Rabu, 24 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 41,42,43, 46

Soal dan jawaban dalam buku Kelas 5 Sekolah Dasar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati

Amati kedua hewan di atas.
Temukan perbedaannya


Karakteristik Kelinci
1. Vertebrata
2. Gerakannya cepat dan gesit
3. Organ geraknya kaki
4. Pola gerakan kelinci dengan melompat
5. Sekujur tubuh kelinci dipenuhi bulu halus

Karakteristik Siput
1. Avertebrata
2. Gerakannya lambat
3. Organ gerak siput adalah otot pada perutnya
4. Pola gerakan siput dengan merayap
5. Tubuh Siput dilindungi cangkang yang keras.


Ayo Mengamati (Halaman 43)

Di sekitarmu pastinya banyak sekali jenis hewan avertebrata. Bersama temanmu amati hewan-hewan tersebut dan identifikasikan organ geraknya. Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

1. Belalang
Nama organ gerak: Kaki depan, kaki belakang, dan sayap
Fungsinya: Fungsi kaki depan dan belakang, untuk melompat. Sayap berfungsi untuk terbang

2. Cacing
Nama organ gerak : Otot perut
Fungsinya: berpindah tempat

3. Ubur-ubur
Nama organ gerak: tentakel
fungsinya: pergerakan naik dan turun dalam air.


Ayo membaca (halaman 44,45,46)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok dan kalimat pengembang masing-masing paragraf.

Paragraf 1
Ide Pokok: Siput, menurut sebagian orang dianggap sebagai hewan yang lamban
dan menjijikkan
Kalimat Pengembang: 
- Bahkan karena gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. 
- Siput juga dianggap menjijikan karena tubuhnya yang penuh lendir.


Paragraf  2
Ide Pokok: Sebenarnya siput memiliki kelebihan dan keistimewaan
Kalimat Pengembang: 
- Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh
hewan-hewan lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Siput merupakan hewan yang berjasa dalam penguraian serpihan
daun-daunan
Kalimat Pengembang: 
  • Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan menjadikannya bagian-bagian yang kecil (serpihan) sehingga mudah untuk diuraikan oleh bakteri pengurai. 
  • Jika benda-benda yang besar seperti daun berubah menjadi serpihan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. 
  • Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.

Paragraf 4
Ide Pokok: Siput adalah sang pengembara yang mandiri
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun siput berjalan lamban, namun siput memiliki stamina yang sangat bagus. 
  • Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. 
  • Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput langsung mandiri.

Paragraf 5
Ide Pokok: Siput memiliki pertahanan diri yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan dan mempertahankan diri dari serangan predator.
Kalimat Pengembang: 
  • Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. 
  • Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya ketika berjalan di permukaan.
  • Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. 
  • Selain itu siput juga dikaruniai Tuhan dengan cangkang. 
  • Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai tempat persembunyian ketika ia terancam oleh lingkungan atau predator. 
  • Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, karena tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.

Paragraf 6
Ide Pokok: Jadi, siput bukanlah hewan yang lemah.
Kalimat Pengembang: 
  •  Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. 
  • Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. 
  • Begitu juga dengan manusia, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. 
  • Oleh karena itu kamu tidak boleh menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu
  • miliki. 
  • Kamu juga jangan minder jika kamu kekurangan.

Artikel Terkait