Senin, 28 Oktober 2019

Kegiatan 4.5 Jelaskan Tema dari Puisi "Hujan Bulan Juni" dan Gadis Peminta-minta"?



Kunci jawaban dari kegiatan 4.4. dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 112 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta menjelaskan tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" dan "Gadis Peminta-minta".

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 4.5
A. 1. Jelaskan tema dari puisi ”Hujan Bulan Juni” dan ”Gadis Peminta-minta”? Apakah maksud penyair-penyair dengan masing-masing puisinya itu?
2. Apa yang menyamakan dan membedakan dari tema kedua puisi itu? Jelaskanlah!

B. 1. Bacalah pula puisi berikut!
Sajak
oleh Sanusi Pane

Di mana harga karangan sajak,
Bukan dalam maksud isinya;
Dalam bentuk, kata nan rancak,
Dicari timbang dengan pilihnya
Tanya pertama keluar di hati,
Setelah sajak dibaca tamat,
Sehingga mana tersebut sakti,
Mengikat diri di dalam hikmat.
Rasa bujangga waktu menyusun,
Kata yang datang berduyun-duyun
Dari dalam, bukan nan dicari.
Harus kembali dalam pembaca,
Sebagai bayang di muka kaca.
Harus bergoncang hati nurani.


2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
a. Puisi ”Sajak” terdiri atas berapa larik dan berapa bait?
b. Apa arti sajak dalam puisi tersebut? Bagaimana amanat yang ingin
disampaikan penyair dalam puisi ”Sajak”?
d. Menurut sang penyair, sajak itu harus menggoncang hati nurani
pembacanya. Setujukah Anda dengan pendapat tersebut? Jelaskan
alasan-alasannya!
e. Bagaimana penyataan-pernyataan penting penyair tentang sajak di dalam
puisinya itu? Jelaskan secara naratif!


Jawab

A.

1. Tema dari puisi "Hujan Bulan Juni" adalah tentang Kebaikan dalam Kehidupan Manusia. Penulis menggunakan majas personifikasi untuk menggambarkan kebaikan

Tema dari puisi "Gadis Peminta-Minta" adalah kemanusiaan.

Karena keseluruhan isi puisi menggambarkan sisi kemanusiaan bahwa martabat gadis peminta-minta itu sama dengan martabat manusia lainnya. 

2. Yang menyamakan tema kedua puisi itu adalah ungkapan penggambaran suasana  batin penyair terhadap keadaan di sekitarnya.

Yang membedakan adalah puisi Hujan Bulan Juni menggambarkan kebaikan manusia dalam bentuk suasana alam ketika hujan yang turun di musim kemarau, sedangkan puisi Gadis Peminta-minta menggambarkan suatu keprihatinan dan simpati kepada lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Kegiatan 4.4 Berdasarkan Cara Pengungkapannya, Termasuk Ke dalam Jenis Puisi



Kunci jawaban dari Kegiatan 4.4 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 108 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini masih berkaitan dengan puisi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Kegiatan 4.4.
1. Berdasarkan cara pengungkapannya, termasuk ke dalam jenis apakah puisi-puisi di bawah ini


2.Sajikanlah pendapat-pendapatmu itu ke dalam format laporan seperti berikut. Buatlah laoran dalam kertas manila, postit, dan kertas sejenis lainnya. Kerjakanlah bersama kelompokmu !
3. Pajang atau tempelkan laporan kelompokmu itu di papan tulis atau di dinding kelas dengan perekat yang tidak mengotorinya.
4. Mintalah kelompok lain untuk mengunjungi pajangan kelompokmu itu untuk memberikan tanggapan/ penilaian dengan membubuhkannya langsung
5. RUmuslanlah simpulan kelas tentang jenis-jenis dari ketiga puisi itu berdasarkan kesepahaman pendapat dari setiap kelompok

Jawab

1. Puisi 1
Jenis : Puisi Lirik yaitu elegi
Alasan : Karena pada puisi ini menceritakan kesedihan penyair mengenai peristiwa tadi pagi yang ia alami.

Puisi II
Jenis:  termasuk dalam Puisi Dekriptif yaitu Satire
ALasan: Karena pada puisi ini penyair mengungkapkan ketidakpuasannya atas diri sendiri dengan menggunakan kata-kata yang menyindir atau merendahkan diri.

Puisi III
Jenis: termasuk dalam jenis puisi Deskriptif, yaitu kritik sosial
Perhatikan larik berikut
Petani-petani yang miskin semakin tersingkir di sana
Nelayan-nelayan sakit, keracunan lautnya
Burung-burung satu per satu meledak di udara

Pada kutipan larik-larik tersebut, penyair mengungkapkan ketidaksenangan penyair pada peninjuan nuklir dengan menunjukkan ketidakberesan keadaan yang terjadi dengan uji coba nuklir.

Minggu, 27 Oktober 2019

Jelaskan Secara RInci Isi Puisi Surat dari Ibu" Bersama Kelompokmu



Kunci Jawaban dari Kegiatan 4.3 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 4 halaman 104 Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik masih harus mengerjakan soal yang berkaitan dengan puisi.

Agar lebih jelas, kalian bisa membaca puisi di bawah ini kemudian silakan perhatikan soal dan jawaban dari kegiatan 4.3.

Surat dari Ibu

Pergi ke dunia anak-anaku sayang
pergi ke hidup bebas!
Sesama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinar daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau.

Pergi ke laut lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
Sesama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau.

Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiang-tiang akan kering sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
Boleh engkau datang padaku!

Kembali pulang, anakku sayang
kembali ke balik malam!
Jika kapalmu telah rapat ke tepi
Kita akan bercerita
"Tentang cinta dan hidupmu pagi hari"
(Asrul Sani, 1948)

Soal

A. Jelaskanlah secara rinci isi puisi "Surat dari Ibu" bersama kelompokmu !

Jawab:

Penjelasan Bait I : Menceritakan tentang harapan dari orang tua kepada anak-anaknya untuk meraih cita-cita setinggi langit
Isi Kata-kata Penunjuk dalam puisi: pergi ke dunia luas, anakku sayang

Penjelasan bait II: Masih menggambarkan harapan dari orang tua kepada anaknya, selama masih muda agar terus meraih cita-cita setinggi langit
Isi kata-kata penunjuk dalam puisi:  Pergi ke laut lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
Sesama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau.

Penjelasan Bait III: Menceritakan harapan dan impian orangtua, jika kelak sudah berhasil meraih cita-cita, segeralah pulang ke rumah tempat lahir.

Isi kata-kata penunjuk dalam puisi: Tiang-tiang akan kering sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
Boleh engkau datang padaku!

Penjelasan Bait IV: Masih menggambarkan harapan dan impian orangtua. Harapan itu disertai keinginan yang kuat untuk bercengkerama, berdialog dengan hangat bersama anak tercinta.

Isi kata-kata penunjuk dalam puisi: Kembali pulang, anakku sayang

kembali ke balik malam!

Jika kapalmu telah rapat ke tepi

Kita akan bercerita

"Tentang cinta dan hidupmu pagi hari"

Kegiatan 4.2 Simaklah Puisi Berikut Temanmu Akan Membacakannya



Kunci jawaban dari kegiatan 4.2 dalam buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ Mts kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik masih harus menyimak dan menafsirkan puisi tentang Serenada Hijau.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 4.2
A. Simaklah puisi berikut. Temanmu akan membacakannya !

B. Bentuklah Kelompok lalu Berdiskusilah
1. Majas apa saja yang ada dalam puisi 'Serenada Hijau"
2. Bagaimana irama yang tergambar di dalamnya ?
3. Tunjukkanlah kata-kata yang bermakna konotasi dalam puisi "Serenada Hijau" di dalamnya. Jelaskan pula makna dari setiap kata itu.
4. Adakah lambang-lambang pada puisi "Serenada Hijau" ? Jika adaa, jelaskanlah artinya

C. 1. Berdiskusilah, cermati pula pengimajinasian yang ada dalam puisi itu, Catatlah kata-katanya ke dalam format berikut: kemudian simpulkan efek yang ditimbulkannya.
2. Laporkanlah hasil diskusimu dalam forum diskusi kelas untuk mendapat tanggapan dari teman temanmu.



Jawab:
A. Sudah saya simak

B. Hasil diskusi
1. Majas yang terdapat dalam puisi Serenada Hijau antara lain: majas personifikasi, majas repetisi
2. Irama yang tergambar di dalamnya  terdapat pada “kupacu kudaku” yang menjadi penekanan sehingga menimbulkan estetika tersendiri.
3. Makna konotasi dalam puisi Serenada Hijau antara lain
a. Kupacu kudaku
Pemaknaan: semangat yang menggebu
Makna dasar : menambah kecepatan kuda

b. Batu yang terendam
Pemaknaan: dari hati yang paling dalam
Makna dasar : batu yang berada di dalam air

c.. Bila Bulan menegur salam
Pemaknaan : malam telah tiba

d. syahdu malam bergantung di dahan-dahan
Pemaknaan: di keheningan malam

4. a) kudaku = anggota tubuh
ws rendra melambangkan anggota tubuhnya sebagai kuda, karena kuda terkenal sebagai hewan yang kuat berlari.

b) bila bulan = waktu nya malam hari.

c) batu = suara hati
dalam puisi dikatakan dari batu yang terendam, maksud dari ws rendra dari suara hati yang tak tak pernah diungkapkan.

C. Imajinasi auditif:
terdengar keluhan
dari batu yang terdendam

Imajinasi visual:
dan kubayangkan
sedang kau tunggu daku

imajinasi taktil:

sambil kau jalin
rambutmu yang panjang
Imajinasi taktil

Kegiatan 4.1 Baca Kembali Puisi Berjudul Hujan Bulan Juni, Kemudian Jawablah Pertanyaan



Kunci jawaban tugas 4.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs halaman 93 bab 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membaca kembali puisi hujan bulan juni karya Sapadi Djoko Damono.

Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak
Dari hujan bulan Juni
Dihapuskannya jejak-jejak kakinya
Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu

karya: Sapadi Djoko Damono


Soal
Kegiatan 4.1
Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

A. Baca kembali puisi berjudul "Hujan Bulan Juni". Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Mengapa teks itu dikatakan sebagai puisi?
2. Teks itu mengungkapkan perasaan apa: sedih, kagum, cemburu, rindu, atau sayang?
3. Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut?
4. Ditunjukan kepada siapakah maksud dari teks itu?
5. Bagaimana sikapmu sendiri berkaitan dengan masalah yang diangkat di dalamnya?

Jawab:

1. Teks tersebut disebut puisi karena mengandung  irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Selain itu juga terdapat bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

2. Teks tersebut mengungkapkan kekaguman, kerinduan dan juga sayang.
3. Kata-kata dalam puisi tersebut sangat indah karena disusun dengan cermat dan sepenuh perasaan sehingga kita bisa merasakan keindahan dari kerinduan seseorang kepada orang yang lain. Alih-alih menulis nama orang, Sang Pengarang memilih nama "Hujan Bulan Juni" dan "pohon berbunga". Semua itu membuat kita seolah-olah turut merasa rindu entah kepada siapa, dan rindu itu semakin menjadi kala kita membayangkan hujan menyirami pohon yang berbunga.

4. Teks tersebut ditujukan kepada orang yang sangat dirindukan.

5. Sikap saya berkaitan dengan masalah yang diangkat dalam puisi tersebut membuat saya seolah-olah turut merasakan kerinduan.

Catatan: Hal di atas merupakan penafsiran kami, tentu saja kalian boleh saja memiliki penafsiran lain terhadap puisi Hujan Bulan juni , sehingga bisa didiskusikan bersama-sama guru dan teman-teman kalian.

Jumat, 25 Oktober 2019

Kegiatan 3.7 Tulislah Sebuah Teks EKsposisi yang Berkaitan Dengan Isu Rendahnya Kesantunan Berbahasa



Kunci jawaban kegiatan 3.7 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 85. Peserta didik diminta membuat teks eksposisi sesuai dengan ketentuan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Kegiatan 3.7

A. Tulislah sebuah teks eksposisi yang berkaitan dengan isu rendahnya kesantunan berbahasa dalam masyarakat. Adapun langkah-langkah pengembangannya sebagai berikut.
1. Bacalah berbagai sumber, baik itu berupa surat kabar, internet, ataupun buku-buku yang menjelaskan masalah kesantunan berbahasa.
2. Lakukan pula pengamatan terhadap kebiasaan berbahasa warga masyarakat di sekitarmu.
3. Catatlah hal-hal penting, baik yang kamu dapatkan melalui membaca maupun kegiatan pengamatan itu.
4. Susunlah catatan itu ke dalam kerangka yang berlaku di dalam teks eksposisi, yakni terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
5. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah teks eksposisi yang lengkap dengan memperhatikan pula kaidah-kaidah kebahasaannya.

B. 1. Lakukanlah silang baca dengan seorang teman untuk saling memberikan tanggapan terhadap teks eksposisi yang telah kamu buat.
2. Gunakanlah format berikut.

Jawab:

Mohon Maaf masih dalam proses pengerjaan dari tim.....Silakan tinggalkan komentar

Kamis, 24 Oktober 2019

Buatlah Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia



Kunci jawaban dari tugas uji komptensi tugas kelompok dalam buku Sejarah Indonesia kelas 10 SMA/ MA/ SMK/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 175. Tugas kelompok ini mengharuskan peserta didik untuk mengerjakan dua pertanyaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban dari tugas kelompok tersebut.

Soal

Tugas Kelompok !

Setelah kamu memahami proses masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara, coba amati dan perhatikan beberapa fenomena sosial yang terkait dengan Islam di sekitar tempat tinggal kamu. Buatlah kelompok dan catatan atas permasalahan berikut ini:
1. Buatlah denah dan peta tentang proses kedatangan Islam di Indonesia!
2. Di lingkungan masyarakat di Indonesia terutama di pedesaan masih sering ada kegiatan kenduri atau selamatan untuk suatu kegiatan, peristiwa atau peringatan kejadian tertentu yang disertai dengan doa-doa secara Islam, sementara kalau dilihat asal usulnya di ajaran Islam tidak ada. Mengapa dan bagaimana pendapat kamu?

Jawab:

1. Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia

2. Menurut saya hal tersebut boleh-boleh saja sebab dapat memperkaya khazanah kebudayaan dan tradisi di Indonesia. Selain itu, keberadaan kenduri dengan menggunakan doa-doa juga menandakan bahwa agama-agama di Indonesia saling berinteraksi tanpa harus dengan cara-cara kekerasan. 

Tugas Individu Bagaimana Pendapat Kamu tentang Berbagai Teori Masuknya Islam Ke Indonesia



Kunci jawaban dari Uji Kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 bab 3 halaman 175 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan 5 soal tugas individu tentang teori masuknya Islam ke Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

SOAL

Tugas Individu
1. Bagaimana pendapat kamu tentang berbagai teori masuknya Islam ke Indonesia? Jelaskan pendapat kamu!
2. Proses Islamisasi di Indonesia berlangsung dalam waktu yang panjang bahkan masih terus berlangsung. Berikan penjelasan!
3. Sebutkan beberapa peran tokoh pengembang agama Islam di Indonesia!
4. Mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia?
5. Coba kamu diskusikan tentang upacara tabot di Bengkulu atau tabuik di Pariaman! Jelaskan hubungannya dengan proses masuknya Islam ke Indonesia!

JAWAB:

1. Berbagai teori tentang masuknya agama Islam di Indonesia menunjukkan bahwa Islam masuk tidak hanya melalui satu pintu, melainkan banyak pintu. Hal ini menunjukkan bahwa agama Islam sudah tersebar lebih dahulu di wilayah lain, baru ke Indonesia.

2. Memang benar, proses Islamisasi berlangsung secara perlahan-lahan. Para penyebar agama Islam tidak serta merta mengajarkan agama Islam begitu saja, namun melalui proses yang panjang dan lama melalui hubungan dagang maupun melalui pergaulan sehari-hari. Proses tersebut semakin berhasil ketika banyak raja-raja maupun bangsawan yang juga memeluk agama Islam.

3. Tokoh pengembang agama Islam di Indonesia antara lain yang kita kenal dengan nama Walisongo,

  • Sunan Kalijaga (raden mas said/jaka said). Murid sunan bonang menyiarkan islam di jawa tengah.
  • Sunan Giri(raden paku) menyiarkan islam di luar jawa. Yaitu madura ,bawean,nusa tenggara,maluku.
  • Sunan Kudus(jafar sodiq) menyiarkan islam di kudus,jawa tengah.
  • Sunan Muria(raden umar said) menyiarkan islam di lereng gunung muria, jawa tengah.
  • Sunan Gunung Jati(syarif hidayatullah) menyiarkan islam di banten sunda kelapa,dan cirebon. Seorang pemimpin yg berjiwa besar.
  • Sunan Gresik (maulanan Malik Ibrahim. inilah wali pertama datang ke jawa pda abad ke 13 dan menyiarkan islam di sekitar gresik, dimakamkan di gresik, jawa timur.
  • Sunan Ampel(raden rahmat) menyiarkan Islam di ampel surabaya., jawa timur. Beliau merupakan perancang masjid di demak.
  • Sunan Drajad (syarifudin) anak dari sunan ampel. Menyiarkan agama di sekitar surabaya. Seorang suna yg sangat berjiwa sosial.
  • Sunan Bonang (makdum ibrahim). Anak dri sunan ampel. Menyiarkan islam di tuban,lasem,dan rembang.
4. Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat Indonesia karena beberapa hal:
a. Islam mengajarkan kesetaraan (tidak mengenal kasta)
b. Islam mengajarkan banyak kebaikan
c. Islam mengajarkan anti kekerasan.

5.  Kedua uacara ini (Tabot dan Tabuik ) adalah :

Tabot adalah Upacara asal India yang masuk ke Bengkulu karena ada percampuran dengan Agama Islam di Iniia. 
Tabuik adalah upacara untuk memperingati kematian cucu nabi muhammad dan mengenang atas jasanya.
Pada saat itu lah Islam masuk ke Indonesia secara berangsur angsur.

Uji Kompetensi Buatlah Ringkasan Tulisan Tentang Bab ini dalam Dua Format Berbeda



Kunci jawaban dari uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia kelas 10 bab 2 halaman 164 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Dalam uji kompetensi ini ada empat soal yang harus dikerjakan dengan benar oleh para peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Uji Kompetensi

1. Buatlah ringkasan tulisan tentang bab ini dalam dua format berbeda: (i) dalam bentuk bagan atau skema-skema dengan keterangan singkat dan (ii) narasi tentang bagan pada tugas pertama sekitar satu sampai dua halaman untuk membantu menjelaskan keringkasan dalam tugas pertama (bagan)!  Carilah bahan bacaan terkait dengan pembahasan ini!
2. Buatlah pertanyaan kritis mengenai tahap-tahap sejarah Hindu-Buddha sejak zaman praaksara hingga terbentuknya sistem organisasi kenegaraan (kerajaan) tradisional yang tersebar di Nusantara. Masing-masing peserta didik diminta memilih dan membuat deskripsi profil salah satu kerajaan tersebut dan menyusun pertanyaan-pertanyaan kritis dalam kaitannya dengan kepemimpinannya, ketatanegaraannya dan kisah sukses serta kegagalannya. Bagaimana pendapat kamu tentang hipotesis ahli mengenai hubungan budaya Hindu-Buddha dengan Nusantara? Diskusikan hasil tulisan kamu!

3. Cobalah eksplorasi (jelajah) apakah sisa-sisa kebudayaan material (material culture) dan kebudayaan kerohanian (spiritual culture) masa Hindu-Buddha masih ada di lingkungan tempat tinggal kamu atau di kampung asal nenek atau orang tua kamu? Deskripsikan bentuk-bentuk peninggalan itu dan adakah sesuatu (gagasan) yang berharga jika dikaitkan dengan masa sekarang?
4. Tulis tugasmu dalam satu esei pendek. Terbitkan dalam koran lokal atau majalah sekolah

Jawab:

1. Ringkasan tulisan tentang Bab 2 dalam format :
i. Bagan : 
ii. Narasi tentang bagan pada tugas pertama.

Bab 2 Pedagang, Penguasa, dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu Buddha)

Pengaruh Kebudayaan India
Jejak masuknya Budaya India di nusantara bisa dilihat dalam bentuk bangunan Candi Prambanan dan  Candi Borobudur di Jawa Tengah, Prasasti di pelbagai tempat di nusantara misalnya di dekat sungai Cisadane, di Jakarta, di Kutai dan lain-lain
Di  Sumatera juga terdapat kerajaan Sriwijaya yang menjadi pusat belajar agama Buddha bangsa-bangsa di seluruh dunia, termasuk Cina dan India.
Dalam bidang perdagangan, bangsa India dan Cina juga membeli gaharu dan kapur dari barus.
Dalam bidang sosial, muncullah sistem kerajaan-kerajaan dengan raja sebagai keturunan dewa, juga adanya sistem kasta yang merupakan tradisi dalam Agama Hindu, di mana ada  empat kasta yaitu: Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.
Ada banyak teori mengenai proses masuknya bangsa India ke nusantara antara lain: teori Ksatria, Teori Waisya, teori Brahmana, dan teori arus balik.

Kerajaan-Kerajaan pada Masa Hindu Buddha
1. Kerajaan Kutai di Kalimantan. Merupakan kerajaan Hindu-Buddha pertama di Indonesia.
2. Kerajaan Taruma Negara. Diperkirakan berada di Jawa Barat, dekat dengan Sungai Citarum. Ada tujuh buah prasasti: Tugu, Ciatereun, Kebon Kopi, Muara Cianten, Jambu, Cidangheang, Pasir Awi.
3. Kerajaan Kalingga. Diperkirakan terletak di Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah.
4. Kerajaan Sriwijaya. Terletak di Sumatera, merupakan kerajaan terbesar. Ada beberapa prasasti: Kedukan Bukit, Talang Tuo, Telaga Batu, Kota Kapur, Karang Berahi.
5. Kerajaan Mataram Kuno. Diperkirakan terletak di Jawa Timur.
6. Kerajaan Kediri. Terletak di Jawa Timur. Di Kerajaan inilah muncul karya sastra yaitu: Kitab Baratayudha, Kresnayana, Smaradahana, Lubdaka.
7. Kerajaan Singhasari. Raja yang terkenal adalah Kertanegara.
8. Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang paling terkenal dengan rajanya yaitu Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajahmada.
9. Kerajaan Buleleng dan Kerajaan Dinasti Warmadewa di Bali
10. Kerajaan Tulang Bawang
11. Kerajaan Kota Kapur.

Terbentuknya Jaringan Nusantara melalui Perdagangan.
Jalur perdagangan berkembang di Nusantara sangat ditentukan oleh kepentingan ekonomi penduduk dunia. Nusantara menjadi tujuan karena kaya dengan rempah-rempah yang sangat dibutuhkan. Selat Malaka menjadi jalur penting dalam pelayaran dan perdagangan. 

Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Buddha
Terjadi proses pencampuran antara kebudayaan satu dengan kebudayaan yang lain antara lain: 
1. Seni Bangunan
2. Seni Rupa dan Seni Ukir
3. Seni Pertunjukan
4. Seni Sastra dan Aksara
5. Sistem Kepercayaan.

2. Deskripsi Profil salah satu kerajaan. Saya memilih Kerajaan Majapahit.

Profil Kerajaan Majapahit.
Kerajaan Majapahit adalah kerajaan paling terkenal di Indonesia. Raja-Raja Majapahit merupakan keturunan dari Ken Arok. Pada sekitar tahun 1292, Raja Jayakatwang menduduki Kerajaan Singhasari dengan rajanya saat itu Prabu Kertanegara. 
Menantunya yang bernama Raden Wijaya, bergerilnya mencari cara agar bisa merebut kembali tahta kerajaan Singhasari dari tangan Raja Jayakatwang. Saat itu datanglah Pasukan Mongol yang ingin menuntut balas atas perlakuan kejam dari Kerajaan Singhasari yang saat itu dipimpin Raja Kertanagera terhadap utusan Mongol. Dengan cerdik, Raden Wijaya mengajak tentara Mongol untuk menyerang Singhasari yang masih dikuasai Jayakatwang.

Singhasari berhasil dikalahkan oleh pasukan Mongol bersama anak budah Raden Wijaya. Ketika prajurit mongol sedang berpesta pora merayakan kemenangan, Raden Wijaya justru menyerang mereka. Setelah itu berdirilah kerajaan Majapahit dengan raja pertama Raden Wijaya.
Kerajaan Majapahit terkenal ketika masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada. Kekuasaannya terbentang di penjuru nusantara bahkan hingga ke luar negeri. Seiring perkembangan zaman, terjadilah perselisihan di antara keturunan-keturunan Majapahit.

Pemberontakan demi pemberontakan juga terjadi karena adanya ketidakpuasan atas kepemimpinan raja Jayanegara dan raja-raja lain.
Majapahit runtuh, lalu berdirilah kerajaan Demak.
Pertanyaan Kritis :
1. Mengapa Raden Wijaya mengkhianati Pasukan Mongol?
2. Mengapa Kuti, Nambi,para pemberontak lain memberontak kerajaan Majapahit?
3. Mengapa kepemimpinan Jayanegara sangat lemah?
4. Mengapa Hayam Wuruk berhasil membuat kerajaan Majapahit berjaya?
5. Bagaimana Gajah Mada berhasil menjadi mahapatih terbesar di Majapahit?
6. Bagaimana keadaan ekonomi pada masa Raja Hayam Wuruk
7. Bagaimana keadilan pada masa Raja Jayanegara?

Pendapat saya mengenai hipotesis para ahli tentang hubungan Hindu Buddha dengan nusantara.
Saya cenderung setuju dengan pendapat dari N.J. Krom bahwa kelompok yang berperan dalam penyebaran Hindu Buddha adalah kaum pedagang. Nusantara dikunjungi oleh bangsa-bangsa di dunia karena adanya magnet yaitu rempah-rempah. Bangsa India juga datang ke Nusantara untuk berdagang. Pada saat itulah terjadi akulturasi dan agama Hindu Buddha bisa diterima di Nusantara.


Nomor 3 dan nomor 4 masih dalam proses pengerjaan..mohon bersabar yaa :)


Setelah Kamu Mencermati Cuplikan Artikel di Atas, Bagaimana Kesan Kamu

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/ MA/ MAK halaman 157 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini tentang pengaruh budaya India.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

1. Setelah kamu mencermati cuplikan artikel di atas, bagaimana kesan kamu tentang bacaan di atas?
2. Menurut kamu bagaimanakah pengaruh budaya India itu dapat diterima oleh penduduk saat itu?
3. Coba kamu gali jenis kuliner yang terdapat di sekitar kamu yang mendapat pengaruh dari India!
4. Bagaimanakah proses masuk dan berkembangnya kuliner yang mendapat pengaruh India itu di sekitar kamu?
5. Apakah saat ini masih ada pengaruh budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari? Berilah contohnya!
6. Budaya Cina juga membawa pengaruh pada kuliner kita saat ini. Coba kamu identifikasi, pengaruh budaya Cina pada kuliner di sekitar tempat tinggalmu!

Jawab

1. Kesan saya terhadap bacaan tersebut, terkejut, sebab ternyata bumbu kari merupakan makanan yang berasal dari India Selatan.

2. Budaya India bisa diterima oleh penduduk karena terdapat kecocokan antara budaya lokal dan budaya India, meskipun tidak sama persis.

3. Kuliner India di sekitar daerah saya sepertinya tidak ada.

4. Belum ada jejak

5. Budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari di antaranya kesenian wayang yaitu sebuah pertunjukan boneka bernama wayang di mana tokoh-tokoh dalam wayang tersebut merupakan tokoh dari India.

6. Pengaruh budaya Cina dalam bidang kuliner sangat banyak misalnya: mi, teh, tahu dll.