Jumat, 24 Juli 2020

Coba Tuliskan Bagaimana Penilaian dan Perasaanmu Setelah Mengetahui Tindakan Portugis

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 79. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Coba tuliskan, bagaimana penilaian dan perasaanmu setelah mengetahui tindakan Portugis yang licik, yang telah membunuh Sultan Khaerun?

Jawab:

Tingkah laku portugis dan Belanda memang setali tiga uang. Mereka adalah penjajah yang licik, dan penuh tipu muslihat demi meraih tujuan mereka. Perbuatan Portugis yang menipu Sultan Khaerun untuk berunding namun justru membunuh Sultan adalah perbuatan biadab dan sangat tidak manusiawi. Ini hampir sama dengan apa yang dilakukan Belanda terhadap Pangeran Diponegoro. Bedanya Pangeran Diponegoro tidak dibunuh tapi diasingkan.

Licik, suka mengadu domba, kejam dan bengis adalah ciri-ciri penjajah.

Refleksi Setelah Kalian Mempelajari Materi Demokrasi, Tentunya Kalian Semakin Paham

Soal dan jawaban dari refleksi dalam buku Pkn Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 70. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang refleksi demokrasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal
Refleksi
Setelah kalian mempelajari materi demokrasi, tentunya kalian semakin paham betapa pentingnya mewujudkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Coba kalian renungkan. Sudah sejauhmanakah kalian melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari? Coba uraikanlah dalam satu paragraf perwujudan nilai-nilai demokrasi yang kalian lakukan dalam kehidupan
sehari-hari.



Jawab

Demokrasi dalam Kehidupanku Sehari-Hari

Demokrasi secara umum sudah mengalami perkembangan yang baik. Hampir semua aspek kehidupan sudah melaksanakan demokrasi tanpa disadari. Saya sendiri sebagai seorang pelajar mengalami kehidupan berdemokrasi yang baik di berbagai kegiatan saya sehari-hari. Dalam lingkungan keluarga, Ayah dan ibu memberi keleluasaan kepada kami, anak-anaknya untuk berpendapat, bersikap. Meskipun demikian, ayah dan ibu cukup tegas. Demokrasi dalam lingkungan sekolah juga berlangsung baik. Hampir semua warga sekolah termasuk bapak ibu guru juga sangat demokratis. Sebagian besar bapak ibu guru memberikan keleluasaan kepada murid-murid untuk berani berpendapat saat di kelas. Sementara di kalangan para peserta didik, juga sering melakukan musyawarah untuk menyelesaikan masalah.

Sekarang Coba Kalian Tuliskan Contoh Contoh Perilaku yang Mencerminkan

Soal dan jawaban dari pertanyaaan dalam buku PPKN kelas 11 SMA / MA/ SMK/ MAK kurikulum 2013 halaman 70. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan perilaku yang mencerminkan upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini !



Soal:

Nah sekarang coba kalian tuliskan contoh-contoh perilaku kalian yang mencerminkan upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi !

Jawab:

a. Dalam kehidupan di lingkungan keluarga
1) Tidak memaksakan kehendak kepada anggota keluarga yang lain
2) Diam mendengarkan ketika anggota keluarga lain sedang berbicara
3) Memberikan penghargaan ketika ada anggota lain yang berprestasi walau cuma hanya tanda jempol
4) Mematuhi aturan yang sudah ditetapkan dalam keluarga
5) Menghormati ayah dan ibu juga anggota keluarga lain

b. Dalam kehidupan di lingkungan sekolah
1) Aktif dalam kegiatan diskusi kelas
2) Mengikuti pemilihan ketua OSIS
3) Rajin mengemukakan pendapat saat pelajaran berlangsung
4) Menghargai pendapat teman lain
5) Tidak merundung teman lain

c. Dalam kehidupan di lingkungan masyarakat
1) Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan
2) Bermusyawarah ketika ada sengketa dengan tetangga
3) Tidak menyalakan musik terlalu keras
4) Berani berpendapat ketika rapat RT/ RW
5) Mematuhi keputusan rapat RT/ RW

d. Dalam kehidupan di lingkungan bangsa dan bernegara
1) Mendukung kelancaran proses pemilihan umum
2) Mengikuti pemilihan umum dengan baik dan tidak golput
3) Mematuhi aturan hukum
4) Menghargai pemeluk agama lain
5) Tidak menghina orang lain

Tugas Mandiri 2.3 Coba Kalian Amati dan Rasakan Bagaimana Pelaksanaan Karakteristik Negara Demokratis

Kunci Jawaban Tugas Mandiri 2.3 PKn Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 68 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan mengamati pelaksanaan karakteristik negara demokratis.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Mandiri 2.3
Coba kalian amati dan rasakan bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Tulislah jawaban kalian dalam tabel di bawah ini.



Jawab:

Karakteristika Negara Demokratis:
Persamaan Kedudukan di Depan Hukum
Penerapan dalam Lingkungan:

a. Keluarga:
1. Orangtua bersikap adil terhadap putra-putrinya
2. Hukuman/ sanksi diterapkan kepada seluruh anggota keluarga jika ada yang bersalah

b. Sekolah
1. Ada tata tertib atau aturan sekolah yang bersifat mengikat seluruh warga sekolah. Sanksi diterapkan tanpa pandang bulu.

c. Masyarakat
Ada norma/ aturan dalam tingkat RT/RW hingga kelurahan. Jika ada yang melanggar, harus diberi sanksi sesuai aturan tersebut.

d. Negara
Setiap warga negara tanpa memandang derajat/pangkat wajib mengerti dan mematuhi hukum yang berlaku karena jika melanggar akan diberi sanksi/ hukuman yang menyusahkan dia sendiri. Hukum berlaku bagi siapa saja.

Partisipasi dalam Membuat Keputusan
Penerapan dalam Lingkungan:
a. Keluarga:
Kepala keluarga harus bersikap demokratis dengan memberi kesempatan kepada anggota keluarga untuk mengutarakan pendapat dalam berbagai kesempatan.

b. Sekolah
Sekolah memiliki forum diskusi atau rapat yang memberi kesempatan kepada seluruh warga sekolah untuk mengutarakan pendapatnya dengan bebas.

c. Masyarakat
Di lingkungan RT/ RW ada perkulumpan rutin yang bersifat demokratis, di mana warganya berhak berpendapat dan menyampaikan usulan.

d.Negara
Negara memberikan kesempatan kepada rakyat untuk berpendapat baik di media sosial, media cetak, maupun dalam berbagai forum pertemuan.

Distribusi Pendapatan Secara Adil
Penerapan dalam Lingkungan:
a. Keluarga:
Kepala keluarga atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran keluarga, harus bisa memberi uang saku yang tepat kepada putra-putrinya. Misalnya uang saku anak SD, tidak sama dengan uang saku anak SMP. 

b. Sekolah
Kepala Sekolah atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran sekolah, harus bisa mendistribusikan kebutuhan sekolah secara adil terhadap seluruh guru dan karyawannya. Juga harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik.

c. Masyarakat
Di lingkungan masyarakat, dana biasanya bersumber dari iuran warganya. Jika memang harus dipergunakan, maka harus diutamakan untuk dipergunakan oleh warga yang benar-benar membutuhkan

d. Negara
Dana pemerintah harus bisa dipergunakan secara adil oleh warganya. Misalnya dana bantuan untuk orang miskin harus benar-benar disalurkan kepada yang berhak.

Kebebasan yang Bertanggungjawab
Penerapan dalam lingkungan:
a. Keluarga
Meskipun bebas, seorang anak harus tetap sopan dan patuh kepada orangtua. Begitupun sebaliknya, orangtua sudah pasti harus menyayangi putra-putri tercinta.

b. Sekolah
Meskipun bebas, para peserta didik tetap harus menghormati bapak ibu guru.

c. Masyarakat
Meskipun bebas, warga masyarakat harus tetap menghargai dan menghormati ketua RT/ RW

d. Negara
Meskipun bebas mengkritik, setiap warga negara tetap harus menghormati dan menghargai pemimpin negara jangan sampai melanggar hukum.


Tugas Mandiri 2.2 PPKn Kelas 11 Halaman 65 Setelah Kalian Memahami Materi Di Atas

Soal dan jawaban dari Tugas Mandiri 2.2 Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) kurikulum 2013 kelas 11 Bab 2 SMA / SMK/ MA/ MAK. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan karakteristik pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada setiap periodenya.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Setelah kalian memahami materi di atas, coba kalian buat kesimpulan mengenai karakteristik pelaksanaan dmeokrasi di Indonesia pada setiap periodenya. Tuliskan kesimpulan kalian dalam tabel di bawah ini.


Jawab:



NO.Indikator DemokrasiPeriodePeriodePeriodePeriodePeriode
  1945-19491949-19591959-19651965-19981998-Sekarang
1.AkuntabilitasIr. Soekarno dengan penuh keyakinan memasukkan asa mufakat / demokrasi tentang dasar negaraAkuntabilitas Pemegang Jabatan dan Politis Umum yang tinggiPresiden Ir. Sorekarno adalah kepala negara yang bertanggung jawabPresiden soeharto sebagai tikoh utama orde baru, dipandang rakyat sebagai sosok pemimpin yang mampu mengeluarkan ke terpurukan. boleh dikatakan hampir tidak pernah terjadiPada Periode ini, banyak pemimpin yang bertanggung jawab. dilaksanakan mulai dari pemerintah pusat sampai pada tingkat desa
  indonesia    
       
2.Rotasi KekuasaanPresiden yang secara konstitusional ada kemungkinan untuk menjadi dictator Setiap partai bebas memilih ketua dan segenap anggota pengurusnya-Pada Periode ini bersifat tertutup Pada Periode ini dilakukan secara terbuka
3.Pola Rekruitmen PolitikTerbuka, karena dimungkinkan terbentuknya sejumlah parpol untuk masa masa selanjutnyaDengan tingkat ekonomi dalam proses rekruitmennya sangat tinggi baik pengurus ataupun pimpinan portalnyaUntuk periode ini ditentukan oleh presiden--
4.Pelaksanaan Pemilihan UmumPada periode ini, pemilu belum dapat dilaksanakan sekalipun hal itu telah menjadi agenda politik utamaPemilu dalam periode ini hanya dilakukan 1x dengan prinsip demokrasiPemilu tidak perlu dan tidak pernah dijalankan Pemilu disini tidak melahirkan persaingan yang sehat, yang terjadi adalah kekuranganPemilu yang dilaksanakan lebih demokratis dari yang sebelumnya
5.Pemenuhan Hak-Hak Warga NegaraSemua warga negara yang sudah dianggap dewasa memiliki hal politik yang samaDalam periode ini hak hak mereka tidak dikurangi sama sekaliDalam periode ini pemenuhan hak hak dasar warga negara sangat lemahSangat lemah, karena dunia internasional seringkali menyoroti jaringan HAMSebagian besar hak dasar rakyat bisa terjamin

Kamis, 23 Juli 2020

Setelah Kalian Membaca Puisi di Atas, Coba Kalian Jawab Pertanyaan-Pertanyaan di Bawah Ini

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku PPkn Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 39. Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyan berdasarkan puisi sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Setelah kalian membaca puisi di atas, coba kalian jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1. Mengapa istilah demokrasi maknanya beranekaragam?
2. Dapatkah kita memaksakan pemahaman tentang demokrasi kepada orang lain? Berikan alasanmu.
3. Coba kalian identifikasi/temukan nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam puisi di atas.
4. Dari nilai-nilai yang sudah diidentifikasikan, nilai-nilai apa saja yang pantas dan tidak pantas untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari?

Jawab:

1. Karena hampir tiap orang maupun tiap kelompok mengartikan demokrasi sesuai dengan kepentingannya. Ini berarti, demokrasi memberikan keleluasaan bagi siapa saja untuk mengartikannya.

2. Tidak bisa, hanya negara yang bisa memaksakan pemahaman tentang demokrasi kepada warga negaranya. Dengan catatan, pemahaman tersebut sudah disepakati melalui aturan yang resmi. Untuk itu diperlukan payung hukum yang disepakati bersama agar demokrasi bisa dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh pemerintah dan rakyatnya.

3. Nilai-nilai yang terdapat dalam puisi di atas antara lain:
a. Pemahaman demokrasi tidak selalu sama
b. Diperlukan dialog untuk merumuskan demokrasi yang adil bagi siapa saja.
c. Penguasa bisa memaksa warganya untuk mengikuti demokrasi, namun harus terlebih dahulu disepakati bersama.

4. Semua nilai bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari.


Tugas Mandiri 2.4 Janganlah Kalian Memikirkan Apa yang Negara Berikan

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 2.4 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 halaman 69. Peserta didik diminta menjawab soal tentang bela negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 



Tugas Mandiri 2.4
Janganlah kalian memikirkan apa yang negara berikan, tetapi harus berpikir apa yang telah kalian berikan untuk negara. Pernyataan itu merupakan inti dari kesadaran bela negara. Nah sekarang coba kalian renungkan, apa saja yang sudah kalian lakukan sebagai wujud warga negara yang memiliki kesadaran bela negara?
Hal-hal yang sudah saya lakukan di antaranya: 

1. Rajin beribadah kepada Tuhan
2. Berbakti kepada kedua orangtua
3. Rajin belajar
4. Mematuhi peraturan, UU dan hukum yang berlaku
5. Rajin mengikuti upacara bendera
6. Mengutamakan musyawarah

Rabu, 22 Juli 2020

Tabel 2.7 Identifikasi Mengenai Tugas dan Fungsi TNI dan POLRI

Soal dan jawaban dari tugas kelompok 2.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 halaman 65 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengisi tabel dengan benar.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Tugas Kelompok 2.3
Bacalah Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dan Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia. Lakukan identifikasi bersama teman sebangku mengenai tugas dan fungsi TNI dan POLRI dalam sistem pertahanan dan kemanan negara Indonesia. Tuliskan hasil identifikasi kalian pada tabel berikut.

Tabel 2.7
Identifikasi Mengenai Tugas dan Fungsi TNI dan POLRI


Jawab:

1. Tentara Nasional Indonesia
Tugas dan Fungsi:

TUGAS :
1. Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah 
 NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
    Tugas pokok tersebut dilakukan dengan:
a. operasi militer untuk perang;
b. operasi militer selain perang, yaitu untuk:
1. mengatasi gerakan separatis bersenjata
2. mengatasi pemberontakan bersenjata
3. mengatasi aksi terorisme
4. mengamankan wilayah perbatasan
5. mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis
6. melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri
7. mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya
8. memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta
9. membantu tugas pemerintahan di daerah
10. membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang
11. membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia
12. membantu menanggulangi  akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan
13. membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan
14. membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan

FUNGSI :
1. Penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam 
    negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
2. Penindak terhadap setiap bentuk ancaman.
3. Pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

2. Kepolisian Republik Indonesia

TUGAS :
1.Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.
2.Membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat, serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
3.Turut serta dalam pembinaan hukum nasional.
4.Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.
5. Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat, dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk pemberian bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.
6.Menerima laporan atau pengaduan. 7.Membantu menyelesaikan perselisihan warga masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum.
8.Mencegah dan menanggulangi tumbuhnya penyakit masyarakat  yaitu, pengemisan, pelacuran, perjudian, penyalahgunaan narkoba, mabuk, perdagangan manusia, penghisapan/praktik Iintah darat dan pungutan liar.
9.Mengawasi aliran yang dapat menimbulkan perpecahan atau mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.
10.Melaksanakan pemeriksaan khusus sebagai bagian dari tindakan kepolisian dalam rangka pencegahan.

FUNGSI :
1.Keamanan dan ketertiban masyarakat.
2.Penegakan hukum.
3.Perlindungan.
4.Pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Senin, 20 Juli 2020

Tabel 2.6 Contoh Perilaku Masyarakat di Lingkungan Sekitarmu yang Mencerminkan Perwujudan

Kunci jawaban Tugas Kelompok 2.2 dalam buku PPkn Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 61.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Kelompok 2.2
Lakukanlah identifikasi terhadap perilaku masyarakat di lingkungan sekitarmu yang mencerminkan perwujudan upaya membangun kerukunan beragama. Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel di bawah ini. Informasikan hasil identifikasi kalian kepada kelompok yang lain.

Tabel 2.6
Contoh Perilaku Masyarakat di Lingkungan Sekitarmu yang Mencerminkan
Perwujudan Upaya Membangun Kerukunan Beragama



1. Kerukunan internal umat seagama
Contoh perilaku: 
a. Mengikuti kegiatan keagamaan
b. Saling mengingatkan saat tiba waktu beribadah
c. Saling menasehati dalam hal kebaikan
d. Saling tolong menolong dalam banyak hal
e. Mengutamakan musyawarah saat terjadi perselisihan

2. Kerukunan antar umat berbeda agama
a. Bergotong royong membersihkan lingkungan
b. Menjaga perasaan umat beragama lain
c. Memberi ucapan selamat ketika hari raya
d. Tidak melakukan perdebatan agama
e. Mengutamakan musyawarah saat terjadi perselisihan

3. Kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah
a. Merayakan hari besar keagamaan yang ditetapkan pemerintah
b. Mengikuti UU dan peraturan yang berlaku
c. Tidak berprasangka buruk kepada pemerintah
d. Membantu pemerintah menjaga akhlak warga negara Indonesia
e. Mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan persoalan keagamaan dan sosial

Rabu, 15 Juli 2020

Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat Dalam Dua Peraturan

Kunci jawaban tugas Mandiri 2.3 PPKn Kelas 10 SMA/ MA/ MAK Kurikulum 2013 Bab 2 halaman 58. Peserta didik diminta mengidentifikasi ciri-ciri kemerdekaan beragama dan kepercayaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Tugas Mandiri 2.3

Kemerdekaan beragama dan kepercayaan diatur pula dalam Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, serta dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2005 tentang pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik. Tugas kalian adalah mengidentifikasi ciri-ciri kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang terdapat dalam dua peraturan tersebut. Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel berikut ini.

Tabel 2.5
Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan
yang Terdapat dalam Dua Peraturan


1. Hak Untuk Beragama
Penjelasan: Setiap manusia memiliki hak untuk beragama sesuai dengan keinginannya sendiri. (Pasal 4  UU No 29 Tahun 2009)

2. Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya
dan kepercayaannya itu.
Penjelasan: Setiap orang memiliki kebebasan untuk memeluk agamanya dan menjalankan peribadatannya sesuai dengan  agamanya itu tanpa mendapat gangguan dari pihak lain. (Pasal 22 ayat 1 UU No 39 Tahun 2009 )

3. Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk
beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Penjelasan: Negara memberikan jaminan kepada setiap orang untuk memeluk agamanya masing-masing dan menjalankan ibadah menruut agama dan kerpecayaannya itu. (Pasal 22 ayat 2  UU No 39 Tahun 2009 )

4. Pelarangan Diskriminasi Agama
Penjelasan: Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak dibenarkan melakukan berbagai praktik diskriminasi termasuk dalam hal agama. (Pasal 4 UU RI No 12 tahun 2005)

5. Pelarangan propaganda atas dasar agama.
Penjelasan: Tidak dibenarkan menghasut atau berpropaganda atas dasar agama.  (Pasal 19 UU RI No 12 tahun 2005)

6. Dalam menyampaikan pendapat harus memperhatikan ajaran agama.
Penjelasan: Ketika bermaksud menyampaikan pendapat harus memperhatikan nilai-nilai agama. (Pasal 23   UU No 39 Tahun 2009 )

7. Setiap penganut agama berhak mendapat pendidikan agama sesuai dengan agamanya masing-masing
Penjelasan: Tidak dibenarkan memberikan pendidikan agama lain kepada orang yang sudah menganut agama tertentu. (Pasal 18 ayat 4 UU No. 12 tahun 2005)

8. Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya,
Penjelasan:  Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya, di bawah bimbingan orangtua/ wali.  (Pasal 55  UU No 39 Tahun 2009 )