Senin, 29 Juli 2019

Apa Saja Bukti Bahwa Semua Teks Di bawah Ini Berbentuk Eksplanasi

Soal dan jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK Kelas 11 Bab 2 halaman 55. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Apa saja bukti bahwa teks dibawah ini berbentuk eksplanasi? Apa pula gagasan umum serta fakta penting didalam teks tersebut?

a.Pertumbuhan dimulai dari kecambah. Struktur awal yang muncul berupa radikula atau akar primer. Hal ini menunjukan bahwa pertama kali yang dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral, membentuk akar sekunder,dan selanjutnya tumbuhlah cabang-cabang menjadi suatu sistem akar.

b.Percabangan suatu bahasa Proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap tiap bahasa baru ini dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebuah pohon. Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.

Jawab:

Sila tonton video ini




Teks 1. Bukti sebagai eksplanasi: Bisa kita baca bersama pada teks 1 di atas, proses terjadinya kecambah ditulis dengan runtut dan jelas. Dimulai dari awal hingga akhrnya tumbuhlah cabang-cabang.

Gagasan umum: Pertumbuhan dimulai dari kecambah
Fakta penting: Hal ini menunjukkan bahwa yang pertama kali dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar primer akan tumbuh secara lateral membentuk akar sekunder.

Teks 2. Bukti sebagai eksplanasi: Proses terbentuknya bahasa Proto menjadi dua bahasa baru disebabkan adanya percabangan yang terus menerus

Gagasan umum: Percabangan suatu bahasa Proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap tiap bahasa baru ini dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan percabangan sebuah pohon

Fakta penting: Pada suatu waktu batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh menjadi cabang cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru

Artikel Terkait