Sunday, July 28, 2019

Bacalah Teks di bawah ini Dengan Cermat, Kemudian Tentukan Manakah yang Termasuk Eksplanasi

Soal dan Jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK halaman 52. Peserta didik diminta untuk menentukan manakah yang termasuk teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal:

Bacalah

a. Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah ini sekarang sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu melipatgandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan kualitasnya.

b. Satu-satunya bidang pembangunan yang tidak mengalami imbas krisis ekonomi adalah sektor-sektor di bidang pertanian. Misalnya, perikanan masih meningkat cukup mengesankan, yaitu 6,65 persen; demikian pula perkebunan, yang meningkat 6,46 persen. Walaupun terkena kebakaran sepanjang tahun, sector kehutanan masih tumbuh 2,95 persen. Secara umum, kontribusi dari sektor-sektor pertanian terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 18,07 persen menjadi 18,04 persen. Padahal selama 30 tahun terakhir, pangsa sektor pertanian merosot dari tahun ke tahun.

c. Sejak sekolah dasar aku dididik mandiri oleh ibuku. Pada saat aku berusia sebelas tahun ibuku mendidik aku supaya bisa mencari uang sendiri memenuhi kebutuhan sekolahku. Setiap berangkat sekolah ibuku menyertakan bermacam-macam buah satu tas untuk dijual di sekolah. Aku melakukannya dengan senang hati. Lama-kelamaan ibuku menyuruhku untuk membeli dan menjual sendiri tanpa harus dibantu siapa pun. Kegiatan semacam itu aku lakukan sampai sekarang meskipun aku sudah sekolah di SMAdengan barang-barang dagangan yang berbeda. Sekarang aku menjual pakaian dari mutu  erkualitas rendah sampai dengan berkualitas tinggi. Yang paling mengesankan bagiku, sejak dulu sampai sekarang masih tetap ada pembeli setiaku.

d. Pohon anggur, di samping buahnya yang digunakan untuk pembuatan minuman, daunnya pun dapat digunakan sebagai bahan untuk pembersih wajah. Caranya, ambillah daun anggur secukupnya. Lalu, tumbuk sampai halus. Masaklah hasil tumbukan itu dengan air secukupnya dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, ramuan tersebut kita dinginkan dan setelah dingin baru kita gunakan untuk membersihkan wajah. Insyaallah, kulit wajah kita akan kelihatan bersih dan berseri-seri.

e. Pada masa lalu bila seseorang ingin menabung atau mengambil uang di bank, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratannya. Demikian juga bila seorang nasabah mau mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke bank tersebut dengan memenuhi segala persyaratannya. Segala transaksi harus dilakukan di tempat bank itu berada. Sekarang, para nasabah bank dipermudah dengan teknik layanan baru. Bila mau mengadakan transaksi mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek saldo akhir hingga bayar rekening telepon, dan lain-lain dapat dilakukan dari jarak jauh tinggal tekan tombol. Telebanking merupakan inovasi baru untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai kegiatan transaksi perbankan.


Jawab:

Teks a. Ya, karena kita bisa melihat adanya proses kausalitas yaitu sebab akibat. Hal tersebut merupakan proses terjadinya sesuatu.Sebab: Cara bertani konvensional dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan. Akibatnya: dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu meningkatkan produksi pangan.

Teks b. Tidak. Meskipun mengungkapkan fakta, kita tidak melihat ada proses pada teks tersebut.

Teks c. Ya. Ada proses kausalitas. Bisa kita baca bersama bahwa tokoh Aku menjelaskan proses sejak kecil hingga sukses berdagang.

Teks d. Ya. Ada proses kausalitas. Proses pengolahan anggur untuk perawatan  wajah dijelaskan dengan baik.

Teks e. Ya. Ada proses kausalitas. Ada alasan mengapa teknologi perbankan sekarang berkembang. Karena untuk mengatasi permasalahan yang terjadi selama ini yaitu kesulitan yang dialami para nasabah ketika ingin menabung atau mengambil uang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon