Kamis, 24 Oktober 2019

Buatlah Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia



Kunci jawaban dari tugas uji komptensi tugas kelompok dalam buku Sejarah Indonesia kelas 10 SMA/ MA/ SMK/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 175. Tugas kelompok ini mengharuskan peserta didik untuk mengerjakan dua pertanyaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban dari tugas kelompok tersebut.

Soal

Tugas Kelompok !

Setelah kamu memahami proses masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara, coba amati dan perhatikan beberapa fenomena sosial yang terkait dengan Islam di sekitar tempat tinggal kamu. Buatlah kelompok dan catatan atas permasalahan berikut ini:
1. Buatlah denah dan peta tentang proses kedatangan Islam di Indonesia!
2. Di lingkungan masyarakat di Indonesia terutama di pedesaan masih sering ada kegiatan kenduri atau selamatan untuk suatu kegiatan, peristiwa atau peringatan kejadian tertentu yang disertai dengan doa-doa secara Islam, sementara kalau dilihat asal usulnya di ajaran Islam tidak ada. Mengapa dan bagaimana pendapat kamu?

Jawab:

1. Denah dan Peta tentang Proses Kedatangan Islam di Indonesia

2. Menurut saya hal tersebut boleh-boleh saja sebab dapat memperkaya khazanah kebudayaan dan tradisi di Indonesia. Selain itu, keberadaan kenduri dengan menggunakan doa-doa juga menandakan bahwa agama-agama di Indonesia saling berinteraksi tanpa harus dengan cara-cara kekerasan. 

Artikel Terkait