Saturday, July 27, 2019

Temukanlah Bukti Perbandingan Antara Teks Sejarah Borobudur dengan Kutipan Novel Sejarah Rumah Kaca

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 4 Membandingkan Novel Sejarah dan Teks Sejarah dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA/MAK terbitan kemendikbud halaman 51-52. Dalam kegiatan tersebut terdapat tugas  yaitu membandingkan antara teks sejarah Borobudur denan kutipan Novel Rumah Kaca

Agar kamu lebih paham, silakan perhatikan soal/ tugas dan jawaban dari tugas tersebut di bawah ini.



Tugas

Berdasarkan uraian sebelumnya, temukanlah bukti perbandingan antara teks sejarah berikut ini dengan kutipan novel sejarah RUmah Kaca karyaPramoedya Ananta Toer.

Jawab:

Perbandingan antara Teks Sejarah Borobudur dengan Novel Sejarah RUmah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer

Teks Sejarah Borobudur:

Teks sejarah Borobudur merupakan teks yang berdasarkan fakta sesungguhnya. Pada penulisan teks ini, penulis menyajikan dengan hati-hati dengan menggunakan bahasa yang baku dan dituntut untuk menyajikan fakta sebagaimana adanya. Penulis mengetengahkan deskripsi Candi Borobudur mulai dari luasnya, jumlah patung Buddha jumlah stupa dan stupa induk. Untuk menghasilkan tulisan tersebut, penulis harus menguasai secara detail sejarah Borobudur, di mana letak Borobudur, dan siapa saja yang terlibat dengan pembangunan candi tersebut.

Novel Sejarah Rumah Kaca

Meskipun Rumah Kaca dikategorikan novel sejarah, bukan berarti semua yang terjadi di dalamnya merupakan fakta atau sepenuhnya fiksi. Perihal nama-nama tokoh bisa jadi fiksi ada juga yang nyata. Akan tetapi untuk rangkaian cerita yang menjadi kekuatan sebuah novel, kemungkinan besar merupakan kisah tidak nyata atau fiksi. Termasuk dialog-dialog yang terjadi di dalamnya.


Kesimpulan: Teks sejarah sangat ketat dan harus bisa dibuktikan oleh ilmu yang berkaitan, sementara novel sejarah tidak dituntut untuk selalu berdasarkan fakta.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon