Minggu, 27 Oktober 2019

Kegiatan 4.1 Baca Kembali Puisi Berjudul Hujan Bulan Juni, Kemudian Jawablah Pertanyaan



Kunci jawaban tugas 4.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs halaman 93 bab 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membaca kembali puisi hujan bulan juni karya Sapadi Djoko Damono.

Tak ada yang lebih tabah
Dari hujan bulan Juni
Dirahasiakannya rintik rindunya
Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak
Dari hujan bulan Juni
Dihapuskannya jejak-jejak kakinya
Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif
Dari hujan bulan Juni
Dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu

karya: Sapadi Djoko Damono


Soal
Kegiatan 4.1
Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

A. Baca kembali puisi berjudul "Hujan Bulan Juni". Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Mengapa teks itu dikatakan sebagai puisi?
2. Teks itu mengungkapkan perasaan apa: sedih, kagum, cemburu, rindu, atau sayang?
3. Keindahan apa yang tampak pada rangkaian kata di dalam teks tersebut?
4. Ditunjukan kepada siapakah maksud dari teks itu?
5. Bagaimana sikapmu sendiri berkaitan dengan masalah yang diangkat di dalamnya?

Jawab:

1. Teks tersebut disebut puisi karena mengandung  irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Selain itu juga terdapat bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

2. Teks tersebut mengungkapkan kekaguman, kerinduan dan juga sayang.
3. Kata-kata dalam puisi tersebut sangat indah karena disusun dengan cermat dan sepenuh perasaan sehingga kita bisa merasakan keindahan dari kerinduan seseorang kepada orang yang lain. Alih-alih menulis nama orang, Sang Pengarang memilih nama "Hujan Bulan Juni" dan "pohon berbunga". Semua itu membuat kita seolah-olah turut merasa rindu entah kepada siapa, dan rindu itu semakin menjadi kala kita membayangkan hujan menyirami pohon yang berbunga.

4. Teks tersebut ditujukan kepada orang yang sangat dirindukan.

5. Sikap saya berkaitan dengan masalah yang diangkat dalam puisi tersebut membuat saya seolah-olah turut merasakan kerinduan.

Catatan: Hal di atas merupakan penafsiran kami, tentu saja kalian boleh saja memiliki penafsiran lain terhadap puisi Hujan Bulan juni , sehingga bisa didiskusikan bersama-sama guru dan teman-teman kalian.

Artikel Terkait