Kamis, 25 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51,53

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 51. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.
Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Paragraf 1
Ide Pokok: Edo Bermain di rumah Pak Rudi.

Paragraf 2
Ide Pokok: Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci

Paragraf 3
Ide Pokok:Kandang Kelinci Pak Rudi selalu bersih.

Paragraf 4
Ide Pokok: Pak Rudi Rajin memberi makan kelinci.

Paragraf 5
Ide Pokok: Kelinci Pak Rudi sangat lucu.


Kolom Cerita

Kelinci Pak Rudi

Hari ini, Edo bermain ke rumah Pak Rudi. Beliau adalah adik dari ayah Rudi. Edo suka bermain di rumah Pak Rudi karena orangnya baik hati dan sangat menyayangi Edo. Selain itu, Edo juga senang melihat kelinci di rumah Pak Rudi.Tak terasa sore pun tiba, Edo harus pulang.

Sebelum pulang, ia membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Saat Pak Rudi menyapu sampah di sekitar kandang, Edo membantu memungut sampah, lalu memasukkanya ke tempat sampah. Tidak lupa, ia juga memakai sarung tangan agar terjaga kesehatannya.

Kandang kelinci Pak Rudi selau bersih karena beliau rajin membersihkannnya. Pak Rudi rutin membersihkan kandang setiap hari. Jika kandang bersih, kelinci akan menyukainya.

Pak Rudi juga selalu memberi makan kelincinya setiap hari. Beliau menyediakan makanan seperti wortel dan sayuran-sayuran lainnya.

Kelinci Pak Rudi terlihat sangat lucu dan menyenangkan. Terkadang Edo meminta Pak Rudi untuk mengambilkan seekor kelinci lalu bermain-main dengan kelinci tersebut.

Ayo Membaca (Halaman 53)
Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Paragraf 1
Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2
Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga

Paragraf 3
Ide Pokok: Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan

Paragraf 4
Ide Pokok:Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.
Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata.
Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Hewan vertebrata:  Burung dan Sapi
a. hal yang dibandingkan : ALAT GERAK
b. penjelasan : Meskipun sesama hewan vertebrata, Burung dan Sapi memiliki alat gerak yang berbeda . Burung Lebih sering menggunakan Sayap untuk bergerak, sementara kuda lebih sering menggunakan keempat kakinya.

Hewan avertebrata: Cacing dan ubur-ubur

a. Hal yang dibandingkan : sistem pertahanan diri
b. Penjelasan: meski berasal dari kelompok avertebrata yang sama, cacing dan ubur-ubur memiliki cara bertahan diri yang berbeda. Cacing mengandalkan permukaan kulitnya yang licin untuk meloloskan diri dari predator, sementara ubur-ubur menggunakan sengatannya.

Artikel Terkait