Minggu, 28 Juni 2020

Tulislah ide pokok dan Informasi Penting dari Teks Berjudul Bagaimana Jagung Berkembang Biak

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2 dan 4 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelum menjawab pertanyaan tentang ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul bagaimana jagung berkembang biak, terlebih dahulu, mari kita kerjakan pertanyaan pada halaman 2.

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

1. Mengapa tumbuhan sangat penting bagi manusia dan kehidupan?
Tumbuhan sangat penting bagi manusia karena dengan adanya tumbuhan manusia bisa tumbuh dan berkembang. Manusia mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan untuk kehidupannya.
2. Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi ini?
Kemungkinan besar, tidak akan ada kehidupan di bumi ini

Ayo Membaca
Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini. 
Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Edo juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat
yang dilihat selama liburan. Edo ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.
Berikut adalah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen
ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang
dimakan oleh manusia adalah biji jagung. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh : Nuniek

Bacalah dengan saksama.
Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.


Paragraf 1 :  Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia
Paragraf 2: Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung
Paragraf 3: Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya.
Paragraf 4: Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung
Paragraf 5: Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Sabtu, 27 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 89,91,95,96,101,102

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 kurikulum 2013 halaman 89. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati
Amatilah keempat gambar kenampakan berikut!
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan kenampakan alam yang ada di Indonesia.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan kenampakan buatan yang ada di Indonesia.


Ayo Berlatih
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kenampakan alam apakah yang tampak pada gambar di atas?
Gunung, Sungai, dan danau
2. Kenampakan buatan apakah yang nampak pada gambar di atas?
Waduk( Bendungan)
3. Apakah kenampakan alam itu?
Adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam.
4. Apakah kenampakan buatan itu?
Segala sesuatu di alam yang terbentuk karena perbuatna manusia.


Ayo Berlatih (halaman 91)

Pulau Jawa
Bentang Alam Secara Umum
a. Gunung : Gunung Merapi, Gunung Lawu, GUnung Merbabu, Gunung Semeru, Gunung Arjuna
b. Lembah : Lembah Tidar, Lembah Dieng, Lembah Kaliurang
c. Bukit : Bukit Moko, Bandung,  Bukit Sumedang di Jawa Barat, Bukit Kidul di Jawa Timur, Bukit Candi Abang, Sleman, Yogyakarta
d. Sungai : Sungai Bengawan Solo, Sungai Citarum, Sungai Ciliwung, 
e. Dataran rendah : Dataran rendah Surakarta, Dataran rendah Semarang, dan Dataran rendah Madiun
f. Pantai: Pantai Pangandaran, Pantai Parangtritir, Pantai Depok, Pantai Anyer.

Pulau Sumatera
a. Gunung : Gunung Kerinci, Gunung Marapi, GUnung Talamau, Gunung Bandahara, Gunung Dempo
b. Lembah : Lembah Anai, Lembah Ngarai Sianok, Lembah Harau
c. Bukit : Bukit Barisan, Bukit Pasai, Bukit Kerinci
d. Sungai : Krueng Aceh, Sungai Asahan,Sungai Barumun, Batang Gadis, Batang Hari, Krueng Jamboaye, Sungai Kampar, Sungai Indragiri.
e. Dataran rendah : Asahan (Sumatera Utara), Kota Jambi (Jambi), Tanjung Jabung Barat (Jambi), Tanjung Jabung Timur (Jambi), Muaro Jambi (Jambi), Merangin (Jambi), Batang Hari (Jambi), Dataran rendah Air Manis (Sumatera Barat)
f. Pantai: Pantai Carolina (Sumatera Barat), Pantai Mappadegat (Kepulauan Mentawai), Pantai Sako (Sumatera Barat)

Kalimantan
a. Gunung : Gunung Asing (1.703 m), Gunung Aurbunak (1.150 m), Gunung Balayan (1.599 m)
, Gunung Banyutawar (1.560 m), Gunung Batu (1.428 m), Gunung Batubrok (1546 m)
b. Lembah : Lembah Danum, Lembah Kahung, Lembah Mukti.
c. Bukit : Batu Dinding, Bukit Kelam, Bukit Baka, Bukit Lintang
d. Sungai : Melawi, Barito, Kapuas, Mahakam
e. Dataran rendah : Pangkalanpun, Ketapang, Kuala Kapuas, Telukmelano
f. Pantai: Pantai Angsana, Kemala, Melawai, Derawan

Sulawesi
a. Gunung : Klabat, Bawakaraeng, Latimojong, Soputan,
b. Lembah : Lembah Bada, Lembah Ramma, dan Lmbah Megalitikum Besoa
c. Bukit : Bukit Luwu, Bone,  Barui, Dataran Tinggi Waji, Dataran Tinggi Penreng, dan Dataran Tinggi Bingkoku
d. Sungai : Bila, Jenberang, Palu, Poso, Konoweha, Lariang, Walane
e. Dataran rendah : Dataran rendah Maros, Barrum Pangkep, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Gowa, dan Ujungpandang
f. Pantai: Tanjung Bira Bulukumba, Pantai Apparalang, Pantai Losari Makassar, Pantai Selayar Pulau Selayar, Pantai Akkarena Makassar, Pantai Panrang Luhu Bira, dan Pantai Marumasa.

Papua
a. Gunung : Irau, Mebo, Umsini, Bijih, Dafonsoro, Puncak Jaya
b. Lembah : Lembah Baliem, Lembah Kaputo, dan Lembah surghi
c. Bukit : Bukit Karang, Nit Arfak, Bukit Kobre, Bukit Teletubis
d. Sungai : Digul. Membramo, Undir, Bian, Maro, Tariku
e. Dataran rendah :  Dataran rendah Pesisir bagian selatan Papua, Pesisir  Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir Teluk Papua, dan Pesisir barat laut Papua
f. Pantai: Pantai Triton, Teluk Venue, Pantai Yen Beba, Pantai Bakaro, Pantai Kaironi, Pantai Pulau Um.

Kepulauan Maluku
a. Gunung : Binaia, Gamkonora, Gamalama, G. Api Banda. Dukono
b. Lembah : Lembah Argo, Lembah Alliamato, Lembah Waeapo
c. Bukit : Bukit Durian, Bukit Foramadiahi, Bukit Tidore
d. Sungai : Sungai Apu, Sungai Castelo, Sungai Marikrubu, Sungai Masiulang, Sungai Ruate, Sungai Sapatewa, Sungai Sapulawa, Sungai Sarafo, Sungai Togorala, Sungai Yalua
e. Dataran rendah : Dataran rendah di wilayah Ambon, Maluku Utara, Pulau Kei kecil, dan Pulau Seram bagian timur
f. Pantai: Pantai Ora, Pantai Ngurbloat, Natsepa, Jikumerasa

Pulau Bali
a. Gunung : Agung, Batur, Abang, Adeng, Batukaru, Merbuk
b. Lembah : Lembah Pantunan, Lembah Tukad Melangit
c. Bukit : Bukit Asah, Bukit Cinta, Bukit Jambul, Bukit Belong
d. Sungai : Ayung, Balangan, Tikad Buleleng, Pangi, Pakerisan
e. Dataran rendah : Badung, Tabanan, Gianyar, Buleleng, Batur, dan Buyan
f. Pantai: Kuta, Sanur, Jimbaran, Tanah lot, Pandawa, Nusa Dua

Kepulauan Nusa Tenggara
a. Gunung : Egon, Lewotolo, Rokatenda, Kelimutu, Rinjani, Tambora.
b. Lembah  Lembah Paundoa, Lembah Hijau Lombok, Bola Palelo, Jarebuu, Lembah Rinjani.
c. Bukit : Bukit Marese, Bukit Pengasingan, Batu Hidung, Bukit Mandoo, 
d. Sungai Wera, Wajalu, Benanain, Putih,Kambaniru, Aesesa, 
e. Dataran rendah , Moyo Hilir, Lape, Lopok, Plampang, dan Empang, Terdapat sepanjang pantai Utara dan Barat mulai dari Jereweh di pantai barat, Taliwang, Seteluk, Alas, Utan, Sumbawa Besar
f. Pantai: Sengigigi, Pantai Koka, Gili Trawangan, Sekotong,

Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui bentuk muka bumi atau bentang alam Pulau Papua.
Sekarang giliranmu untuk mencari tahu bentuk muka bumi atau bentang alam
provinsimu.
Untuk membantumu, kamu dapat melakukan studi pustaka dengan mencari
sumber-sumber referensi di perpustakaan sekolah.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.


-------------------------...


Ayo Berlatih (Halaman 95)
Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
OKtober-Maret
2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
April- September
3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Muson merupakan angin musiman yang bersifat periodik dan biasanya terjadi terutama di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia.


Ayo Membaca (Halaman 96-97)

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. (Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia)

Paragraf 1
Ide Pokok: Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna.

Paragraf 2
Ide Pokok: Banyak faktor yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, seperti iklim.

Paragraf 3
Ide Pokok: Faktor penyebab kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia adalah tanah

Paragraf 4
Ide Pokok: Air juga merupakan faktor penting yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia.

Paragraf 5
Ide Pokok: Selain iklim, tanah, dan air yang merupakan faktor abiotik, ada juga
faktor biotik yang mempengaruhi kaya dan beragamnya flora dan fauna
di Indonesia, yakni manusia.

Paragraf 6
Ide Pokok: Di sisi lain, manusia juga mempengaruhi keberlangsungan hidup flora
dan fauna.

Paragraf 7
Ide Pokok:Faktor biotik selain manusia adalah hewan dan tumbuhan itu sendiri.


Ayo Berlatih (Halaman 101)
Pasangkanlah dengan garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai! 


Ayo Mengamati (Halaman 102)
Amatilah gambar-gambar berikut.
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 77, 80, 82,84)

Soal dan jawaban dalam pembelajaran 3 subtema 2 tema 1 kelas 5 Sekolah Dasar kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 77. Para peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Ayo Mengamati
Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia berikut ini

Ayo Mencoba
Berdasarkan peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia? Pulau Jawa
2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? Pulau Papua
3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung? 50- 100 orang/ km
4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat? kurang dari 10 orang/ km
5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi tempat tinggalmu? Jawa Tengah (600-1299 orang/ km)

Ayo Berlatih (Halaman 78)
Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.

Ayo Berdiskusi (Halaman 80)
Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia. Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di
Indonesia.
Berilah tanda-tanda seperti berikut pada daerah-daerah di peta sesuai persebaran agamanya.


Ayo Membaca (Halaman 82-83)

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. (pada bacaan halaman 82)

Paragraf 1
Ide Pokok: Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama

Paragraf 2
Ide Pokok: Kerukunan umat beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup.


Paragraf 3
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan beragama damai dan rukun.

Paragraf 4
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam kebersamaan, meskipun banyak perbedaan.

Paragraf 5
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama)

Paragraf 6
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan.

Paragraf 7
Ide Pokok: Adapun Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara baik dengan pemerintah dalam menjaga kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara

Ayo Mencoba (Halaman 84)

Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Sekarang bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila.

SILA I Ketuhanan Yang Maha Esa
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
SILA II Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Berperilaku kasih sayang terhadap sesama teman dan sesama manusia secara umum.
SILA III Persatuan Indonesia
Mengikuti upacara Bendera
SILA IV Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
Mengutamakan diskusi untuk memecahkan masalah
SILA V Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Berperilaku adil terhadap teman-teman.

Ayo Renungkan (Halaman 87)
Dengan mempelajari kondisi kependudukan dan geografis alam Indonesia, kita makin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia.
Sudahkah kamu mencintai bangsamu? Tuliskan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu cinta tanah air.

Sebagai pelajar saya aktif mengikuti kegiatan upacara bendera di sekolah. Selain itu saya juga menaati tata tertib yang berlaku di sekolah, aturan di keluarga, norma di masyarakat dan UU/ peraturan hukum pemerintah.

Jumat, 26 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 63, 69, 71, 74,75

Kunci jawaban dari pembelajaran 2 subtema 2 tema 1 halaman 63 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 5 SD. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaanpertanyaan
berikut.
1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah bermain sepak bola
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan kaki
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah lapangan
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?
-pemanasan
- makan yang cukup

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

1. Tulang hasta.
Fungsi: Membentuk lengan bawah sebagai alat gerak manusia serta menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.

2. Tulang lengan atas
Fungsi: Sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku.
3. Tulang pengumpil
Fungsi: Menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari
Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).
4. Tulang pergelangan tangan
Fungsi: Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).

5. Tulang telapak tangan
Fungsi: Sebagai pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).
Metacarpals juga berfungsi untuk membentuk buku jari, yang dibentuk saat kamu mengepalkan tangan.

6. Tulang paha
Fungsi: Sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

7. Tulang kering
Fungsi: Sebagai penahan benturan di kaki dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari,

8. Tulang betis
Fungsi: Penahan tulang betis dalam menjaga keseimbangan dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

9. Tulang pergelangan kaki
Fungsi:Memungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel

10. Tulang telapak kaki
Fungsi: Memungkinkan kaki untuk berpijak sehingga dapat berjalan, berlari dan berdiri
11. Tulang jari kaki
Fungsi: Berfungsi sebagai pijakan dan juga membantu badan agar lebih seimbang

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

- Berenang
- Berlari
- Berjalan
- Naik sepeda

Ayo Membaca (Halaman 69-71)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan.

Paragraf 2
Ide Pokok : Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Saya tidak mau dikasihani orang.

Paragraf 4
Ide Pokok: Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi 
tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain

Paragraf 5
Ide Pokok: Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 6
Ide Pokok: Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan

Paragraf 7
Ide Pokok: Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.

Paragraf 8
Ide Pokok: Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan

Ayo Renungkan (Halaman  74)
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida


Sayuran Sehat Membuat Tubuh Juga Sehat

Makan sayur membuat tubuh kita sehat. Sayuran mengandung zat-zat bergizi yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan kita. Jika kita rajin mengonsumsi sayuran dengan benar, kita akan terhindar dari penyakit berbahaya.

Aku sangat gemar makan sayur. Ibu selalu menyediakan sayuran di rumahku. Ada bermacam-macam sayuran yang dimasak untuk pelengkap makan misalnya sayur bayam, sayur terong, sayur kacang, tomat dan lain-lain.

Aku suka makan sayur bayam. Apalagi jika yang masak sayur bayam adalah ibuku. Rasanya enak sekali. Aku menambahkan sedikit sambal, agar rasanya semakin lezat.

Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida. Jika sayur terlalu sering disemprot pestisida, rasanya menjadi tidak nikmat, bahkan berbahaya. Untuk itu agar kita bisa memastikan apakah sayuran yang kita konsumsi aman, sebaiknya tanamlah sayuran di sekitar rumah atau kebun.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana  mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu?
Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Sesungguhnya tubuh kita merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Mencipt. Setiap organ tubuh memiliki manfaat bagi kita. Sungguh sangat sedih apabila salah satu organ tubuh kita mengalami kerusakan atau bahkan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya kaki. Jika kita kehilangan kaki, kita akan mengalami kesulitan beraktivitas sehari-hari. Jagalah selalu kesehatan setiap organ tubuh kita dengan beraktivitas sewajarnya dan mengonsumsi makanan sehat.

Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.
- Berjalan
- Berlari
- Berolahraga
- Berdiri
- Jongkok

Kamis, 25 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 60, 61

Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 dalam buku Tematik Kelas 5 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tidak mencontek.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Mengamati
Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
Gambar pertama tentang seorang anak yang sedang mengayuh sepeda
Gamabr kedua tentang seseorang yang sedang mengendarai sepeda motor

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
Aktivitas yang menyehatkan adalah aktivitas pada gambar 1

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
Betul sekali

Ayo Berlatih
Baca dan pahami teks tentang bersepeda
Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.
Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.

Paragraf 1
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan

Paragraf 2
Ide Pokok : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

Paragraf 3
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Paragraf 4
Ide Pokok: Salah satu pilihan yang bijak unutk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda.

Paragraf 5
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.

Paragraf 6
Ide Pokok: Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Paragraf 7
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.

Ayo menulis (Halaman 61)

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang
kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku mulai menyukainya sejak ayah mengajariku naik sepeda pada saat aku masih berumur 6 tahun. Saat itu, ayah membelikanku sepeda roda empat. Setelah itu, ayah melepas dua roda kecil di samping kiri dan samping kanan roda belakang. Aku sering terjatuh saat naik sepeda, namun aku tidak kapok. Sekarang aku rajin bersepeda

Aku bersepeda pada sore hari. Setelah menunaikan salat asar, aku segera bersiap-siap untuk naik sepeda. Terkadang ayah dan ibu menemaniku bersepeda, namun tidak jarang aku bersepeda sendiri. Aku senang jika bisa bersepeda bersama ayah dan ibu.

Aku bersepeda berkeliling desa. Jalan di desaku sudah beraspal sehingga aku bisa berkeliling desa dengan nyaman. Aku bisa melihat suasana desa yang masih asri dengan sawah, ladang, sungai dan pepohonan yang terlihat begitu indah.

Aku bersepeda bersama teman-temanku. Kami memilih rute yang berbeda-beda setiap hari. Terkadang kami menyusuri pinggir sawah, pinggir sungai bahkan tidak jarang kami berkeliling ke desa lain.

Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Tubuhku terasa sehat dan bugar tiap kali selesai naik sepeda. Meskipun terkadang merasa kelelahan, aku merasa tubuhku tumbuh dengan sehat.


Ayo Renungkan
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/ bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia

Melakukan kegiatan fisik memang membuat badan kita sehat karena  seluruh tubuh kita akan bergerak dan membuat organ tubuh seperti jantung, otot, dan paru-paru bekerja keras. 

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51,53

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 51. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.
Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Paragraf 1
Ide Pokok: Edo Bermain di rumah Pak Rudi.

Paragraf 2
Ide Pokok: Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci

Paragraf 3
Ide Pokok:Kandang Kelinci Pak Rudi selalu bersih.

Paragraf 4
Ide Pokok: Pak Rudi Rajin memberi makan kelinci.

Paragraf 5
Ide Pokok: Kelinci Pak Rudi sangat lucu.


Kolom Cerita

Kelinci Pak Rudi

Hari ini, Edo bermain ke rumah Pak Rudi. Beliau adalah adik dari ayah Rudi. Edo suka bermain di rumah Pak Rudi karena orangnya baik hati dan sangat menyayangi Edo. Selain itu, Edo juga senang melihat kelinci di rumah Pak Rudi.Tak terasa sore pun tiba, Edo harus pulang.

Sebelum pulang, ia membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Saat Pak Rudi menyapu sampah di sekitar kandang, Edo membantu memungut sampah, lalu memasukkanya ke tempat sampah. Tidak lupa, ia juga memakai sarung tangan agar terjaga kesehatannya.

Kandang kelinci Pak Rudi selau bersih karena beliau rajin membersihkannnya. Pak Rudi rutin membersihkan kandang setiap hari. Jika kandang bersih, kelinci akan menyukainya.

Pak Rudi juga selalu memberi makan kelincinya setiap hari. Beliau menyediakan makanan seperti wortel dan sayuran-sayuran lainnya.

Kelinci Pak Rudi terlihat sangat lucu dan menyenangkan. Terkadang Edo meminta Pak Rudi untuk mengambilkan seekor kelinci lalu bermain-main dengan kelinci tersebut.

Ayo Membaca (Halaman 53)
Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Paragraf 1
Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2
Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga

Paragraf 3
Ide Pokok: Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan

Paragraf 4
Ide Pokok:Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.
Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata.
Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Hewan vertebrata:  Burung dan Sapi
a. hal yang dibandingkan : ALAT GERAK
b. penjelasan : Meskipun sesama hewan vertebrata, Burung dan Sapi memiliki alat gerak yang berbeda . Burung Lebih sering menggunakan Sayap untuk bergerak, sementara kuda lebih sering menggunakan keempat kakinya.

Hewan avertebrata: Cacing dan ubur-ubur

a. Hal yang dibandingkan : sistem pertahanan diri
b. Penjelasan: meski berasal dari kelompok avertebrata yang sama, cacing dan ubur-ubur memiliki cara bertahan diri yang berbeda. Cacing mengandalkan permukaan kulitnya yang licin untuk meloloskan diri dari predator, sementara ubur-ubur menggunakan sengatannya.

Rabu, 24 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 41,42,43, 46

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati

Amati kedua hewan di atas.
Temukan perbedaannya


Karakteristik Kelinci
1. Vertebrata
2. Gerakannya cepat dan gesit
3. Organ geraknya kaki
4. Pola gerakan kelinci dengan melompat
5. Sekujur tubuh kelinci dipenuhi bulu halus

Karakteristik Siput
1. Avertebrata
2. Gerakannya lambat
3. Organ gerak siput adalah otot pada perutnya
4. Pola gerakan siput dengan merayap
5. Tubuh Siput dilindungi cangkang yang keras.


Ayo Mengamati (Halaman 43)

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Belalang
Nama organ gerak: Kaki depan, kaki belakang, dan sayap
Fungsinya: Fungsi kaki depan dan belakang, untuk melompat. Sayap berfungsi untuk terbang

2. Cacing
Nama organ gerak : Otot perut
Fungsinya: berpindah tempat

3. Ubur-ubur
Nama organ gerak: tentakel
fungsinya: pergerakan naik dan turun dalam air.


Ayo membaca (halaman 44,45,46)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Paragraf 1
Ide Pokok: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban
dan menjijikkan
Kalimat Pengembang: 
- Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. 
- Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.


Paragraf  2
Ide Pokok: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan
Kalimat Pengembang: 
- Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh
hewan-hewan lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan
daun-daunan
Kalimat Pengembang: 
  • Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. 
  • Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. 
  • Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Paragraf 4
Ide Pokok: Siput adalah sang pengembara yang mandiri
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. 
  • Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. 
  • Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri.

Paragraf 5
Ide Pokok: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. 
  • Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan.
  • Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. 
  • Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. 
  • Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. 
  • Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Paragraf 6
Ide Pokok: Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah.
Kalimat Pengembang: 
  •  Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. 
  • Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. 
  • Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. 
  • Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu
  • miliki. 
  • Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Selasa, 23 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 32,38, 39

Soal dan jawaban dari pembelajaran 4 dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 subtema 1 halaman 32. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Kondisi Geografis pulau-pulau besar di Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Ayo Mengamati (Halaman 32)
Amatilah peta pada pembelajaran sebelumnya. Tuliskan kondisi geografis wilayah Indonesia, khususnya kondisi geografis pulau-pulau besar di Indonesia.


Pulau Jawa
Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta
1. Luas : ± 126.700 km² (48.919,1 mil²)
2. Batas
a. Laut :  
Sebelah utara : Laut Jawa
Sebelah selatan : Samudra Hindia
Sebelah barat    : Selat Sunda
Sebelah timur   : Selat Bali

b. Daratan: 
Sebelah utara     : Laut Jawa dan Pulau Kalimantan
Sebelah selatan : Samudera Hindia
Sebelah barat     : Selat Sunda dan Pulau Sumatera
Sebelah timur    : Selat Bali dan Pulau Bali

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
  1. Pantai Pangandaran (Jawa Barat)
  2. Pantai Carita (Banten)
  3. Pantai Siung (Yogyakarta)
  4. Pantai Menganti (Jawa Tengah)
  5. Pantai Ombak Mati (Jawa Tengah)
  6. Pantai Karang Agung (Jawa Timur)
  7. Pantai Tanjung Lesung (Banten)
  8. Pantai Klayar (Jawa Timur)
  9. Pantai Anyer (Banten)
  10. Pantai Parangkritis
Laut Di Pulau Jawa :
  1. Laut Jawa
  2. Samudera Hidia
Dataran Rendah Di Pulau Jawa :

b. Nama-nama dataran rendah:
  1. Dataran Rendah Surakarta.. Dataran ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dimana dengan ketinggian mencapai 95 meter sampai dengan 105 meter di atas permukaan laut.
  2. Dataran Rendah Semaran. Dataran rendah ini memiliki sebuah ketinggian berkisar antara 0 sampai dengan 3,5 meter dimana di atas permukaan laut serta berbatasan langsung dengan Laut Jawanya.
  3. Dataran Rendah Madiun. Terdapat di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. Dataran rendah Madiun ini berada pada ketinggian berkisar antara 63 meter sampai dengan 67 meter dimana dari atas permukaan air laut. 
c. Nama-nama gunung:
  1. Gunung Lawu, Jawa Timur.
  2. Gunung Ijen, Jawa Timur.
  3. Gunung Argopuro, Jawa Timur.
  4. Gunung Semeru, Jawa Timur.
  5. Gunung Salak, Jawa Barat.
  6. Gunung Tangkupan Perahu, Jawa Barat.
  7. Gunung Sindoro, Jawa Tengah.
  8. Gunung Sumbing, Jawa Tengah.
  9. Gunung Merbabu, Jawa Tengah.
  10. Gunung Merapi, Jawa Tengah.
  11. Gunung Prau, Jawa Tengah.


Pulau Sumatera
Kondisi Geografis Sumatera berdasarkan peta.
1. Luas: 473.481 km²
2. Batas
a. Laut: Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Selat Sunda, Samudera Hindia, Selat Malaka.
b. Daratan: Malaysia, India, Kalimantan

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan laut;
Pantai: Tanjung Tinggi, Carocok, Iboih, Pasir Putih, Pulau Jemur, Pasir Panjang, Trikora, Prai Tenggiri.
Laut: Laut Indonesia

b. Nama-nama dataran rendah
Meulaboh dan Singkil 

c. Nama-nama gunung
Gununt Singgalang, GUnung Kerinci, GUnung Talang, Gunung Marapi, Gunung Dempo, Gunung Talamau, Gunung Leuser, Gunung Perkison.

Pulau Kalimantan
Kondisi geografis Kalimatan berdasarkan peta.
1. Luas: 743.330 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi, Laut Jawa
b. Daratan: Malaysia, Selat Karimata, Selat Makassar..

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai maratua, Pantai kakaban, Sinka

b. Nama-nama dataran rendah
Pangkalanbun, Kuala Kapuas, Kuala pembuang, Teluk melano, Ketapang.

c. Nama-nama gunung:
Gunung bukit raya, Gunung Palung, Gunung Halau-halau, Gunung Liangpran

Pulau Sulawesi
Kondisi Geografis Pulau Sulawesi Berdasarkan Peta
1. Luas: 174.600 km2
2. Batas
a. Laut: Laut Banda, Laut FLores, Laut Sulawesi
b. Daratan: Kepulauan Maluku, Kalimantan, Filipina, NTT, NTB

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai malalayang, Pantai Talise, Pantai Wakatobi, Pantai Likupang, Pantai Manakarra, Pantai Dato Majene.

b. Nama-nama dataran rendah:
Bukulumba, Bantaeng, Jeneponton, Takalar, Gowa, Majene, Selayar, Mamuju.

c. Nama-nama gunung:
Gunung Lokon, Gunung Bawakaraeng, Gunung Mahawu, GUnung Latimojong, Gunung Karangetang, Gunung Gondang Dewata.

Papua dan Maluku
Kondisi Geografis Pulau Papua dan Maluku
1. Luas: 1.133.019 km2
2. Batas: 
a. Laut: Laut sulawesi,Laut Halmahera, Laut Banda, Laut Arafuru, Laut Filipina, Samudera Pasifik
b. Daratan: Papua Nugini, Sulawesi, Timor Leste
3. Keadaan alam
a. Nama-nama pantai dan laut
Pantai: Raka Ampat, Pulau Venue, Tanjung kasuari, Pasir Panjang, Pintu Koto, Santai, Sopape.
Laut: Banda, Maluku

b. Nama-nama dataran rendah:
Pesisir Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir, Teluk Papua, Maluku Tenggara.

c. Nama-nama Gunung.
Gunung Gamsunoro, GUnung Kapalamadan, Gunung Waloolon, Gunung Jaya, Gunung Trikora
Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Kondisi Geografis Pulau Bali dan Nusa Tenggara
1. Luas: 25.789,81 km
2. Batas 
a. laut: Selat Bali, Laut Bali, Laut Flores
b. Daratan: Pulau Jawa, Lombok

3. Keadaan Alam
a. Nama-nama Pantai dan Laut
Pantai: Nusa Dua, Kuta, Legian, Seger, Sanur
Laut: Laut Bali, Laut Timor, Laut Sawu

b. Nama-nama dataran rendah
Sungai Ayung, SUmbawa, LOmbok, FLores, Sungai Telaga Waja

c. Nama-nama gunung:
Gunung Agung, GUnung Batur, Gunung Tambora, GUnung Rinjani, Gunung Batur

Ayo Berlatih (Halaman 38)
Sebutkan ide pokok masing-masing paragraf pada teks “Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan”.

Paragraf 1: Gotong royong merupakan modal dasar bagi terciptanya suasana kemasyarakatan yang harmonis

Paragraf 2: Tidak ada perbedaan dalam prinsip gotong royong.
Paragraf 3: Prinsip-prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional

Ayo Menulis 

Berdasarkan ide pokok berikut, kembangkan menjadi sebuah paragraf.

Musyawarah mufakat adalah nilai luhur bangsa yang harus terus diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Apabila ada perbedaan di kalangan masyarakat, mereka harus mengutamakan musyawarah.

Kebebasan memeluk agama atau kepercayaan adalah hak setiap warga negara. Tidak ada seorangpun yang boleh mengganggu atau memaksakan agama atau kepercayaannya kepada orang lain. Selain melanggar hukum, hal tersebut juga akan mengakibatkan terjadinya ketidakharmonisan di lmasyarakat.

Senin, 22 Juni 2020

Pembelajaran 3 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 24,25,27, 29

Soal dan jawaban yang terdapat dalam buku Tematik Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 24. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Pancasila dan pengaamalannya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu mengenai sikap-sikap atau perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Gotong Royong (Sila ke-3)
2. Rajin beribadah (Sila ke-1)
3. Melaksanakan hasil keputusan musyawarah secara bertanggung jawab (Sila ke-4)
4. Tidak membeda-bedakan antara yang kaya dengan yang miskin (Sila ke-5)
5. Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk duduk ketika berada di angkutan umum. (Sila ke-2)

Ayo Menulis
Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Sila Pertama
Sikap yang sesuai:
a. Rajin beribadah
b. Bertakwa kepada Tuhan
c. Rajin ke tempat ibadah
d. Saling menghormati agama lain

2. Sila Kedua
Sikap yang sesuai
a. Memberi sumbangan ke tempat ibadah/ lembaga sosial
b. Menolong tetangga yang kesusahan
c. Tenggang rasa
d. Membantu orang tua menyeberang di jalan raya

3. Sila Ketiga
Sikap yang sesuai
a. Gotong royong
b. Mengikuti upacara bendera
c. Mengikuti kerja bakti
d. Mengikuti kegiatan OSIS/ Pramuka dll

4. Sila Keempat
Sikap yang sesuai
a. Mengikuti Pemilu
b. Berdiskusi ketika ingin memecahkan masalah
c. Melaksanakan hasil musyawarah
d. Tidak memaksakan kehendak.

5. Sila Kelima
Sikap yang sesuai
a. Berusaha berlaku adil terhadap sesama manusa
b. Tidak bergaya hidup mewah
c. Patuh terhadap aturan hukum
d. Tidak memilih-milih dalam berteman

Amatilah perilaku dan sikap orang-orang di lingkungan sekitarmu, seperti di sekolah, rumah, atau masyarakat. Tuliskan perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Berilah tanda centang () pada kolom yang sesuai.

1. Tidak memberikan kesempatan kepada salah satu penganut agama untuk melaksanakan ibadah (Tidak sesuai dengan Sila pertama)
2. Bersikap arogan terhadap anak kecil (Tidak sesuai dengan sila kedua)
3. Tidak mau melaksanakan kerja bakti (Tidak sesuai dengan sila ketiga)
4. Lebih mengutamakan arogansi ketika menyelesaikan masalah (tidak sesuai dengan sila keempat)
5. Bersikap semena-mena terhadap teman yang tidak disukai ( tidak sesuai dengan sila kelima)

Ayo Berdiskusi (Halaman 27)

Berdasarkan pada peta di atas, diskusikan dengan temanmu mengenai luas dan letak negara Indonesia. 
Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.

Memiliki luas 5.148.111 km2 dan di antara 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta di antara 2 Samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ayo menulis (halaman 29)
Mengenali wilayah tempat tinggal kita akan menjadikan kita lebih mencintai lingkungan tempat tinggal kita. Bagaimana dengan kamu? Seberapa kenalkah kamu terhadap lingkungan tempat tinggalmu?
Agar semakin mengenal lingkunganmu, buatlah cerita singkat berdasarkan peta wilayah yang telah kamu buat.
Bacakan ceritamu di depan teman-temanmu. Pada saat salah seorang temanmu bercerita tentang wilayah tempat tinggalnya, dengarkan dengan
saksama dan temukan ide-ide pokok ceritanya. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Paragraf 1
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 2
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 3
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Paragraf 4 
Ide Pokok
Kalimat pengembang:

Ayo renungkan 
Tuliskan sikap dan perilakumu yang sudah sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

1. Rajin beribadah
2. Saling menyayangi orangtua, dan saudara
3. Selalu mengikuti upacara bendera
4. Saling berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
5. Bersikap adil.
Mintalah evaluasi kepada orang tuamu.

Jumat, 19 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 1 Kelas 5 Halaman 12,13,14,17,18

Soal dan jawaban dari pembelajaran 2 subtema 1 kelas 5 SD halaman 8 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sial perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Ayo Mencoba (Halaman 12)
Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu !


1. Seekor induk kelinci memiliki tiga ekor anak dengan warna bulu berwarna warni: biru muda, abu-abu dan kuning. Induk kelinci sangat menyayangi ketiga anaknya. Ia menyusui ketiganya dengan penuh kasih sayang.

2. Setelah puas berkumpul bersama induk dan saudara-saudaranya, salah satu kelinci yang berwarna abu-abu berburu wortel di kebun yang ada di sekitarnya.

3. Sementara kelinci yang berwarna biru tua memilih bermain-main di lapangan yang luas.


Ayo Mengamati (Halaman 13)
Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.
Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Ikan
Nama organ gerak : Sirip, ekor, Otot dan tulang belakang yang fleksibel
Fungsinya: Membantu ikan untuk berenang. Sirip ikan terdiri dari sepasang sirip (kanan & kiri) serta sirip ekor. Sirip-sirip ini yang mendorong ikan untuk bergerak maju ke depan, berbelok dan memutar balik.

2. Katak 
Nama organ gerak: kaki dan tangan.
Fungsinya:  Sebagi alat bagi katak berpindah tempat, di-mana tiap-tiap kaki dilengkapi selaput di antara jari untuk membantu katak saat berenang.

3. Burung
Nama organ gerak:sayap
Fungsinya: Membantu burung terbang dan mengendalikan arah terbang


4. Ular
Nama organ gerak: Otot perut
Fungsinya:  Sebagai alat bagi ular untuk berpindah tempat dengan cara melata.


5. Kadal
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Membantu kadal berjalan di daratan dan berenang saat di permukaan air

6. Kambing
Nama organ gerak: Kaki
Fungsinya: Sebagai alat bagi kambing untuk berpindah tempat.

Ayo Membaca (Halaman 16,17)

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Ikan memiliki sistem gerak yang unik
Kalimat Pengembang: 
-Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. 
- Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Paragraf 2
Ide Pokok: Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal
Kalimat Pengembang:
  • Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri dan ke kanan. 
  • Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. 
  • Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Paragraf 3
Ide Pokok: Ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik.
Kalimat Pengembang: 
  • Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. 
  • Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air.
Ayo Renungkan (Halaman 18)
Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
• Paragraf 1: Aku mempunyai hewan kesayangan.
• Paragraf 2: Aku bermain dengan hewan kesayanganku setiap hari.
• Paragraf 3: Aku rajin memberinya makan.
• Pargaraf 4: Aku rajin membersihkan tubuh dan kandangnya.


Kucingku

Aku memunyai hewan kesayangan yaitu seekor kucing. Ia kuberi nama Si Hitam karena sebagian besar bulunya berwarna hitam, kecuali sepsang daun telinganya, berwarna putih. Selain itu, Si Hitam juga memiliki sepasang mata yang sangat lucu.

Aku bermain dengan Hitam setiap hari. Setelah bangun tidur, si Hitam sudah berada di dekat tempat tidurku, membangunkanku dengan suaranya yang lucu. Setelah itu, ia berlari-lari kecil mengikutiku.

Setiap hari, aku memberinya makan. Aku menyisihkan uang sakuku untuk membelikan makanan khusus kucing.

AKu juga rajin membersihkan tubuh dan kandangnya. Aku membersihkan bulunya dengan sikat khusus. Terkadang juga kumandikan. Begitu juga kandangnya, selalu kubersihkan jika memang sudah terlihat agak kotor.

2. Perbedaan organ gerak pada hewan vertebrata merupakan karunia dan bentuk keadilan Tuhan.
Amatilah salah satu binatang yang ada di sekitarmu.
Catatlah gerakan-gerakan yang dilakukan hewan tersebut dan organ gerak yang digunakan.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.

Sapi:
organ gerak: kaki
Gerakan yang dilakukannya:
1. Berdiri
2. Berjalan

Kupu-kupu
organ gerak: sayap
gerakan yang dilakukan: terbang