Thursday, January 9, 2020

Secara Berkelompok, identifikasilah Resensi Tersebut Berdasarkan Aspek-Aspek Berikut

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 214. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi resensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas

1. a. Bacalah kembali contoh teks resensi di atas dengan baik
b. Secara berkelompok, identifikasilah resensi tersebut berdasarkan aspek-aspek berikut !
1) identitas buku
2) ringkasan isi buku
3) keunggulan buku
4) kelemahan buku
5) rekomendasi

c. Selain aspek-aspek tersebut, adakah aspek lain yang dibahas dalam resensi tersebut ? jelaskan !

2. a. Cermatilah contoh resensi lainnya, untuk buku nonfiksi !
b. Cermati unsur-unsur yang ada pada resensi tersebut!
c. Tuliskanlah hasil penilaian kamu pada teks tersebut !
d. Gunakan rubrik seperti di bawah ini !

Jawab

1. a. Saya sudah membaca teks resensi dengan baik.
b. 1. Identitas buku :
 Judul Novel: Saksi Mata
Pengarang: Suparto Brata
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
Tebal: x + 434 halaman
2. Ringkasan isi buku: Paragraf 2, 3,4,5,6.
3. Keunggulan buku: terletak pada paragraf 7,8, 9 dan sebagian paragraf 10
4. Kelemahan buku: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)
5. Rekomendasi: "Namun uniknya, tidak ada satupun terjemahan untuk kosakata Jepang tersebut. Jadi, bagi yang tidak mengerti bahasa Jepang, seperti saya juga, ya tebak-tebak sendiri saja sendiri. (paragraf 10)

c. Ada, yaitu pendahuluan pada paragraf pertama.



Untuk soal no. 2 masih dalam proses pengerjaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon