Jumat, 24 Juli 2020

Refleksi Setelah Kalian Mempelajari Materi Demokrasi, Tentunya Kalian Semakin Paham

Soal dan jawaban dari refleksi dalam buku Pkn Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 70. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang refleksi demokrasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal
Refleksi
Setelah kalian mempelajari materi demokrasi, tentunya kalian semakin paham betapa pentingnya mewujudkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Coba kalian renungkan. Sudah sejauhmanakah kalian melaksanakan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari? Coba uraikanlah dalam satu paragraf perwujudan nilai-nilai demokrasi yang kalian lakukan dalam kehidupan
sehari-hari.



Jawab

Demokrasi dalam Kehidupanku Sehari-Hari

Demokrasi secara umum sudah mengalami perkembangan yang baik. Hampir semua aspek kehidupan sudah melaksanakan demokrasi tanpa disadari. Saya sendiri sebagai seorang pelajar mengalami kehidupan berdemokrasi yang baik di berbagai kegiatan saya sehari-hari. Dalam lingkungan keluarga, Ayah dan ibu memberi keleluasaan kepada kami, anak-anaknya untuk berpendapat, bersikap. Meskipun demikian, ayah dan ibu cukup tegas. Demokrasi dalam lingkungan sekolah juga berlangsung baik. Hampir semua warga sekolah termasuk bapak ibu guru juga sangat demokratis. Sebagian besar bapak ibu guru memberikan keleluasaan kepada murid-murid untuk berani berpendapat saat di kelas. Sementara di kalangan para peserta didik, juga sering melakukan musyawarah untuk menyelesaikan masalah.

Artikel Terkait