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada syair di atas!

Jawab

a) Kata sulit pada syair di atas antara lain:
1. madah: kata-kata pujian
2. iktikat: keyakinan yang teguh
3. tamsil: persamaan dengan umpama
4. akhirat:alam setelah kehidupan dunia
5. insan: manusia
6. ayar: air
7. taksir: kira-kira
8. kabir: mahabesar


b)  Setelah membaca bait-bait syair di atas saya menyimpulkan bahwa syair tersebut mengandung nilai-nilai moral/ nasihat yang sangat baik bagi pembacanya. Nilai tersebut berupa nasihat atau pengingat bagi manusia agar senantiasa mengingat kehidupan akhirat. Bukan hanya itu, manusia harus menjalankan kehidupan di dunia berdasarkan pertimbangan akhirat. Untuk itu, dalam melakukan aktivitas sehari-hari manusia harus berpedoman pada agama yang dianut agar sempurna kehidupan di akhirat.

Selasa, 07 Januari 2020

Setelah Kamu Membaca Teks Resensi di Atas Lakukanlah Analisis Isi Resensi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 207. Peserta didik diminta menganalisis isi resensi berdasarkan format tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Setelah kamu membaca teks resensi di atas, lakukanlah analisis isi resensi berdasarkan format tabel berikut.



Jawab

1. Judul Resensi: Berkesenian dengan Gitar
2. Identitas resensi:

Judul buku: Teknik Bermain Gitar
Penulis: Famoya
Penerbit: Terbit Terang Surabaya
Kota Penerbit: Surabaya
Tahun Terbit: 1999
Jumlah Halaman: 80

3. Pendahuluan:
Gitar merupakan sebuah alamt musik yang sangat populer dengan :Gitaris sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tidak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka. Akan tetapi, nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita-citakan.

4. Isi resensi:
Gitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk gitar memengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada munor dan mayor, melainkan dengan ketajaman perasaan dan mengatur senar gitar.


5. Keunggulan buku: Teknik Seni bermain Gitar ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaraynya saja akan mampu membedakan jenis nada,
6. Kekurangan buku: -
7. Penutup: -

Tanggapan isi resensi: Isi resensi secara keseluruhan cukup baik, namun sayangnya tidak menampilkan kekurangan buku dan penekanan pada halaman tertentu.

Latihan Carilah Makna Kata Sulit Pada Gurindam Tersebut

Soal dan jawaban dari latihan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 176 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab dua pertanyaan dengan benar.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal

Latihan
a) Carilah makna kata sulit pada gurindam tersebut !
b) Simpulkan nilai-nilai moral/ nasihat yang terdapat pada gurindam di atas

Jawab

a) Kata-kata sulit pada gurindam antara lain:
- mulia:tinggi (tentang kedudukan, pangkat, martabat), tertinggi, terhormat
- jemu:sudah tidak suka lagi (makan, melihat, dan sebagainya) karena terlalu sering dan sebagainya
- bekal: sesuatu yang disediakan (seperti makanan, uang) untuk digunakan dalam perjalanan
- sudah bertanah: Sudah terlalu dalam
- tergelincir: terpelest

b) Gurindam 1
nilai moral/ nasihat: Untuk mengenal seseorang perhatikanlah perbuatan dan tingkah lakunya sehari-hari.
Gurindam 2
nilai moral/ nasihat: Jika ingin memperoleh ilmu dari orang lain bertanyalah, belajar, dan bertukar pikiranlah sesering mungkin dengan mereka.
Gurindam 3
nilai moral/ nasihat:  Orang yang pintar akan menjadikan dunia sebagai tempat sebaik-baiknya untuk menyiapkan bekal kehidupan di akhirat.
Gurindam 4
nilai moral/ nasihat: Jika kebencian dan iri hati sudah tertanam dalam diri seseorang, akan muncullah keburukan-keburukan dari dia.
Gurindam 5
nilai moral/ nasihat: Berbicara atau mengucapkan sesuatu sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari.
Gurindam 6
nilai moral/ nasihat: Agar bisa berpikir jernih, jangan biarkan rasa marah memenuhi diri.

Minggu, 29 Desember 2019

Diskusikan Hal Berikut Carilah Makna Kata Sulit Pada Pantun Tersebut

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 5 halaman 175 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang puisi rakyat yang dikenal dengan nama pantun.

Ada beberapa pertanyaan yang dibuat berdasarkan pantun-pantun ini atau pantun pada halaman 174.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Diskusikan hal berikut !
a) carilah makna kata sulit pada pantun tersebut !
b) Uraikanlah dengan bahasamu sendiri isi pantun tersebut
c) Tuliskan kembali nasihat dan ajakn yang terdapat dalam pantun !
d) Bandingkan isi nilai-nilai/ tindakan baik yang terdapat pada pantun karya nenek moyang dan karya generasi sekarang

Jawab

a) Contoh kata sulit yang jarang kita baca atau kita dengar
- selasih
- buli-buli
- tabiat
- bergalasa

b) Pantun

Jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Simpulkan Nilai Pada Pantun Berikut ! Pantun Karya Nenek Moyang

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 174. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pantun nenek moyang dan pantun baru.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Simpulkan nilai pada pantun berikut !
Pantun Karya Nenek moyang

Pantun 1
Air surut memungut bayam
Sayur diisi ke dalam kantung
jangan diikuti tabiat ayam
bertelur sebiji riuh sekampung.

Pantun 2
Baik bergalas baik tidak
Buli-buli bertali benang
Baik berbalas baik tidak
Asal budu sama dikenang

Pantun 3
Ikan nila dimakan berang-berang
Katak hijau melompat ke kiri
Jika berada di rantau orang
Baik-baik memvawa diri

Pantun 4
Akar keladi melilit selasih
Selasih tumbuh di hujung tanaman
Kalungan budi junjungan kasih
Mesra kenangan sepanjang zaman

Pantun Baru

Pantun 5
Pergi melaut membawa jala
Jala ditebar sambil mengingat
Meski hiduo banyak kendala
Haruslah kita slalu semangat

Pantun 6
Enak rasanya bubur yang hangat
Enak dimakan bersama kerupuk
Hidup memang harus semangat
Janganlah mudah kita terpuruk

Pantun 7
Kota Sampit di Kalimantan
Kota Makasar di Sulawesi
Teruslah berusaha jadi teladan
Raihlah cita raih prestasi

Pantun 8
Penghasil batik di Yogyakarta
Kalaulah Brebes penghasil beras
Berusaha terus mengejar cita
Sambil berdoa dan kerja keras


Jawab:

Nilai pada pantun di atas :
Pantun 1
Tentang orang yang suka berisik sendiri

Pantun 2
Pantun nasihat agar pandai membawa diri ketika di perantauan

Pantun 3
Pantun nasihat agar saling mengingat kebaikan teman

Pantun 4
Pantun nasihat tentang kenangan yang akan terus diingat

Pantun 5
Pantun nasihat agar selalu semangat

Pantun 6
Pantun nasihat agar bersemangat

Pantung 7
Pantun nasihat agar terus berprestasi

Pantun 8
Pantun nasihat agar terus mengejar cita-cita


Jawab

30+ Puisi Cita Cita Menjadi Guru untuk Anak SD

Puisi merupakan kata-kata yang disusun sedemikian rupa. Penulis menuliskannya dengan penuh perasaan dan penghayatan sehingga lahirlah kata-kata yang terpilih yang juga mampu menggugah perasaan para pembacanya.

Bagi peserta didik usia sekolah Dasar, sungguh penting sekali mengajarkan sastra puisi kepada mereka. Tidak perlu muluk-muluk akan tertulis kata-kata yang sangat indah di buku-buku mereka, kita tanamkan terlebih dahulu kegemaran menuangkan ide dan imajinasi dalam puisi.



Puisi-puisi di bawah ini bukan contoh karya sastra terbaik yang ada di dunia ini, hanya sepercik gerimis dalam keindahan karya sastra puisi. Puisi tentang cita-cita menjadi guru, bagi anak-anak kita yang masih dalam tahap sekolah dasar.

Tuhan, izinkan aku menjadi Guru

Aku anak kecil
yang tumbuh besar
di rumah
dalam hangatnya kasih sayang ayah
ibu

Di sekolah
aku menjadi murid yang patuh
kepada para guru

Mereka sosok pintar dan penyabar
tanpa lelah berbicara dan berdialog
dengan kami

Mereka juga begitu sabar
mengajari kami
ilmu-ilmu baru
yang membuat diriku takjub

Bahagia rasanya jika
kelak aku bisa seperti mereka
mengajarkan ilmu kepada para siswa
agar mampu mengarungi hidup
di dunia dan di akhirat

Tuhan, izinkan aku menjadi Guru


Cita-Citaku Menjadi Guru

Kelak jika besar
cita-citaku hendak menjadi guru

Berseragam rapi sekali
berbekal ilmu
Setiap pagi berangkat ke sekolah
mengajarkan ilmu-ilmu
matematika, bahasa Indonesia
dan sebagainya

Para muridku yang semula tak bisa membaca
akan aku ajari menulis abjad
juga menulis angka
demi masa depan mereka
demi kebahagiaan mereka

Dunia yang gelap akan bercahaya
berkat ilmu-ilmu penguak kebodohan
yang aku ajarkan kepada murid-muridku

Cita-citaku menjadi Guru
semoga diberkati Tuhan.

Cita-Cita Menjadi Guru yang Jujur

Aku ingin bersekolah yang cukup tinggi
agar kelak bisa menjadi guru

Dengan menjadi guru yang jujur
dan pandai bersyukur

Jika aku menjadi guru
aku akan mengamalkan ilmuku
yang kuterima dari para guruku

Akan kuajarkan berbagai ilmu pengetahuan
agar para muridku
menjadi pandai

Aku juga akan mengajarkan
ilmu kebaikan
agar para muridku
menjadi bijaksana
dan menjadi jujur

Selasa, 24 Desember 2019

Kegiatan 8 Latihan: Agar kalian Lebih Mengenal Berbagai Paragraf yang Kohesif dan Koheren

Soal dan jawaban dari kegiatan 8 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 bab 5 halaman 135 terbitan kemendikbud edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Agar kalian lebih mengenal berbagai paragraf yang kohesif dan koheren, kerjakanlah latihan berikut dengan saksama.
Bacalah teks berikut selama 50 detik. Kemudian urutkan menjadi urutan paragraf yang logis: 1–2–3, 3–2–1, 1–3–2, 2–3–1, atau 2–1–3?

3 :  ”Ada hirsutisme yang disebabkan oleh faktor idiopatik atau penyebab tidak diketahui secara medis. Namun, penyebab umumnya adalah faktor genetik, gangguan adrenalin, sindrom ovarium, dan pengaruh obat-obatan,” jelas dr. Maria B. Djatmoko, Sp.KK. dari RS Metropolitan Medical Center (MMC), Jakarta. Hirsutisme karena faktor idiopatik timbul di masa pubertas, dan biasanya diderita seumur hidup. Kalau ditelusuri, dari garis keturunannya pernah ada yang menderita hirsutisme. Sedangkan hirsutisme karena faktor genetik dipengaruhi oleh faktor ras. Ada pula faktor lain penyebab timbulnya hirsutisme, yakni efek sampingan obat-obatan yang mengandung anabolic
steroid, progestogen, dan antikonvulsan, di kelenjar adrenal. Anabolic steroid, misalnya, merupakan salah satu materi obat sintetis yang banyak disalahgunakan oleh atlet binaraga untuk mendongkrak prestasi.
2. Bulu yang tumbuh bisa membanggakan pemiliknya kalau tumbuh lebat di tempat yang tepat. Namun, kalau muncul di tempat tak lazim dan lebat, justru bisa berakibat sebaliknya. Hirsutisme salah satunya. Hirsutisme adalah gangguan yang diderita seseorang yang kelebihan hormon sehingga bulu tumbuh berlebihan. Untuk mengobatinya, perlu operasi dan terapi khusus. Gangguan hirsutisme ini bertingkat-tingkat sampai ada orang yang hampir seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu lebat sampai bagian anusnya.
1. Orang Mediterania yang pindah ke Jepang, misalnya, akan dianggap aneh, karena sekujur tubuh mereka ditumbuhi bulu lebat, terutama di tangan dan kaki. Sebaliknya, orang Jepang dipandang aneh oleh masyarakat Mediterania, karena tubuh orang dari Negeri Sakura itu jarang ditumbuhi bulu. Lalu, bagaimana yang normal? Pada wanita normal, 75% testosteron dalam plasma darah diproduksi oleh kelenjar adrenal. Namun, pada wanita penderita hirsutisme ditemukan sedikit kenaikan testosteron dalam plasma, yang dihasilkan di ovarium.

Urutan yang paling tepat adalah: .................................................

Bacalah teks berikut selama 55 detik. Kemudian, urutkan menjadi urutan paragraf yang logis: ABCD, ACDB, BACD, BCAD, CADB, CDAB, DCBA, atau DBAC?

A
Keesokan harinya, datanglah pemburu tersebut. Setelah melepaskan perekatnya, ia mengambil hasil tangkapannya.
Betapa ia kecewa setelah mengetahui burung-burung tersebut sudah tidak bergerak, disangkanya sudah mati. Namun, pemburu tersebut jatuh terpeleset sehingga membuat burung-burung
yang ada ditanah terkejut dan terbang. Hanya raja parkit yang belum terlepas dari perekat. Ia pun ditangkap.
B
Namun, burung parkit tidak bahagia. Ia selalu ingat hutan Aceh tempat tinggalnya. Pada suatu hari ia berpura-pura mati. Sang Raja sangat sedih dan memerintahkan penguburannya dengan upacara kebesaran. Ketika persiapan berlangsung, burung itu diletakkan di luar sangkar. Saat itu ia gunakan
untuk terbang mencari kebebasanya. Ia terbang menuju hutan kediamannya. Di mana rakyat burung parkit setia menunggu kedatangannya.

C
Tersebutlah kisah, seekor raja burung parkit hidup beserta rakyatnya di sebuah hutan di Aceh. Hidup mereka damai. Kedamaian tersebut terganggu karena kehadiran seorang pemburu. Pada suatu hari pemburu tersebut berhasil menaruh perekat di sekitar sangkar-sangkar burung tersebut. Mereka berusaha melepaskan sayap dan badan dari perekat tersebut. Namun, upaya tersebut gagal. Hampir semuanya panik, kecuali si raja parkit. Ia berkata, ”Saudaraku, tenanglah. Ini adalah perekat yang dibuat oleh pemburu. Kalau pemburu itu datang, berpura-puralah mati. Setelah melepaskan perekat, pemburu itu akan memeriksa kita. Kalau ia mendapatkan kita mati, ia akan membuang kita. Tunggulah sampai hitungan keseratus, sebelum kita bersama-sama terbang kembali.”
D
Raja Parkit meminta pada pemburu itu untuk tidak dibunuh. Sebagai imbalannya, ia akan selalu menghibur si pemburu. Hampir tiap hari ia bernyanyi dengan merdunya. Kabar kemerduan suara burung itu terdengar sampai ke telinga sang Raja. Raja menginginkan burung parkit tersebut. Kemudian, sang Raja menukar burung itu dengan harta-benda yang sangat banyak. Di istana sang Raja, burung parkit ditaruh di dalam sebuah sangkar emas. Setiap hari tersedia makanan yang enak enak.

Jawab: 

Soal pertama : 2 1 3
Soal kedua: C A D B