Rabu, 08 Januari 2020

Setelah membaca Kedua Cuplikan Resensi Buku di Atas, Kemukakan Karakteristik Resensi

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 halaman 210 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbandingan karakteristik dua resensi buku yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah membaca kedua cuplikan resensi buku di atas, kemukakanlah karakteristik resensi berdasarkan isi resensi dengan mengikuti format berikut !

Jawab

Isi Resensi
Teks 1: Pada teks resensi ini, peresensi mengawali dengan pendahuluan berupa pendapat umum tentang menulis. Pendapat tersebut mengatakan bahwa bakat merupakan syarat utama untuk menjadi penulis. Pendapat tersebut disanggah dengan menggunakan paragraf ke-2. Dan dipertegas pada paragraf ke-3.

Teks 2: Pada teks resensi dari buku berjudul Istanbul (Kenangan Sebuah Kota) saya melihat pendahuluan yang berupa penjelasan tentang Istanbul dan masa lalunya. Penjelasan tersebut berlanjut pada paragraf ke-2. Sedangkan paragraf ke-2 berisi tentang keadaan masayrakat Istanbul.

Tanggapan/ komtentar: Saya menganggap bahwa teks 2 lebih jelas dalam menyajikan resensi buku. Kita bisa melihat cuplikan-cuplikan dalam buku ditampilkan dalam resensi tersebut.


Artikel Terkait