Monday, July 29, 2019

Tentukanlah Mana yang Merupakan Pernyataan Umum Deretan Penjelas dan Interpretasi

Soal dan jawaban dari tugas Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK bab 2 kurikulum 2013 halaman 59 - 60. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang pernyataan umum, deretan penjelas, dan intrepretasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

1. Bacalah teks berikut ini dengan seksama
2. Ikuti instruksi di bawah ini !
a. Tentukanlah mana yang merupakan pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
b. Carilah kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)


Jawab:

2.a.
Pernyataan umum:
Gempa dahsyat pernah terjadi di Aceh, 26 Desember 2004, pada pukul  07.58 WIB. Pusat gempa terletak di sebelah barat Aceh dengan kedalaman  10 km. Bencana ini merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40  tahun terakhir. Dampak kerusakannya meliputi Aceh, Sumatra Utara, Pantai  Barat Semenanjung Malaysia, hailand, Pantai Timur India, Srilangka, bahkan  sampai Pantai Timur Afrika.

Deretan penjelas:
Gempa ini juga mengakibatkan gelombang laut setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan  Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Kekuatan gempa pada penghujung tahun 2004 itu mencapai 9.0 richter dengan  korban tewas mencapai 283.100, 14.000 orang hilang dan 1,126,900 kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi yang disertai gelombang tsunami itu merupakan  bencana yang mengakibatkan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Langka, India, dan hailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.
Di Indonesia, gempa menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung  Sumatra. Di Banda Aceh, sekitar 50 dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Namun, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai Barat Aceh dan Sumatra Utara.
Di Sri Lanka dikonirmasikan 45.000 korban jiwa jatuh dan lebih dari 1 juta jiwa penduduk negara ini terkena dampak gempa secara langsung. Di India,  termasuk Kepulauan Andaman dan Nicobar diperkirakan menelan lebih dari 12.000 korban jiwa.
Di Thailand banyak pula wisatawan asing terkena bencana, terutama di daerah Phuket diperkirakan ada sekitar 4.500 korban jiwa. Bhumi Jensen, cucu Raja Rama  IX atau lebih dikenal dengan nama Bhumibol Adulyadej juga termasuk salah satu korban. Bhumi Jensen baru berusia 21 tahun.
Bahkan di Somalia, di benua Afrika ribuan kilometer dari Indonesia, dilaporkan jatuh lebih dari 100 korban jiwa. Akan tetapi, sebagian besar atau mungkin hampir  semua dari mereka adalah para nelayan.

Interpretasi:
Gempa Bumi dan Tsunami Aceh yang juga menghantam Thailand. Selain  menempati posisi gempa berkekuatan terbesar kedua setelah gempa Chili 1960 yang mencapai 9.5 skala richter, gempa Aceh menempati peringkat pertama  sebagai gempa dengan waktu durasi penyesaran yang paling lama, yaitu sekitar 10 menit. Gempa ini cukup besar untuk membuat seluruh bola bumi ikut bergetar.

b. Silakan klik Kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon