Monday, September 23, 2019

Jelaskan tentang Kekuatan Kekuatan Politik Utama pada Masa Demokrasi Terpimpin

Loading...
Kunci jawaban tugas dalam buku Sejarah Indonesia kelas 12 bab 3 halaman 89 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan kemudian membandingkan kekuatan politik pada masa demokrasi terpimpin dan kekuatan politik pada masa sekarang.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Cobalah kalian baca kembali uraian dalam sub bab mengenai Peta kekuatan politik Nasional, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Bandingkan hal ini dengan situasi politik masa sekarang. Tulis pemikiran kalian di kolom yang telah disediakan

- Jelaskan tentang kekuatan-kekuatan politik utama pada masa demokrasi terpimpin. Sebab dan bentuk persaingan atau konflik serta proses dan akibat yang ditimbulkan

- Jelaskan tentang kekuatan-kekuatan politik yang ada pada masa sekarang. Sebab dan bentuk persaingan atau konflik serta proses dan akibat yang ditimbulkan

Jawab:

- Peta kekuatan politik nasional pada masa demokrasi terpimpin diwarnai dengan berbagai konflik-konflik tajam antara kekuatan politik seperti TNI AD dan Partai Komunis Indonesia (PKI). Penyebab mengapa kedua elemen politik tersebut memiliki peranan kuat terhadap perpolitikan saat itu antara lain:

a. TNI AD merupakan kekuatan politik yang sangat kuat pada waktu itu.
b. PKI berhasil bangkit dari puing-puing kehancuran setelah pemberontakan Madiun 1948 dengan.
c. Kedua kekuatan tersebut berebut pengaruh di hadapan Soekarno dan rakyat Indonesia.

Akibat persaingan tersebut muncullah pertentangan-pertentangan yang sangat tajam yang akhirnya berujung pada peristiwa misterius pemberontakan G30 S/ PKI 30 September 1965.

- Peta kekuatan politik pada masa sekarang sudah jauh berubah dibandingkan pada masa demokrasi terpimpin. Partai-partai seperti PKI, PNI dan lain-lain sudah bubar dan tidak terlibat lagi dalam politik masa sekarang. Pasa masa sekarang tidak ada lagi parpol dominan, semuanya terlihat sama di hadapan rakyat Indonesia.

Jika kita kembali ke masa orde baru, akan muncul kekuatan politik yang begitu kuat yaitu Golkar yang diperkuat oleh ABRI pada masa itu. Golkar tampil dominan menguasai setiap lini kehidupan politik di tanah air ini. Sementara partai semacam PDI dan PPP harus berjuang keras untuk mendapatkan suara dari masyarakat.

Sejak reformasi, hal semacam itu sudah tidak terjadi. Demokrasi sudah berjalan lebih baik dibandingkan pada masa Orde lama dan orde baru.

Perbandingan

- Pasa masa demokrasi terpimpin, situasi dan intrik politik begitu keras bahkan bisa menyebabkan penghilangan nyawa.
- Pasa masa sekarang, intrik politik berlangsung secara lebih lembut dan lebih beradab.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon