Minggu, 28 Juli 2019

Tugas 6 Menyunting Teks Prosedur Kelas 11, Perhatikan Pula Kedua Cuplikan Teks Tersebut

Soal dan jawaban dari Tugas 6 dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum 2013 SMA/ MA/SMK/MAK halaman 37-38. Peserta didik diminta mengerjakan soal yaitu membandingkan kedua suplikan teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Perhatikan pula kedua cuplikan teks berikut. Bandingkanlah keduanya. Manakah cuplikan yang mudah dipahami? Apakah yang membedakan kedua cuplikan tersebut.

Cuplikan 1

1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi lagi. Meski terlihat simpel dan kasual, tetapi untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.

2. Ada beberapa langkah dan cara yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik, sebagai berikut.


Cuplikan II

1. Gaya rambut bob pendek kini mulai digandrungi. Meskipun terlihat simpel dan kasual, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar.

2. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk merawat rambut pendek Anda dengan baik. Langkah-langkah itu adalah sebagai berikut.


Jawab:

Cuplikan yang mudah dipahami adalah cuplikan 2. Hal yang membedakan keduanya terletak pada susunan tata bahasa. Pada cuplikan 1 nomor 1, terdapat kata-kata yang kurang tepat digunakan, misalnya lagi dan tetapi. Selain itu pada cuplikan 1 nomor 2 terdapat upaya untuk melakukan pemerincian namun terkesan tergesa-gesa.

Artikel Terkait