Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 dalam buku Tematik Kelas 5 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tidak mencontek.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini
Ayo Mengamati
Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
Gambar pertama tentang seorang anak yang sedang mengayuh sepeda
Gamabr kedua tentang seseorang yang sedang mengendarai sepeda motor
2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
Aktivitas yang menyehatkan adalah aktivitas pada gambar 1
3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
Betul sekali
Ayo Berlatih
Baca dan pahami teks tentang bersepeda
Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.
Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.
Paragraf 1
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan
Paragraf 2
Ide Pokok : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.
Paragraf 3
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.
Paragraf 4
Ide Pokok: Salah satu pilihan yang bijak unutk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda.
Paragraf 5
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.
Paragraf 6
Ide Pokok: Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.
Paragraf 7
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.
Ayo menulis (Halaman 61)
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.
Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang
kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.
Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku mulai menyukainya sejak ayah mengajariku naik sepeda pada saat aku masih berumur 6 tahun. Saat itu, ayah membelikanku sepeda roda empat. Setelah itu, ayah melepas dua roda kecil di samping kiri dan samping kanan roda belakang. Aku sering terjatuh saat naik sepeda, namun aku tidak kapok. Sekarang aku rajin bersepeda
Aku bersepeda pada sore hari. Setelah menunaikan salat asar, aku segera bersiap-siap untuk naik sepeda. Terkadang ayah dan ibu menemaniku bersepeda, namun tidak jarang aku bersepeda sendiri. Aku senang jika bisa bersepeda bersama ayah dan ibu.
Aku bersepeda berkeliling desa. Jalan di desaku sudah beraspal sehingga aku bisa berkeliling desa dengan nyaman. Aku bisa melihat suasana desa yang masih asri dengan sawah, ladang, sungai dan pepohonan yang terlihat begitu indah.
Aku bersepeda bersama teman-temanku. Kami memilih rute yang berbeda-beda setiap hari. Terkadang kami menyusuri pinggir sawah, pinggir sungai bahkan tidak jarang kami berkeliling ke desa lain.
Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Tubuhku terasa sehat dan bugar tiap kali selesai naik sepeda. Meskipun terkadang merasa kelelahan, aku merasa tubuhku tumbuh dengan sehat.
Ayo Renungkan
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/ bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia
Melakukan kegiatan fisik memang membuat badan kita sehat karena seluruh tubuh kita akan bergerak dan membuat organ tubuh seperti jantung, otot, dan paru-paru bekerja keras.