Monday, September 23, 2019

Tugas Bacalah Materi Halaman 82-89 tentang Dekret Presiden 5 Juli 1959

Kunci jawaban tugas dalam buku Sejarah Indonesia kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 12 Bab 3 halaman 88. Dalam tugas tersebut, peserta didik diminta mengerjakan empat soal yang harus dijawab dengan benar.

Saya yakin, jika kalian rajin membaca buku dan memperhatikan materi pelajaran, soal-soal tersebut bisa kalian jawab dengan benar. Untuk itu, apabila dalam tulisan ini ada jawaban dari soal tersebut, anggap saja hanya sebagai tambahan atau referensi jawaban kalian.

Soal

TUGAS
a. Bacalah materi halaman 82-89 tentang Dekret Presiden 5 Juli 1959 dan tindak lanjut setelah Dekret tersebut dibacakan Soekarno

b. Kemudian gambarkan bagan struktur-struktur lembaga-lembaga negara (MPR, DPR, Presiden, DPA, BPK, MA) berdasarkan UUD 1945 sebelum amendemen sekarang atau yang berlaku setelah dekret presiden 5 Juli 1959 dibacakan.

c. Gambarkan pula struktur-struktur lembaga-lembaga negara pada masa demokrasi terpimpin

d. Buatlah analisis perbandingan antara kedua bagian struktur tersebut dan berikan komentar tertulis

Jawab

a. Dekret Presiden memuat tiga hal pokok:
1) Menetapkan pembubaran konstituante
2) Menetapkan UUD 1945 berlaku bagi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, terhitung mulai tanggal penetapan dekret dan tidak berlakunya UUD Sementera (UUDS)
3) Pembentukan MPRS, yang terdiri dari anggota DPR ditambah dengan utusan-utusan dan golongan, serta pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS)

Tindak lanjut dekret presiden:
1) Perdana menteri Djuanda mengembalikan mandat kepada Soekarno
2) Kabinet Karya dibubarkan
3) Pada 10 Juli 1959, Soekarno mengumumkan kabinet baru yaitu Kabinet Kerja.
4)Pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS)

b. Bagan struktur-struktur lembaga-lembaga negara (MPR, DPR, Presiden, DPA, BPK, MA) berdasarkan UUD 1945 sebelum amendemen

c. Gambarkan pula struktur-struktur lembaga-lembaga negara pada masa demokrasi terpimpin


d.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon