Friday, July 24, 2020

Tugas Mandiri 2.3 Coba Kalian Amati dan Rasakan Bagaimana Pelaksanaan Karakteristik Negara Demokratis

Kunci Jawaban Tugas Mandiri 2.3 PKn Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 2 halaman 68 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan mengamati pelaksanaan karakteristik negara demokratis.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Mandiri 2.3
Coba kalian amati dan rasakan bagaimana pelaksanaan karakteristik negara demokratis di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Tulislah jawaban kalian dalam tabel di bawah ini.



Jawab:

Karakteristika Negara Demokratis:
Persamaan Kedudukan di Depan Hukum
Penerapan dalam Lingkungan:

a. Keluarga:
1. Orangtua bersikap adil terhadap putra-putrinya
2. Hukuman/ sanksi diterapkan kepada seluruh anggota keluarga jika ada yang bersalah

b. Sekolah
1. Ada tata tertib atau aturan sekolah yang bersifat mengikat seluruh warga sekolah. Sanksi diterapkan tanpa pandang bulu.

c. Masyarakat
Ada norma/ aturan dalam tingkat RT/RW hingga kelurahan. Jika ada yang melanggar, harus diberi sanksi sesuai aturan tersebut.

d. Negara
Setiap warga negara tanpa memandang derajat/pangkat wajib mengerti dan mematuhi hukum yang berlaku karena jika melanggar akan diberi sanksi/ hukuman yang menyusahkan dia sendiri. Hukum berlaku bagi siapa saja.

Partisipasi dalam Membuat Keputusan
Penerapan dalam Lingkungan:
a. Keluarga:
Kepala keluarga harus bersikap demokratis dengan memberi kesempatan kepada anggota keluarga untuk mengutarakan pendapat dalam berbagai kesempatan.

b. Sekolah
Sekolah memiliki forum diskusi atau rapat yang memberi kesempatan kepada seluruh warga sekolah untuk mengutarakan pendapatnya dengan bebas.

c. Masyarakat
Di lingkungan RT/ RW ada perkulumpan rutin yang bersifat demokratis, di mana warganya berhak berpendapat dan menyampaikan usulan.

d.Negara
Negara memberikan kesempatan kepada rakyat untuk berpendapat baik di media sosial, media cetak, maupun dalam berbagai forum pertemuan.

Distribusi Pendapatan Secara Adil
Penerapan dalam Lingkungan:
a. Keluarga:
Kepala keluarga atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran keluarga, harus bisa memberi uang saku yang tepat kepada putra-putrinya. Misalnya uang saku anak SD, tidak sama dengan uang saku anak SMP. 

b. Sekolah
Kepala Sekolah atau siapa saja yang bertanggungjawab terhadap anggaran sekolah, harus bisa mendistribusikan kebutuhan sekolah secara adil terhadap seluruh guru dan karyawannya. Juga harus bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta didik.

c. Masyarakat
Di lingkungan masyarakat, dana biasanya bersumber dari iuran warganya. Jika memang harus dipergunakan, maka harus diutamakan untuk dipergunakan oleh warga yang benar-benar membutuhkan

d. Negara
Dana pemerintah harus bisa dipergunakan secara adil oleh warganya. Misalnya dana bantuan untuk orang miskin harus benar-benar disalurkan kepada yang berhak.

Kebebasan yang Bertanggungjawab
Penerapan dalam lingkungan:
a. Keluarga
Meskipun bebas, seorang anak harus tetap sopan dan patuh kepada orangtua. Begitupun sebaliknya, orangtua sudah pasti harus menyayangi putra-putri tercinta.

b. Sekolah
Meskipun bebas, para peserta didik tetap harus menghormati bapak ibu guru.

c. Masyarakat
Meskipun bebas, warga masyarakat harus tetap menghargai dan menghormati ketua RT/ RW

d. Negara
Meskipun bebas mengkritik, setiap warga negara tetap harus menghormati dan menghargai pemimpin negara jangan sampai melanggar hukum.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon