Jumat, 10 April 2020

Tugas Kelompok 1.1 Bacalah Berita di Baah ini Bersama Teman Sebangkumu

Kunci jawaban dari tugas kelompok dalam buku PKN kelas 12 SMA/ SMK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tingginya angka putus sekolah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas Kelompok 1.1
Bacalah berita di bawah ini bersama teman sebangkumu.

Indonesia memiliki program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun. Program ini mewajibkan anak bangsa bisa melanjutkan sekolah hingga SMA atau SMK. Pemerintah melalui Kemendikbud juga telah meluncurkan program ini pada tahun pelajaran 2015/2016.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen Kemendikbud), Hamid Muhammad menyatakan untuk mencapai program Wajar 12 Tahun memang tidak mudah.

Menurut dia, salah satu kendala yang dihadapi adalah tingginya angka putus sekolah di tingkat sekolah menengah.  

Hamid mengungkapkan, sebanyak delapan persen anak Indonesia yang berhasil menyelesaikan sekolah menengah pertama (SMP). Namun sejumlah siswa itu malah tidak mampu melanjutkan pendidikannya ke tingkat selanjutnya.

Menurut Hamid, penyebab munculnya angka itu memiliki banyak faktor. Pertama, kata dia, terkait dengan masalah kesejahteraan keluarga.

Selain itu, Hamid menjelaskan, rendahnya harapan peserta didik dan orang tua juga menjadi salah satu faktor kuat penyebab putusnya sekolah. Mereka, lanjut dia, memiliki harapan kecil terhadap efektifitas sekolah dalam meningkatkan kesempatan bekerja.

Kebanyakan anak dan orangtua di Indonesia, Hamid mengungkapkan, mereka lebih berpikir bahwa pendidikan tidak memiliki relevansi dan manfaat yang kuat baginya. Oleh karena itu, para orangtua pun tidak menyekolahkan anak mereka. Mereka lebih memilih anaknya untuk bekerja daripada melanjutkan sekolah.

“Kondisi seperti ini jelas tidak mudah," ujar Hamid kepada wartawan di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (25/9). (https://republika.co.id/berita/nv8wqh366/tingginya-angka-putus-sekolah-jadi-kendala-wajar-12-tahun)

Setelah membaca kasus di atas diskusikanlah dengan teman sebangkumu pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.

1. Mengapa faktor ekonomi dianggap sebagai penyebab meningkatnya angka putus sekolah
2. Apabila dikaitkan dengan Pancasila, kasus tersebut merupakan ketidaksesuaian dari sila keberapa? berikan alasannya
3. Adakah faktor lain selain faktor ekonomi yang menjadi penyebab meningkatnya angka putus sekolah? Apabila ada, apa saja faktor tersebut?
4. Pada saat ini, pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi permasalahan ini, di antaranya dengan memberikan Bantuan Operasional Sekolah, beasiswa, sekolah gratis, dan sebagainya. Menurut Anda, apakah upaya pemerintah tersebut sudah berhasil? Kemukakanlah indikator keberhasilannya
5. Selain Pemerintah, siapa lagi yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah ini Apa saja peran yang bisa ditampilkannya?
6. Apa solusi yang Anda ajukan untuk mengatasi masalah ini? Bagaimana strategi supaya solusi itu berhasil?
7. Kemukakan bentuk pelanggaran hak warga negara yang pernah terjadi di daerahmu. Bagaimana solusi untuk menyelesaikannya?


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Benar sekali karena permasalahan yang lazim dihadapi rakyat Indonesia adalah kesulitan ekonomi. Hal tersebut menyebabkan para orangtua harus banting tulang setiap hari untuk menyambung hidup. Meskipun demikian, kebutuhan tetap saja tidak terpenuhi. Akibatnya ketika mereka memiliki putra dan putri, yang pertama kali dipikirkan bukan bagaimana putra putri mereka bersekolah namun bagaimana mereka bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Bahkan tidak jarang, ada anak-anak di bawah umur yang terpaksa harus bekerja membantu orangtua dengan mengabaikan pendidikan.

2. Perihal persoalan ekonomi yang berimbas pada terhambatnya pendidikan dasar anak-anak kita tentu turut prihatin. Jika kita kaitkan dengan sila Pancasila, persoalan tersebut sangat tidak sesuai dengan sila kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Negara ini masih belum bisa memanusiakan warga negara Indonesia. Negara ini juga terkesan tidak adil terhadap mereka.

3. Faktor utama penyebab meningkatnya angka putus sekolah selain faktor ekonomi adalah rendahnya harapan orangtua terhadap efektivitas sekolah.
Pendapat tersebut muncul karena pengamatan di masyarakat di mana orang-orang terpelajar justru tidak mampu meraih pekerjaan yang layak. Akibatnya sebagian masyarakat menganggap bahwa untuk mendapat kekayaan tidak diperlukan pendidikan.

4. Upaya pemerintah sejauh ini sudah cukup mengalami peningkatan terutama peserta didik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pada tingkat menengah atas, masih diperlukan dorongan yang kuat agar anak-anak mau sekolah. Meskipun demikian kuantitas siswa menengah atas atau sederajat tetap meningkat dibanding ketika belum ada BOS.

5. Tentu saja pihak yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah rendahnya jumlah peserta didik adalah orangtua, peserta didik, pihak sekolah dan pihak yang berkaitan dengan hal tersebut. Peran orangtua adalah mendorong, memotivasi dan memfasilitasi agar anak bisa senang bersekolah. Peran peserta didik adalah belajar keras agar cita-citanya tercapai. Sementara, pihak sekolah menyedikan tempat pendidikan yang ideal dan menyenangkan bagi anak.

6. Solusi yang saya ajukan antara lain:
a. Melakukan riset yang bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala dalam bidang pendidikan
b. Mengevaluasi secara menyeluruh proses pendidikan di negara ini.
c. Menemukan solusi yang tepat agar para pelajar bisa senang bersekolah.
d. Menemukan formula agar setiap lulusan sekolah bisa segera produktif bekerja

7. Bentuk pelanggaran hak warga negara yang pernah terjadi di daerahmu. Bagaimana solusi untuk menyelesaikannya?
a. Kasus perundungan sesama anak sekolah
b. Pengucilan warga karena dianggap meresahkan
c. Perkelahian antar warga.

Solusi untuk menyelesaikan permaaslahan tersebut:
1. Sosialisasi hukum dan perundang-undangan
2. Penegakan hukum

Tugas Mandiri 1.3 Pkn Kelas 12 bab 1 Halaman 14

Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraa (PPkn) Kelas 12 Bab 1 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 edisi revisi 2018 halaman 14. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis hak warga negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Soal
Tugas mandiri 1.3
Nah, setelah membaca uraian materi di atas, identifikasilah perwujudan hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Tuliskan hasil identifikasimu dalam tabel di bawah ini. Informasikan temuanmu kepada teman-teman yang lain.

(Silakan lihat tabel dalam buku Pkn Kalian masing-masing)



Jawab

Silakan tonton dalam video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Identifikasi perwujudan hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD NRI tahun 1945.

- Perwujudan Hak sebagai Warga Negara

Jenis Hak warga negara: 
1. Pasal 6 Ayat 1 UUD 1945, " Presiden ialah orang Indonesia asli." Pasal tersebut memberikan hak kepada setiap warga negara untuk mencalonkan diri menjadi presiden. 
2. Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi, "Segala warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib
menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya. " Pasal tersebut memberikan hak kepada setiap warga negara untuk memperoleh keadilan hukum. 
3. Pasal 27 ayat 2 UUD 1945, " Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi
kemanusiaan.  Pasal tersebut memberikan hak kepada setiap warga negara untuk mencari pekerjaan dan nafkah sesuai kemampuan.
4. Pasal 28 UUD 1945, "Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan
sebagainya ditetapkan dengan undang-undang.  Pasal tersebut memberikan hak kepada setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat dalam berbagai forum.
5.Pasal 29 Ayat 2 UUD 1945, "Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. Pasal tersebut memberikan hak kepada setiap warga negara untuk memeluk agama masing-masing

Contoh perwujudan tiap nomor :

1. Hal ini diwujudkan dengan Pemilihan Presiden setiap lima tahun sekali,
2. Meskipun masih belum sempurna, perlahan-lahan setiap warga negara akan mendapat keadilan hukum.
3. Contoh dari perwujudan hak tersebut adalah adanya kesempatan yang sama bagi warga negara untuk menjadi PNS maupun pekerjaan lainnya.
4.  Contoh dari perwujudan hal tersebut adalah adanya proses pemilu.
5. Contoh perwujudannya adalah adanya kebebasan memeluk agama yang diyakini.

Perwujudan Kewajiban Warga Negara

Jenis Kewajiban Warga Negara
1. Pasal 27 Ayat 1 UUD 1945. Setiap warga negara wajib mematuhi hukum yang berlaku
2. Pasal 23A UUD 1945. Kewajiban warga negara yang memenuhi syarat untuk membayar pajak.
3. Pasal 27 ayat 3 UUD 1945. Kewajiban warga negara untuk membela negara.
4. . Pasal 28J ayat 1 UUD 1945. Kewajiban warga negara untuk menghormati hak-hak orang lain.
5. Pasal 31 ayat 2 UUD 1945. Kewajiban warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar.

Contoh perwujudan tiap nomor:
1. Kewajiban itu harus ditaati warga negar Indonesia, apabila terdapat pelanggaran akan dikenakan sanksi
2. Adanya peraturan yang mengatur tentang kewajiban membayar pajak
3. Bela negara diwujudkan dalam berbagai bidang kehidupan.
4. Adanya norma-norma di masyarakat untuk mengatur hubungan antar warga
5. Setiap warga negara yang memenuhi syarat harus bersekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kamis, 09 April 2020

Tugas Mandiri 1.2 PPkn Kelas 12 Halaman 8

Kunci jawaban dari tugas mandiri 1.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 12 Bab 1 halaman 8. Peserta didik diminta menjwab soal tentang jenis hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan setiap sila Pancasila.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Tugas Mandiri 1.2
Identifikasi jenis hak dan kewajiban warga negara yang terkait dengan setiap sila Pancasila. Tuliskan hasil identifikasimu dalam tabel di bawah ini dan presentasikan di depan kelas.

(Silakan lihat tabel dalam buku PKn kelas 12 bab 1 halaman 8)

Jawab :

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
Hak warga negara: 
- Hak untuk menganut agama atau kepercayaan di Indonesia
- Hak untuk beribadah sesuai dengan agama atau kepercayaan
- Hak untuk mendapat pendidikan agama di lembaga pendidikan
- Hak untuk mendapat perlakuan yang sama tanpa membedakan agama.

Kewajiban warga negara:
- Kewajiban untuk bertoleransi antar umat beragama
- kewajiban untuk tidak memaksakan agama dan kepercayaan terhadap orang lain
- kewajiban untuk saling bekerja sama dengan pemeluk agama lain
- kewajiban untuk saling menghargai keyakinan umat beragama lain

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Hak warga negara:
- Hak untuk mendapat perlakuan yang manusiawi dari sesama manusia
- Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dalam hukum
- Hak untuk tidak dilecehkan oleh orang lain
Kewajiban warga negara:
- Kewajiban untuk memperlakukan orang lain sebagai sesama manusia
- Mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban setiap manusia
- Mengembangkan sikap saling mencintai dan menghargai sesama manusia
- kewajiban untuk saling tolong menolong

3. Persatuan Indonesia
Hak warga negara:
- Hak untuk diakui sebagai warga negara Indonesia
- Hak untuk mendapat KTP
- Hak untuk mendapat perlindungan hukum
- Hak untuk menerima bantuan dari pemerintah
Kewajiban warga negara:
- Siap membela negara 
- mencintai tanah air dan bangsa dengan berbagai macam cara
- Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa
- mementingkan kepentingan bangsa dibanding kepentingan pribadi.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
hak warga negara:
- Hak mengeluarkan pendapat
- Hak berorganisasi
- Hak menyampaikan pembelaan hukum
- Hak mencalonkan diri menjadi wakil rakyat
- Hak bersuara (dalam pemilu)
Kewajiban warga negara:
- Mematuhi peraturan perundang-undangan
- mematuhi dan melaksanakan hasil rapat/ musyawarah
- tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
- mengutamakan musyawarah mufakat

5. Keadilan sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Hak warga negara:
- Hak untuk mendapat keadilan dari pemerintah
- Hak untuk tidak digusur (jika memang benar memiliki dokumen resmi)
- Hak untuk diperlakukan sama dalam hukum dan pemerintahan
Kewajiban warga negara:
- mengembangkan sikap gotong royong
- menjaga ketertiban umum
- bekerja dan belajar keras.

Tugas Mandiri 1.1 PPkn Kelas 12 Halaman 5

Kunci jawaban dari tugas mandiri 1.1 dalam buku PPkn Kelas 12 bab 1 halaman 5 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pengertian hak dan kewajiban warga negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 1.1.
1. Bacalah buku atau sumber lain yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran pada bab ini. Kemudian coba identifikasi tiga pengertian hak dan kewajiban warga negara menurut para pakar/ ahli. Tuliskan hasil identifikasi Anda dalam tabel di bawah ini.
(Silakan lihat tabel dalam buku PPkn kalian masing-masing)

2. Berdasarkan pendapat-pendapat para pakar yang Anda temukan, coba Anda analisis persamaan dan perbedaannya.
3. Coba Anda rumuskan makna hak dan kewajiban warga negara berdasarkan pendapat sendiri.

Jawab

Silakan totnon video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli,.

1.  Menurut Srijanti

Hak merupakan unsur normative yang berfungsi pedoman berperilaku, melindungi kebebasan, kekebalan, serta menjamin adanya peluang bagi manusia dalam menjaga harkat dan martabatnya
Kewajiban berasal dari kata wajib. Wajib adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan.
2. Menurut Prof. Dr. Notonegoro
Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.
Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.
3. Menurut Koerniatmanto
hak dan kewajiban yang berkaitan dengan warga negara, menekankan pada aspek anggota suatu negara. Warga Negara adalah anggota suatu negara, dan sebagai anggota suatu negara, seorang warga negara mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya. Ia mempunyai hubungan hak dan kewajiban yang bersifat timbal balik terhadap negara.

2. Analisis persamaan dan perbedaan dari pendapat para ahli. Persamaan dari pendapat para ahli tentang hak dan kewajiban adalah kedua hal tersebut harus dilaksanakan secara seimbang dan saling berkaitan.

3. Makna hak dan kewajiban menurut saya adalah, hak merupakan sesuatu hal yang harus dipenuhi oleh negara dan kita berhak untuk menuntunya apabila tidak mendapatkan hak sebagaimana mestinya. Sementara itu, Kewajiban adalah sesuatu hal yang harus kita lakukan dan kita akan mendapat sanksi apabila tidak melaksanakannya.

Rabu, 08 April 2020

Uji Kompetensi Bab 1 Pkn Kelas 11 Halaman 35

Kunci jawaban dari uji kompetensi PKn kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Bab 1 halaman 35 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang pelajaran dalam Bab 1.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Uji Kompetensi Bab 1
Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara jelas dan akurat.
  1. Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia?
  2. Mengapa antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia dalam perwujudannya harus diharmonisasikan?
  3. Uraikan jaminan Hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila!
  4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia ,Pancasila tidak dijadikan dasar atau landasan?
  5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut dijadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia?
  6. sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan ,penculikan ,penyiksaan dan sebagainya mengapa hal tersebut dapat terjadi? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

Jawab

1. Keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia sangat erat. Keduanya harus dilaksanakan dengan seimbang dan adil.

2. Hak asasi manusia dan kewajiban manusia memang harus harmonis karena apabila manusia hanya terfokus menuntuk hak asasi tanpa menunaikan kewajiban asasi ia hanya akan menjadi tukang protes dan tukang menuntut haknya. Begitupun sebaliknya, apabila manusia hanya melaksanakan kewajiban tapi lupa hak hak asasinya ia justru akan menzalimi diri sendiri.

3. Jaminan hak asasi manusia dalam Pancasila
a. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa
SIla pertama memberikan jaminan hak asasi manusia untuk menganut agama dan menjalankan peribadatan tanpa khawatir mendapat tekanan dari pihak lain.

b. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Sila kedua memberikan jaminan kepada setiap warga negara agar melaksanakan hak asasi manusia misalnya hak untuk hidup tenang, hak untuk tidak ditindas atau diperlakukan semena-mena oleh pihak lain.

c. Sila Persatuan Indonesia
Sila ketiga memberikan jaminan bagi warga negara untuk memperoleh hak asasi manusia misalnya hak untuk diakui sebagai warga negara Indonesia lengkap dengan berbagai macam hak dan kewajibannya.

d. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ Perwakilan
Sila keempat memberikan jaminan bagi warga negara untuk memperoleh hak asasi misalnya hak untuk berpendapat, hak untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, hak berserikat dan berkumpul serta berbagai hak asasi lainnya.

e. Sila Keadilan Sosial Bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini memberikan jaminan bagi warga negara agar bisa diperlakukan dengan adil dalam berbagai bidang kehidupan misalnya hak untuk memperolah pekerjaan, hak untuk mendapat gaji/ bayaran dan sebagainya.

4. Jika Penegakan HAM tidak melibatkan Pancasila berarti Pancasila sudah tidak berlaku di Indonesia. Hal tersebut bisa terjadi karena Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum yang harus ditaati. Segala peraturan, perundang-undangan bahkan termasuk HAM harus berlandasrkan Pancasila.

5. Karena liberalisme adalah kebebasan tanpa batas bagi setiap warga negara, sedangkan Sosialisme adalah penyamarataan hak tanpa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Semua itu tidak tepat dilaksanakan di Indonesia karena tidak sesuai dengan Pancasila. 

6. Di Indonesia banyak terjadi pelanggaran HAM disebabkan oleh faktor internal dalam diri pelaku yaitu egoisme, tak bisa mengontrol emosi, dendam, kejiwaan yang labil, tidak memahami HAM, dan lain-lain. Faktor lain adalah faktor eksternal yaitu rendahnya kepatuhan hukum, lemahnya penegakan hukum, informasi negatif dan lain-lain. Pihak yang paling bertanggung jawab adalah Pemerintah dan masyarakat. Peran saya adalah menyosialisasikan perihal HAM. Selain itu saya juga berupaya untuk tidak melakukan pelanggaran HAM.

Selasa, 07 April 2020

Tugas Mandiri 1.4 Selain Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas Mandiri 1.4 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 24. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nama lembaga beserta tugas dan fungsinya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas Mandiri 1.4
Selain komisi Nasional Hak Asasi Manusia, di Indonesia juga terdapat komisi nasional lainnya yang berkaitan dengan HAM yaitu Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Komite Nasional Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha, serta Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasai Nasional. Nah, tugas kalian adalh mengidentifikasi tugas dan fungsi dari lembaga-lembaga tersebut. Tuliskan identifikasi kalian dalam tabel di bawah ini.

(Silakan lihat tabel dalam buku kalian masing-masing)

Jawab

1. Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia
Tugas dan Fungsi: 

Tugas Pokok
1)      Melakukan sosialisasi seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak, mengumpulkan data dan informasi, menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaahan, pemantauan, evaluasi, dan pengawasan terhadap pelanggaran perlindungan anak.
Fungsi
1)      Lembaga pengamat dan tempat pengaduan keluhan masalah anak
2)      Lembaga advokasi dan lobi
3)      Lembaga rujukan untuk pemulihan dan penyatuan kembali anak
4)      Lembaga kajian kebijakan dan perundang-undangan tentang anak.

2. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
Tugas dan Fungsi:
Tugas
1)      Mengembangkan kondisi yang kondusif bagi penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan penegakan hak asasi manusia perempuan di Indonesia
2)      Meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan hak asasi manusia
Fungsi
1)      Meningkatkan pencegahan kekerasan terhadap perempuan
2)      Meningkatkan kesadaran public untuk pemenuhan tanggung jawab Negara dalam bentuk penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.

3. Komite Nasional Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha
Tugas dan Fungsi:
Tugas
1)      Menyebarluaskan informasi pada konsumen
2)      Bekerja dengan Instansi di bidang konsumsi
3)      Mengawasi barang dan jasa bersama pemerintah
4)      Melaksanakan hak gugat dan gugatan kelompok
Fungsi
Menurut UU No.8 Tahun 1999 Fungsi Komnas PKPU ialah melindungi empat kepentingan stakholdeers dalam kegiatan ekonomi, yaitu: Kepentingan Konsumen, pelaku usaha, pemerintah/birokrasi, dan kepentingan nasional/kepentingan publik.

4. Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Nasional
Tugas dan Fungsi:
Tugas
1)      Membentuk KKR provinsi
2)      Menerbitkan buku putih ( visi, misi, proker ) dan segera mensosialisasikannya
3)      Menerima laporan dan melakukan inventarisasi semua kejadian pelanggaran HAM
4)      Menyusun skala prioritas penanganan kasus pelanggaran HAM berat
5)      Merumuskan kompensasi dan rehabilitasi terhadap korban
Fungsi
1)      Membantu pemerintah mengungkap hal terjadinya konflik dan kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM
2)      Membantu pemerintah membangun rekonsiliasi di masyarakat, baik secara sosial-horizontal, maupun structural-vertikal.

Tugas Mandiri 1.3 Faktor-Faktor Pelanggaran HAM di Atas Hanya Sebagian Kecil

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 1.3. dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 11 SMA/ SMK. MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 19. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang faktor penyebab pelanggaran HAM.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 1.3.
Faktor-faktor pelanggaran HAM di atas hanya sebagian kecil saja, tentu saja masih banyak faktor lain yang menjadi pemicu timbulnya pelanggaran HAM. Oleh karena itu, coba kalian cari faktor-faktor lainnya yang menyebabkan timbulnya pelanggaran HAM dengan membaca berbagai macam sumber seperti dari buku, surat kabar, majalah atau internet. Tuliskan hasil temuan kalian pada tabel di bawah ini

Jawab

A. Faktor Internal
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
1. Ketidakmampuan pelaku pelanggaran untuk mengontrol Emosi
2. Egoisme, baik pribadi maupun kelompok
3. Kebencian terhadap orang/ kelompok lain
4. Menganggap remeh HAM
5. Sengaja tidak menaati hukum

Penjelasan tiap nomor:
1. Kejahatan pelanggaran HAM terjadi karena pelaku gagal mengontrol emosinya. Sehingga tanpa berpikir panjang melakukan tindak pelanggaran HAM seperti pemerkosaan bahkan pembunuhan.
2. Pelaku pelanggar HAM menganggap kelompoknya yang paling benar sehingga tanpa ragu menyerang kelompok yang tidak sepemahaman.
3. Rasa benci mengakibatkan matinya nalar sehingga tega melakukan tindak kriminal terhadap orang/ kelompok lain.
4. Pada sebagian pelanggar HAM, mereka tidak memedulikan adanya HAM yang penting tujuan tercapai.
5. Bagi sebagian orang lagi, hukum dianggap sesuatu yang bisa dibeli sehingga tidak ada rasa takut ketika melanggar HAM.

Faktor Eksternal
1. Kurangnya sosialisai Hukum khususnya HAM
2. Lemahnya penegakan hukum
3. Negara yang tidak berpihak kepada HAM
4. Kepentingan organisasi/ kelompok yang lebih besar
5. Budaya Korupsi

Penjelasan tiap nomor
1. Hinga kini masih banyak masyarakat yang kurang memahami Hak asasi manusia sehingga terkadang terjadi pelanggaran di antara sesama manusia.
2. Ketika terjadi pelanggaran HAM, aparat tidak melakukan tindakan tegas. Hal tersebut menyebabkan kejadian pelanggaran HAM terus berulang.
3. Demi kepentingan Negara, terkadang mengabaikan HAM
4. HAM terkadang dikorbankan karena adanya tuntutan untuk meraih keuntungan yang lebih besar.
5. Korupsi menyebabkan seseorang/ sekelompok orang tega melanggar HAM.

Tugas Kelompok 1.2 Identifikasilah Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Penghormatan

Kunci jawaban dari tugas kelompok 1.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 15. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang contoh-contoh perilaku yang menunjukkan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan dengan mudah, meskipun begitu tidak ada salahnya kalian membaca artikel ini sebagai bahan tambahan untuk belajar kalian.




Soal

Tugas Kelompok 1.2.
Identifikasilah contoh-contoh perilaku yang menunjukkan penghormatan terhadap hak asasi manusia yang dapat ditampilkan dalam berbagai lingkungan kehidupan. Tuliskan hasil identifikasi kalian dalam tabel di bawah ini! Bandingkan dengan hasil identifikasi kelompok lainnya.

Jawab

1. Di Lingkungan Keluarga
Contoh perilaku:
a. Sebagai anak, wajib menghormati hak orangtua ketika mengatur uang saku bagi anak-anaknya
b. Sebagai saudara, wajib menghargai hak adik/ kakak ketika bergantian menonton acara TV.
c. Sebagai orangtua, perlu juga memberikan kesempatan kepada anak-anaknya untuk berpendapat tentang masalah dalam keluarga.

2. Di lingkungan Sekolah
Contoh perilaku:
a. Menghargai pendapat peserta didik lain ketika ada musyawarah kelas.
b. Memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk menjalankan ibadah ketika waktunya tiba.
c. Menghormati guru ketika mengajar di kelas dengan cara memperhatikan pelajaran

3.Di Lingkungan Masyarakat
Contoh Perilaku:
a. Selalu rukun dengan tetangga
b. Saling membantu dengan tetangga dalam kegiatan tertentu
c. Bersikap sopan terhadap tetangga.

4.Di lingkungan berbangsa dan negara
Contoh perilaku:
a. Memberikan hak politik kepada setiap warga negara
b. Memberikan bantuan tepat sasaran
c. Sebagai rakyat, patuh terhadap aturan hukum yang berlaku.

Tugas Kelompok 1.1 Selain Diatur dalam Konstitusi, Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 12. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi jenis hak dan kewajiban asasi yang diatur dalam undang-undang

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Tugas Kelompok 1.1

1) Selain diatur dalam konstitusi, hak dan kewajiban asasi manusia juga diatur di dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Coba kalian identifikasi jenis hak dan kewajiban asasi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tersebut.

2. Meskipun Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia telah diberlakukan, akan tetapi masih saja terjadi berbagai kasus pelanggaran HAM. Berkaitan dengan hal itu, jawablah pertayaan-pertanyaan di bawah ini!
a. Siapa yang harus bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM
b. Apa saja solusi yang dapat kalian ajukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM?

Jawab:

Jawabannya ada dalam video di bawah ini



atau baca artikel di bawah ini

1. Kewajiban Asasi Manusia:
  • Wajib hidup dalam masyarakat serta bagian dari bangsa dan negara
  • Wajib menyampaikan kepada orang lain pemahaman tentang HAM
  • Wajib ikut ambil bagian dalam upaya penghormatan dan penegakan HAM
  • Wajib ikut ambil bagian dalam upaya perlindungan dan pertahanan martabat manusia

Hak Asasi Manusia: 
  • Berhak mendapat keadilan
  • Berhak hidup dan bertahan hidup
  • Berhak mendapat pendidikan
  • Berhak atas keberlangsungan hidup
  • Berhak menikah dan melanjutkan keturunan

2. a. Pihak yang bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM adalah:
- Pemerintah
- Masyarakat

b. Solusi untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM yaitu penegakan hukum 


Tugas Mandiri 1.2 Coba Kalian Identifikasi Jenis Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKN) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 8. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis hak asasi manusia yang terkait dengan sila Pancasila.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas Mandiri 1.2.
Coba kalian identifikasi jenis hak dan kewajiban asasi manusia yang terkait dengan setiap sila Pancasila. Tuliskan hasil identifikasimu dalam tabel di bawah ini dan presentasikan di depan kelas !



Jawab
Silakan tonton video di bawah ini


atau simak tulisan di bawah ini:

1. Sila Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa
Jenis Hak Asasi Manusia yang terkait:
a. Hak melaksanakan ibadah salat lima waktu bagi umat Islam
b. Hak melaksanakan ibadah di gereja bagi umat kristen
c. Hak merayakan Nyepi bagi umat Hindu
d. Hak melaksanakan ibadah di wihara bagi umat Budha

Jenis Kewajiban Asasi yang terkait:
a. Tidak mengganggu umat beragama lain yang sedang beribadah
b. Saling menghormati keyakinan umat beragama lain
c. Membiarkan umat beragama lain menjalankan ibadah.


2. Sila Pancasila: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Jenis Hak Asasi Manusia yang Terkait:
a. Hak mendapat perlakuan yang manusiawi dari orang lain
b. Hak untuk tidak ditindas oleh orang lain
c. Hak untuk menerima perlakuan yang setara tanpa membeda bedakan status sosial

Jenis kewajibanasasi manusia yang terkait:
a. Kewajiban untuk saling memanusiakan sesama manusia
b. Kewajiban utuk tidak menindas orang lain
c. Kewajiban untuk memperlakukan sesama manusia tanpa memandang derajat sosial

3. Sila Pancasila: Persatuan Indonesia
Jenis Hak Asasi manusia yang terkait:
a. Hak untuk terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia
b. Hak untuk berorganisasi dalam lingkungan masyarakat.
c. Hak untuk saling membantu di antara tetangga/ lingkungan.

Jenis Kewajiban asasi Manusia yang terkait:
a. Kewajiban untuk membela negara saat negara sedang membutuhkan
b. Kewajiban untuk menaati peraturan / undang-undang
c. Kewajiban menjalankan tugas yang diamanahkan oleh negara. (Misalnya PNS)

4. Sila Pancasila: Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Jenis Hak Asasi Manusia yang terkait:
a. Hak untuk mencalonkan diri menjadi calon presiden
b. Hak untuk memilih calon presiden/ DPR/ DPRD
c. Hak untuk terlibat sebagai panitia Pemilu

Jenis Kewajiban Asasi Manusia yang Terkait:
a. Kewajiban untuk mengikuti pemilihan umum
b. Kewajiban untuk menaati aturan pemilihan umum
c. Kewajiban untuk menaati hasil musyawarah di berbagai lingkungan yang diikuti.

5. Sila Pancasila: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Jenis Hak Asasi Manusia yang Terkait:
a. Hak untuk diperlakukan secara adil berdasarkan hukum negara
b. Hak untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan pilihannya
c. Hak untuk mengikuti seleksi PNS sesuai peraturan yang berlaku

Jenis Kewajiban Asasi Manusia yang Terkait:
a. Kewajiban untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil
b. Kewajiban untuk membayar gaji karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku (bagi pengusaha)
c. Kewajiban untuk menjalankan pekerjaan yang telah dipilih.