Senin, 29 Juli 2019

Tentukanlah Mana yang Merupakan Pernyataan Umum Deretan Penjelas dan Interpretasi

Soal dan jawaban dari tugas Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK bab 2 kurikulum 2013 halaman 59 - 60. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang pernyataan umum, deretan penjelas, dan intrepretasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Bacalah teks berikut ini dengan seksama
2. Ikuti instruksi di bawah ini !
a. Tentukanlah mana yang merupakan pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
b. Carilah kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)


Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini :



atau dalam tulisan di bawah ini 

2.a.
Pernyataan umum:
Gempa dahsyat pernah terjadi di Aceh, 26 Desember 2004, pada pukul  07.58 WIB. Pusat gempa terletak di sebelah barat Aceh dengan kedalaman  10 km. Bencana ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40  tahun terakhir. Dampak kerusakannya meliputi Aceh, Sumatra Utara, Pantai  Barat Semenanjung Malaysia, hailand, Pantai Timur India, Srilangka, bahkan  sampai Pantai Timur Afrika.

Deretan penjelas:
Gempa ini juga mengakibatkan gelombang laut setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan  Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Kekuatan gempa pada penghujung tahun 2004 itu mencapai 9.0 richter dengan  korban tewas mencapai 283.100, 14.000 orang hilang dan 1,126,900 kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi yang disertai gelombang tsunami itu merupakan  bencana yang mengakibatkan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, India, dan hailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung  Sumatra. Di Banda Aceh, sekitar 50 dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Namun, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai Barat Aceh dan Sumatra Utara.
Di Sri Lanka dikonirmasikan 45.000 korban jiwa jatuh dan lebih dari 1 juta jiwa penduduk negara ini terkena dampak gempa secara langsung. Di India,  termasuk Kepulauan Andaman dan Nicobar diperkirakan menelan lebih dari 12.000 korban jiwa.
Di Thailand banyak pula wisatawan asing terkena bencana, terutama di daerah Phuket diperkirakan ada sekitar 4.500 korban jiwa. Bhumi Jensen, cucu Raja Rama  IX atau lebih dikenal dengan nama Bhumibol Adulyadej juga termasuk salah satu korban. Bhumi Jensen baru berusia 21 tahun.
Bahkan di Somalia, di benua Afrika ribuan kilometer dari Indonesia, dilaporkan jatuh lebih dari 100 korban jiwa. Akan tetapi, sebagian besar atau mungkin hampir  semua dari mereka adalah para nelayan.

Interpretasi:
Gempa Bumi dan Tsunami Aceh yang juga menghantam Thailand. Selain  menempati posisi gempa berkekuatan terbesar kedua setelah gempa Chili 1960 yang mencapai 9.5 skala richter, gempa Aceh menempati peringkat pertama  sebagai gempa dengan waktu durasi penyesaran yang paling lama, yaitu sekitar 10 menit. Gempa ini cukup besar untuk membuat seluruh bola bumi ikut bergetar.

b. Silakan klik Kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)

Apa Saja Bukti Bahwa Semua Teks Di bawah Ini Berbentuk Eksplanasi

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK Kelas 11 Bab 2 halaman 55. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Apa saja bukti bahwa teks dibawah ini berbentuk eksplanasi? Apa pula gagasan umum serta fakta penting didalam teks tersebut?

a.Pertumbuhan dimulai dari kecambah. Struktur awal yang muncul berupa radikula atau akar primer. Hal ini menunjukan bahwa pertama kali yang dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral, membentuk akar sekunder,dan selanjutnya tumbuhlah cabang-cabang menjadi suatu sistem akar.

b.Percabangan suatu bahasa Proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap tiap bahasa baru ini dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebuah pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.

Jawab:

Sila tonton video ini




Teks 1. Bukti sebagai eksplanasi: Bisa kita baca bersama pada teks 1 di atas, proses terjadinya kecambah ditulis dengan runtut dan jelas. Dimulai dari awal hingga akhrnya tumbuhlah cabang-cabang.

Gagasan umum: Pertumbuhan dimulai dari kecambah
Fakta penting: Hal ini menunjukkan bahwa yang pertama kali dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral membentuk akar sekunder.

Teks 2. Bukti sebagai eksplanasi: Proses terbentuknya bahasa Proto menjadi dua bahasa baru disebabkan adanya percabangan yang terus menerus

Gagasan umum: Percabangan suatu bahasa Proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap tiap bahasa baru ini dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebuah pohon

Fakta penting: Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru

Minggu, 28 Juli 2019

Bacalah Teks di bawah ini Dengan Cermat, Kemudian Tentukan Manakah yang Termasuk Eksplanasi

Soal dan Jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK halaman 52. Peserta didik diminta untuk menentukan manakah yang termasuk teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal:

Bacalah

a. Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah ini sekarang sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu melipatgandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan kualitasnya.

b. Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi adalah sektor-sektor di bidang pertanian. Misalnya, perikanan masih meningkat cukup mengesankan, yaitu 6,65 persen; demikian pula perkebunan, yang meningkat 6,46 persen. Walaupun terkena kebakaran sepanjang tahun, sector kehutanan masih tumbuh 2,95 persen. Secara umum, kontribusi dari sektor-sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 18,07 persen menjadi 18,04 persen. Padahal selama 30 tahun terakhir, pangsa sektor pertanian merosot dari tahun ke tahun.

c. Sejak sekolah dasar aku dididik mandiri oleh ibuku. Pada saat aku berusia sebelas tahun ibuku mendidik aku supaya bisa mencari uang sendiri memenuhi kebutuhan sekolahku. Setiap berangkat sekolah ibuku menyertakan bermacam-macam buah satu tas untuk dijual di sekolah. Aku melakukannya dengan senang hati. Lama-kelamaan ibuku menyuruhku untuk membeli dan menjual sendiri tanpa harus dibantu siapa pun. Kegiatan semacam itu aku lakukan sampai sekarang meskipun aku sudah sekolah di SMAdengan barang-barang dagangan yang berbeda. Sekarang aku menjual pakaian dari mutu  erkualitas rendah sampai dengan berkualitas tinggi. Yang paling mengesankan bagiku, sejak dulu sampai sekarang masih tetap ada pembeli setiaku.

d. Pohon anggur, di samping buahnya yang digunakan untuk pembuatan minuman, daunnya pun dapat digunakan sebagai bahan untuk pembersih wajah. Caranya, ambillah daun anggur secukupnya. Lalu, tumbuk sampai halus. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, ramuan tersebut kita dinginkan dan setelah dingin baru kita gunakan untuk membersihkan wajah. Insyaallah, kulit wajah kita akan kelihatan bersih dan berseri-seri.

e. Pada masa lalu bila seseorang ingin menabung atau mengambil uang di bank, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratannya. Demikian juga bila seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratannya. Segala transaksi harus dilakukan di tempat bank itu berada. Sekarang, para nasabah bank dipermudah dengan teknik layanan baru. Bila mau mengadakan transaksi mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek saldo akhir hingga bayar rekening telepon, dan lain-lain dapat dilakukan dari jarak jauh tinggal tekan tombol. Telebanking merupakan inovasi baru untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.


Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini




atau dalam tulisan di bawah ini 

Teks a. Ya, karena kita bisa melihat adanya proses kausalitas yaitu sebab akibat. Hal tersebut merupakan proses terjadinya sesuatu.Sebab: Cara bertani konvensional dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan. Akibatnya: dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu meningkatkan produksi pangan.

Teks b. ya, karena terdapat proses berdasarkan fakta.

Teks c. Ya. Ada proses kausalitas. Bisa kita baca bersama bahwa tokoh Aku menjelaskan proses sejak kecil hingga sukses berdagang.

Teks d. Tidak. tidak termasuk teks eksplanasi melainkan lebih condong ke teks prosedur.

Teks e. Ya. Ada proses kausalitas. Ada alasan mengapa teknologi perbankan sekarang berkembang. Karena untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama ini yaitu kesulitan yang dialami para nasabah ketika ingin menabung atau mengambil uang.

Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan di Bawah Ini, Apa yang Menjadi Dasar JiIka Teks Tersebut

Soal dan jawaban dari Tugas Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 51. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dan jawaban yang ada.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas !

1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
a. Apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi
b. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi
c. Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja
d. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi
e. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi


Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau baca artikel di bawah ini 

1.a. Dasar yang menjadikan teks tersebut merupakan teks eksplanasi adalah dilihat dari isi teks tersebut. Apabila kita perhatikan, banyak sekali teks yang menjelaskan tentang proses. Proses yang dimaksud adalah proses terjadinya aksi demonstrasi. Bisa kita lihat bersama, teerjadi proses mulai dari awal hingga terjadi demonstrasi.

b. Ciri umum teks eksplanasi adalah penulis menggunakan banyak fakta yang fungsinya sebagai penyebab atau akibat terjadinya suatu peristiwa. Bahkan hampir bisa dikatakan bahwa teks eksplanasi hampir semuanya berupa fakta.

c. Unsur teks eksplanasi adalah adanya penyebab dan akibat.

d. Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi merupakan hal yang merupakan syarat terjadinya teks eksplanasi. Jika salah satu dari keduanya tidak terpenuhi, berarti teks tersebut bukan teks eksplanasi.

e. Fungsi fakta sangat penting yaitu untuk menjelaskan penyebab atau akibat dari suatu peristiwa.

Penulisan Kata-Kata dari Bahasa asing yang Digunakan Dalam Bahasa Indonesia Harus Dimiringkan

Soal dan jawaban dari Tugas 7 nomor 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK kurikulum 2013 halaman 39. Peserta didik diminta untuk mencari contoh penulisan kata dalam bahasa asing.



Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

2. Penulisan kata-kata dari bahasa asing yang digunakan dalam bahasa Indonesia harus dimiringkan. Tunjukkanlah contoh kata yang dimaksud dalam kalimat-kalimat di bawah ini. Kemudian perbaikilah !

Jawab:

Pembetulan saya beri tanda dengan huruf miring

Kalimat
a. Nah dengan begitu, pekerjaan cepat selesai, bisa pulang on time, dan bisa melakukan berbagai hal lain di luar pekerjaan.

b. Aplikasikan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut

c. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow.

d. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar.

e. Kembangkan dan blow dry rambut bagian depat untuk mendapatkan kesan bervolume.

f. Dengan demikian, pada saat pagi datang, Anda tidak perlu terburu-buru dan merusak mood seharian penuh.

g. Misalnya dengan bepergian keluar kota, berpesta dan menonton midnight, akhirnya waktu istirahat berkurang.

h. Di Indonesia seharusnya menggunakan ban all condition, bisa dipakai untuk panas dan hujan.

i. Jangan sampai salah memilih karena pertimbangan fashion dengan motif aneh-aneh, tetapi tidak aman di jalan basah.

j. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.

Tugas 7 Jelaskanlah Penyebab Kesalahan dari Penulisan Kata dalam Kalimat

Soal dan Jawaban dari Tugas 7 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK kurikulum 2013 halaman 38. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dengan cara mencari penyebab kesalahan.

Agar lebih jelas silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.


Soal

Tugas 7

1. Jelaskanlah penyebab kesalahan dari penulisan kata dalam kalimat-kalimat di bawah ini. Kemudian perbaikilah

Kesalahan kata dalam kalimat

a. Pewawancara biasanya memberikan kesempatan bagi kita untuk mengajukan pertanyaan diakhir wawancara.

b. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gajih dan tunjangan
c. Siasati dengan mendahului pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.
d. Ini biasanya karena kita akan berfikir pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan.
e. Ketika tubuh dan otak kerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu beristirahat sejenak.


Jawab:

Silakan tonton video ini:




atau simak tulisan di bawah ini

a. Penyebab kesalahan: Pada kata diakhir, terdapat kekeliruan pemilihan kata depan. Kata depan yang digunakan seharusnya pada bukan di. 
Perbaikan: Pewawancara biasanya memberikan kesempatan bagi kita untuk mengajukan pertanyaan pada akhir wawancara

b. Penyebab kesalahan: kata baku sesuai KBBI yang benar adalah gaji bukan gajih
Perbaikan: Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan.
Tambahan koreksi: di sesi seharusnya pada sesi.

c. Penyebab kesalahan: Pemilihan akhiran- i pada kata mendahului tidak tepat seharusnya mendahulukan
Perbaikan: Siasati dengan mendahulukan pekerjaan yang menjadi prioritas hari itu.

d. Penyebab kesalahan:berfikir seharusnya berpikir. (sesuai KBBI)
Perbaikan: Ini biasanya karena kita akan berpikir pekerjaan ini akan memakan banyak waktu dan sulit untuk segera diselesaikan.

e. Penyebab kesalahan: frasa kerja keras seharusnya bekerja keras
Perbaikan: Ketika tubuh dan otak bekerja keras selama beberapa waktu, tentu diperlukan waktu beristirahat sejenak.

2. Jawaban soal nomor 2 (Penulisan kata-kata dari Bahasa asing yang digunakan dalam bahasa) Indonesia harus dimiringkan

Tugas 6 Menyunting Teks Prosedur Kelas 11, Perhatikan Pula Kedua Cuplikan Teks Tersebut

Soal dan jawaban dari Tugas 6 dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum 2013 SMA/ MA/SMK/MAK halaman 37-38. Peserta didik diminta mengerjakan soal yaitu membandingkan kedua suplikan teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Perhatikan pula kedua cuplikan teks berikut. Bandingkanlah keduanya. Manakah cuplikan yang mudah dipahami? Apakah yang membedakan kedua cuplikan tersebut.

Cuplikan 1

1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi lagi. Meski terlihat simpel dan kasual, tetapi untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.

2. Ada beberapa langkah dan cara yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik, sebagai berikut.


Cuplikan II

1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi. Meskipun terlihat simpel dan kasual, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.

2. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik. Langkah-langkah itu adalah sebagai berikut.


Jawab:

Cuplikan yang mudah dipahami adalah cuplikan 2. Hal yang membedakan keduanya terletak pada susunan tata bahasa. Pada cuplikan 1 nomor 1, terdapat kata-kata yang kurang tepat digunakan, misalnya lagi dan tetapi. Selain itu pada cuplikan 1 nomor 2 terdapat upaya untuk melakukan pemerincian namun terkesan tergesa-gesa.

Sabtu, 27 Juli 2019

Temukanlah Bukti Perbandingan Antara Teks Sejarah Borobudur dengan Kutipan Novel Sejarah Rumah Kaca

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 4 Membandingkan Novel Sejarah dan Teks Sejarah dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA/MAK terbitan kemendikbud halaman 51-52. Dalam kegiatan tersebut terdapat tugas  yaitu membandingkan antara teks sejarah Borobudur denan kutipan Novel Rumah Kaca

Agar kamu lebih paham, silakan perhatikan soal/ tugas dan jawaban dari tugas tersebut di bawah ini.



Tugas

Berdasarkan uraian sebelumnya, temukanlah bukti perbandingan antara teks sejarah berikut ini dengan kutipan novel sejarah RUmah Kaca karyaPramoedya Ananta Toer.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini


Atau simak tulisan di bawah ini :

Perbandingan antara Teks Sejarah Borobudur dengan Novel Sejarah RUmah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer

Teks Sejarah Borobudur:

Teks sejarah Borobudur merupakan teks yang berdasarkan fakta sesungguhnya. Pada penulisan teks ini, penulis menyajikan dengan hati-hati dengan menggunakan bahasa yang baku dan dituntut untuk menyajikan fakta sebagaimana adanya. Penulis mengetengahkan deskripsi Candi Borobudur mulai dari luasnya, jumlah patung Buddha jumlah stupa dan stupa induk. Untuk menghasilkan tulisan tersebut, penulis harus menguasai secara detail sejarah Borobudur, di mana letak Borobudur, dan siapa saja yang terlibat dengan pembangunan candi tersebut.

Novel Sejarah Rumah Kaca

Meskipun Rumah Kaca dikategorikan novel sejarah, bukan berarti semua yang terjadi di dalamnya merupakan fakta atau sepenuhnya fiksi. Perihal nama-nama tokoh bisa jadi fiksi ada juga yang nyata. Akan tetapi untuk rangkaian cerita yang menjadi kekuatan sebuah novel, kemungkinan besar merupakan kisah tidak nyata atau fiksi. Termasuk dialog-dialog yang terjadi di dalamnya.


Kesimpulan: Teks sejarah sangat ketat dan harus bisa dibuktikan oleh ilmu yang berkaitan, sementara novel sejarah tidak dituntut untuk selalu berdasarkan fakta.

Jumat, 26 Juli 2019

Kegiatan 3 Mengidentifikasi Struktur Teks Cerita Sejarah Mangir - Pramoedya Ananta Toer

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3, Mengidentifikasi Struktur Teks Cerita Sejarah Mangir. Soal tersebut terdapat pada buku pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK?MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 41-53.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dn jawabannya di bawah ini.



Soal:

Berdasarkan kutipan novel mangir lakukan kegiatan pengidentifikasian certa ke dalam tabel di bawah ini.

Jawab:

Silakan tonton video ini :




atau baca artikel di bawah ini:

1. Kutipan: 

Di bawah bulan malam ini, tiada setitik pun awan di langit. Dan bulan telah terbit bersamaan dengan tenggelamnya matari. Dengan cepat ia naik dan kaki langit, mengunjungi segala dan semua yang tersentuh cahayanya. Juga hutan, juga laut, juga hewan dan manusia. Langit jernih, bersih, dan terang. Di atas bumi Jawa lain lagi keadaannya gelisah, resah, seakan-akan manusia tak membutuhkan ketenteraman lagi.

1. Abad Keenam Belas Masehi

Bahkan juga laut Jawa di bawah bulan purnama sidhi itu gelisah. Ombak-ombak besar bergulung-gulung memanjang terputus, menggunung, melandai, mengejajari pesisir pulau Jawa. Setiap puncak ombak dan riak, bahkan juga busanya yang bertebaran seperti serakan mutiara-semua-dikuningi oleh cahaya bulan. Angin meniup tenang. Ombak-ombak makin menggila.

Sebuah kapal peronda pantai meluncur dengan kecepatan tinggi dalam cuaca angin damai itu. Badannya yang panjang langsing, dengan haluan dan buritan meruncing, timbul-tenggelam di antara ombak-ombak purnama yang menggila. Layar kemudi di haluan menggelembung membikin tunas menerjang serong gunung-gunung air itu-serong ke barat laut. Barisan dayung pada dinding kapal berkayuh berirama seperti kaki-kaki pada ular naga. Layarnya yang terbuat pilinan kapas dan benang sutra, mengilat seperti emas, kuning dan menyilaukan.
- Struktur: Orientasi
- Keterangan: Berisi penjelasan tentang latar waktu dan dan situasi cerita yang akan diceritakan yakni di Laut Jawa kira-kira pada abad keenam belas masehi.

2. Kutipan: Sang Patih berhenti di tengah-tengah pendodop, dekat dengan damarsewu, menegur, " Dingin-dingin begini anakanda datang. Pasti ada sesuatu keluarbiasaan.Mendekat sni, anakanda." Dan Patragading berjalan mendekat dengan lututnya sambil mengangkat sembah, merebahkan diri pada kaki Sang Patih. "Ampuni patik, membangunkan Paduka pada malam buta beini kabar duka, Paduka. Balatentara Demak di bawah Adipati Kudus memasuki Jepara tanpa diduga-duga.
Struktur: Pengungkapan Peristiwa
Keterangan: Pada bagian ini penulis menyajikan terjadinya peristiwa yaitu balatentara Demak di bawah adipati kudus memasuki Jepara tanpa diduga-duga.


3.Kutipan: " Bagaimana Bupati Jepara?" Tewas enggan menyerah Paduka, Patragading mengangkat sembah. " Sisa balatentara Tuban mundur ke timur kota. Jepara penuh dengan balatentara Demak. Lebih dari tiga ribu orang."
Begitulah kata warta, "Pada meneruskan dengan hati-hati matanya tertuju pada Boris," Semua bangunan batu di atas wilayah kota, gapura, arca, pagoda, kuil,candi akan dibongkar. Setiap batu berukir telah dijatuhi hukuman buang ke laut tinggal hanya pengumumannya."
Struktur: Puncak Konflik
Keterangan: Pada bagian ini terjadi peristiwa besar yaitu terbunuhnya Bupati Jepara dan rusaknya bangunan-bangunan di Jepara.

4. Kutipan: Seluruh Tuban kembali dalam ketenangan dan kedamaian-kota dan pedalaman. Sang Patih Tuban mendiang telah digantikan oleh Kala Cuwil, pemimpin pasukan gajah. Nama barunya WIrabumi. Panggilannya yang lengkap: Gusti Patih Tuban Kala CUwil Sang Wirabumi. Dan sebagai patih ia tetap memimpin pasukan ajah.

Pasar kota dan bandar ramai kembali seperti sediakala, Lalu lintas laut, kecuali atas angin pulih kembali.
Struktur: Resolusi
Keterangan: Pada bagian ini terjadi penyelesaian konflik. Tuban dibangun kembali oleh Demak dengan menjadikan WIrabumi sebagai bupati.


5.Kutipan: Sang Adipati telah menjatuhkan titah: kapal-kapal Tuban mendapat perkenan untuk berlabuh dan berdagan di Malaka ataupun Pasai
Struktur: Koda
Keterangan: Akhir cerita ditutup dengan diizinkannya kapal Tuban berlabuh dan berdagang di Malaka.

Tuliskan Pendapatmu Tentang Dampak Langsung dari Terjadinya Pemberontakan APRA

Soal dan Jawaban dari Tugas pada buku Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Kelas XII SMA/SMK/MA/MAK halaman 23. Peserta didik diminta mengerjakan soal berdasarkan gambar pada halaman tersebut.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal:

TUGAS

Tuliskan pendapatmu tentang dampak langsung dari terjadinya pemberontakan APRA


Jawab:

jawaban ada dalam video ini




atau dalam artikel di bawah ini

Berdasarkan gambar, ada beberapa dampak yang terjadi karena pemberontakan APRA diantaranya:

1. Gugurnya puluhan tentara Indonesia yang saat itu masih bernama APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat). APRA di bawah pimpinan Westerling melakukan pembunuhan secara brutal dan sadis terhadap Tentara dan masyarakat di kota Bandung yang mereka temui. Mereka membunuh tentara APRIS yang mereka jumpai dengan kejam. Salah satunya terhadap Overste Adolf Gustaaf Lembong.

2. Terjadi situasi yang tidak aman di kota Bandung karena APRA membuat kekacauan di mana-mana. Penduduk sipil yang biasanya tinggal dengan aman di kota Bandung segera bersembunyi di rumah masing-masing. Para pemilik toko juga menutup tokonya masing-masing.